(Bleeding Heart) Si Cantik Yang Menyakitkan

Layaknya manusia biasa sudah sepatutnya kita mensyukuri segala karunia yang Tuhan berikan kepada setiap kehidupan yang ada di alam semesta ini, Tuhan menciptakan dunia beserta isinya dan segenap tata surya sampai pada bintang-bintang yang menghuni angkasa.Di dunia yang merupakan salah satu karunia-NYA adalah terciptanya berbagai macam jenis tumbuhan yang ada di seluruh belahan dunia,tentunya manusia dan faunapun juga termasuk salah satu karunia Tuhan. Kali ini saya akan membahas salah satu karunia tuhan yang di sebut Flora atau tumbuh-tumbuhan, bicara soal Flora atau tumbuh-tumbuhan pastinya akan banyak yang harus di bicarakan terkait hal itu, karena Flora yang ada di dunia sangat beragam entah dari segi jenis maupun kegunaannya. Jangankan flora di seluruh dunia, di indonesia saja sudah terdapat ribuan jenis Flora atau tumbuh tumbuhan yang bisa kita temui, mulai dari jenis, tanaman hias, tanaman obat dan tanaman buah, selain itu masih banyak jenis tumbuhan yang ada di bumi Nusantara ini.
 
(Bleeding Heart) Si Cantik Yang Menyakitkan

Mari kita bergeser sedikit ke Asia bagian timur, di sana ada salah satu flora yang menarik untuk di bahas, konon Flora yang satu ini memiliki satu kisah yang memilukan. Pernahkah anda mendengar nama Bleeding Heart, Bleeding Heart adalah salah satu jenis Flora yang berasal dari beberapa negara di wilayah asia timur salah satunya di Jepang, tanaman ini juga banyak di temuka di daratan Amerika Utara.

Sesuai dengan namanya Bleeding Heart merupakan tanaman yang memiliki kelopak bunga berbentuk hati dan dibagian bawah kelopak seolah membentuk tetesan airmata, bunga ini khususnya di Jepang sering di gunakan untuk simbol perasan sedih karna patah hati, alasan yang melatar belakangi bunga ini sering menjadi simbol patah hati adalah kisahnya di masa lalu yang memilukan.

Dahulu kala ada seorang pemuda di Jepang yang berusaha untuk mendapatkan cinta dari seorang gadis muda yang ia sukai. Apapun ia lakukan demi bisa mendapatkan hati sang wanita pujaan, ia pun berkali-kali memberi hadiah pada sang wanita, ia pernah memberi kelinci yang lucu, sepasang sandal sandah dan sepasang anting cantik demi untuk meluluhkan hati wanita tersebut, tapi wanita itu tetap tidak bisa menerima pemuda tersebut sebagai kekasihnya.
 
(Bleeding Heart) Si Cantik Yang Menyakitkan

Sampai pada akhirnya si pemuda ini kecewa dan putus asa karena setiap yang dilakukannya tidak mendapatkan hasil seperti yang di inginkan. Kemudian ia mencoba untuk mengakhiri hidupnya dengan menghujamkan pisau ke jantungnya, saat itu pula sang pemuda tewas bersimbah darah di depan si wanita dan di tempat ia mati itulah mulai bermunculan tanaman Bleeding Heart yang indah dan akan terbelah saat bunga mekar. Terlepas dari benar tidaknya cerita itu  Bleeding Heart adalah tanaman yang memang indah dan tergolong langka, Bleeding Heart jika di klasifikasikan secara ilmiah menurut spesiesnya adalalah sebagai berikut :

KLASIFIKASI ILMIAH :
  • Kingdom : Plantae
  • Division : Magnoliophyta
  • Class : Magnoliopsida
  • Order : Ranunculales
  • Family : Fumariaceae
  • Genus : Lamprocapnos
  • Species : L. spectabilis

Tanaman ini juga memiliki banya sebutan seperti  Venus' Car, Dutchman's Trousers atau Bunga Lyre, ada juga yang bilang bunga hati. Tahun 1846 Robert Fotrune seorang botanis dari Skotlandia yang saat itu dia sedang berada di Cina merupakan orang pertama menemukan tanaman ini. Bunganya bisa mencapai panjang 3-5 (1-2 inci) dan berbentuk hati, pada  kelopak luarnya berwarna merah muda dan bagian dalamnya berwana putih, tapi terkadang ada yang seluruhnya putih. Daunnya berwarna hijau dan tinggi tanaman 3 kaki (0,9 meter). Akarnya menghasilkan buah berwarna hitam dengan biji berwarna hitam dengan garis oranye. Mereka bergantung secara horizontal pada batang dan bisa menghasilkan 3 hingga 15 bunga kelopak bunga dalam satu tangkai, tanaman ini  biasanya berbunga pada bulan April atau Mei.

No comments