Manfaat Daun Yakon Sebagai Insulin Alami Untuk Kencing Manis

Diabetes Melitus atau yang sering di kenal dengan Kencing Manis seolah menjadi teror bagi sebagian orang, terlebih bagi orang yang menginjak usia 40 tahunan, tapi bukan berarti orang pada usia di bawahnya terbebas dari ancanan penyakit diabetes, karena penyakit atau lebih tepatnya kondisi ini berkemungkinan menyerang di segala usia, apalagi kita berasal dari keturunan pengidap dibetes atau kencing manis tersebut. Hal-hal yang memicu timbulnya gejala Diabetes adalah pola makan yang tidak teratur dan gaya hidup yang tidak sehat selain dari faktor genetik tentunya. Jika seseorang sudah terindikasi mengidap kencing Manis biasanya mengalami beberapa perubahan kebiasaan dan kondisi tubuh dalam kehidupannya, antara lain :
  • Menurunnya berat badan yang drastis.
  • Sering Buang air kecil.
  • Dehidrasi (khususnya di malam hari).
  • Gelisah saat tidur.
  • Air seni terasa manis (Analogi Kebiasaan semut).
Manfaat Daun Yakon Sebagai Insulin Alami Untuk Kencing Manis

Sebenarnya seperti apakah diabetes itu dan bagaimana hal itu bisa terjadi pada seseorang..??? Pertanyaan tersebut mungkin bisa mewakili beberapa kalangan yang belum begitu mengenal secara mendalam tentang pengertian Diabetes melitus yang sebenarnya. Sebenarnya Diabetes melitus atau Kencing manis merupakan suatu kondisi di mana tubuh tidak dapat memproduksi insulin, hal ini sering di sebut hiperglikemia. Tidak ada obat untuk menyembuhkan diabetes melitus karena diabetes melitus bukanlah suatu penyakit melainkan kondisi gula darah yang cukup tinggi. Kondisi yang demikian akhirnya mengakibatkan timbulnya beberapa masalah kesehatan yang bisa kita usahakan hanyalah menjaga kondisi tersebut tetap stabil, Pada fase tertentu kemungkinan besar diabetes melitus berimbas pada beberapa gejala, seperti :
  • Menurunnya ketajaman penglihatah yang pada jangka panjang bisa mengakibatkan kebutaan.
  • Gagal ginjal.
  • Pada tes menggunakan mikroskop elektron tampak adanya gangguan kardiovaskular, disertai lesi membran basalis.
  • Disfungsi saraf autonom, foot ulcer, amputasi, charcot joint disfungsi seksual dan gangguan pada sistem saraf lainnya.
  • Penanganan Gejala Diabetes melitus.
Ada beberapa cara unuk mengatasi masalah diabetes melitus, bisa di lakukan lewat perawatan medis maupan alternatif, jika melalui jalan medis sudah pasti kita harus mengikuti ketentuan-ketentuan yang di sarankan para dokter dan jika kita melelui jalan alternatif  kita bisa melakukan beberapa cara, salah satu caranya adalah dengan menggunakan ramuan herbal, salah satunya yaitu memanfaatkan tanaman daun insulin atau tumbuhan yakon sebagai pengganti unsulin yang di butuhkann para penderita diabetes, sebelum saya menjelaskan kegunaan dan cara penggunaan daun insulin (Yakon), sebaiknya kita kenali dulu apa itu daun insulin. Yakon adalah tumbuhan perdu berasal dari Pegunungan Andes dan Peru, tanaman ini masuk dalam kategori tanaman gunung, tanaman ini bisa mencapai ukuran tinggi mencapai 30 cm, yakon dapat tumbuh optimal pada ketinggian 1300 Mdpl. Tanaman ini banyak ditemukan di pegunungan Amerika, tanaman ini menghasilkan bunga bentuknya berjari-jari berwarna kuning tua.
 
Manfaat Daun Yakon Sebagai Insulin Alami Untuk Kencing Manis
 
Tanaman yang mempunyai nama latin Smallanthus sonchifolius adalah tanaman yang mengandung insulin, hal ini sangat berguna untuk penderita kencing manis, beberapa bagian tanaman ini mengandung zat yang berguna untuk penaggulangan kencing manis yaitu fructooligosaccharide, polisakarida yang dicerna dan terdiri dari fruktosa. Fructooligosaccharides ini memiliki rasa manis dan mempunyai efek prebiotik.

MANFAAT DAUN YAKON ANTARA LAIN :
  • Sebagai Prebiotik.
  • Anti bakteri.
  • Mengatasi gula darah yang tinggi.
  • Antioksidan alami.
  • Mengobati radang tenggorokan.
  • Mengatasi masalah organ hati.
  • Cara Pengolahan.

Cara Pertama : bisa dilakukan dengan cara merebus daun dalam kondisi segar. Cukup kita siapkan beberapa lembar daun Yakon yang sudah di cuci bersih, sebagai contoh ambil 15 lembar daun insulin dan cuci bersih daun tersebut kemudian rebus dengan 200 ml air, rebus hingga mendididh selama kurang lebih 10 menit.

Cara Kedua  : bisa dengan cara menyeduh daun yakon yang kering.Ambil beberapa daun Yakon yang kering, letakkan pada wadah berbahan kaca ,kemudian seduh dengan air mendidih, saring seduhan tersebut agar lebih mudah mengkonsumsinya.

Cara Ketiga : bisa menggunakan daun Yakon sebagai bahan baku teh.

Demikian informasi tentang Diabetes melitus dan Daun Yakon atau daun insulin sebagai cara alternatif untuk menengani masalah diabetes melitus, semoga memberi manfaat bagi kita semua.
 

No comments