Kera Hantu Spesies Langka Yang Hanya Ada di Indonesia

Jika mendengar nama Hantu, tentu anda akan berfikir sesosok mahluk halus yang sangat menyeramkam dengan berbagai bentuk yang cukup aneh. Tapi jika kera hantu yang satu ini, bukanlah hantu seperti yang anda bayangkan sebelumnya, karena ini hanya sebutan saja untuk spesies Fauna yang sangat unik dan langka yang hanya terdapat di Indonesia. Kera Tarsius atau yang lebih di kenal dengan berbagai nama lain seperti binatang hantu, kera hantu, monyet hantu ini merupakan sebuah jenis primata dengan ukuran tubuh yang begitu kecil, tubuhnya berwarna cokelat kemerahan, warna kulit kelabu, bermata besar dan memiliki telinga yang cukup besar menghadap ke depan.

Kera Tarsius ini memiliki panjang tubuh sekitar 12 hingga 15 cm yang membuat hewan yang satu ini merupakan hewan yang memiliki ukuran terkecil didunia. Pemberian nama hewan kecil ini, yaitu dengan nama binatang hantu, kera hantu serta monyet hantu, bukanlah tanpa alasan, karena hewan ini hanya dapat melihat secara jelas pada malam hari saja, dengan kata lain Kera Tarsius ini merupakan hewan Nokturnal.

Kera Hantu Spesies Langka Yang Hanya Ada di Indonesia

Hewan ini terbilang hewan yang sangat istimewa, karena memiliki tulang tarsal yang memanjang membentuk pergelangan kakinya, sehingga Kera Tarsius ini dapat melompat sejauh 3 meter dari satu pohon ke pohon lainnya. Selain itu terdapat juga keistimewaan lainnya seperti dapat memutar kepalanya hampir 180 derajat ke arah kanan maupun kiri layaknya seekor burung hantu, telinga dari kera tarsius ini juga dapat bergerak dengan cepat untuk mendeteksi keberadaan mangsanya.

Mangsa dari kera tarsius ini juga bermacam-macam, mulai dari kecoa, jangkrik hingga reptil. Sebagian besar hidup dari hewan ini berada di atas pepohonan, mulai dari tidur hingga melahirkan. Hewan ini tidak pernah berada di atas tanah, namun jika hewan ini berada di atas tanah maka kera tarsius ini akan melompat, karena hewan ini tidak dapat berjalan di atas tanah. Keberadaan kera tarsius ini kini tambah sedikit dan terbilang sebagai hewan yang terancam punah. Hewan ini tersebar di hutan-hutan di Sulawesi Utara hingga Sulawesi Selatan, terdapat juga di hutan-hutan Sumatera dan Kalimantan.

Kera Hantu Spesies Langka Yang Hanya Ada di Indonesia

Kera Hantu ini memiliki berat sekitar 113 sampai dengan 142 gram dengan besarnya mata yang dimilikinya lebih besar dari ukuran tempurung otak serta tubuhnya yang membuat hewan langka yang hanya ada di Indonesia ini begitu mengesankan dan unik.
 

No comments