Aneka Kuliner di Jawa Timur yang Lezat

Mengunjungi berbagai tempat di indonesia tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi suguhan kuliner yang ada di kota tersebut. Apalagi indonesia erupakan negara dengan bermacam–macam suku dan budaya serta agama. Keberagaman inilah yang menyebabkan indonesia kaya akan hasil budaya dan kerajianan tanga. Dan tidak kalah pula, sebab hasil dari keberagaman yang ada ini, menciptakan berbagai kuliner yang bemacam – macam dimana tempat satu dengan yang lain memiliki keunikan da ke-khasan rasa yang ada pada berbagai hasil olahan masakannya. Bila anda sedang berkunjung di berbagai tempat di jawa timur, anda bisa melihat indahnya pesona alam jawa timur dengan berbagai wisata dan budayanya. Selain itu anda bisa sekaligus mencicipi aneka kuliner di jawa timur yang memiliki berbagai olahan masakan yang enak, lezat dan mantap yang akan membuat lidah anda bergoyang dan ketagihan. 

Aneka Kuliner di Jawa Timur yang Lezat

Salah satu provinsi di pulau jawa ini memiliki daerah – daerah atau kabupaten dan kota yang beragam. Antara daerah satu dengan yang lain pun memiliki keanekaragaman kuliner di jawa timur dengan rasa yang berbeda, meskipun masih dalam satu provinsi. anda bisa merasakan sensasi kuliner di jawa timur di awali di ibukota, yaitu kota surabaya. Kota pahlawan ini selain merupakan salah satu kota dengan penduduk terbanyak di jawa timur, surabaya juga memiliki berbagai masakan khas yang bisa anda cincipi. Salah satu makanan khas surabaya yang sudah tidak asing di telinga masyarakat jawa timur yaitu lontong balap. Masakan yang dilengkapi dengan petis ini, memiliki rasa yang lezat dan enak. Lontong balap ini cocok bagi anda yang memiliki selera makan masakan pedas. Bila anda beruntung, anda akan mendapatkan makanan pelengkap yaitu sate kerang. 

Aneka Kuliner di Jawa Timur yang Lezat

Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah pantura jawa timur. Melewati daerah gresik anda bisa mencicipi kuliner yang tersedia. Salah satu kuliner di jawa timur yang ada di kota gresik ini yaitu nasi krawu dan pudak.  Apabila anda melanjutkan perjalanan melewati kabupaten lamongan, anda bisa menikmati berbagai masakan khas jawa timur yang hanya ada di kota lamongan. kota bandeng lele ini mempunyai satu masakan khas lamongan yang tidak ada di kota manapun di indonesia. Makanan khas tersebut ialah nasi boran. 

Apa nasi boran itu ? mungkin anda baru dengar nama makanan yang satu ini. nasi boran ini makanan nasi yang dilengkapi aneka lauk yang telah diberi bumbu sambal yang khas dan nikmat. Yang menjadi khas makanan ini yaitu nasinya ditempatkan di suatu wadah yang terbuat dari anyaman bambu yaitu boran. Selain itu, penjual nasi boran ini tersedia hanya di pinggir jalan dan tidak terdapat pada rumah makan atau restoran. Selain nasi boran, anda bisa menikmati makanan khas lamongan yang lain, seperti soto ayam lamongan, wingko, tahu campur dan lain sebagainya. 

Aneka Kuliner di Jawa Timur yang Lezat

Perburuan kuliner di jawa timur tidak hanya sebatas kota surabaya dan sekitarnya. Berbagai kota di jawa timur yang lain juga memiliki keanekaragaman makanan khas, seperti nasi pecel, tumpang, rempeyek ikan asap, ikan bakar dan masih banyak lagi yang belum disebutkan disini. Sekarang masihkah anda melakukan perjalanan di jawa timur begitu saja tanpa mampir sejenak untuk mencicipi sensasi ras yang lezat dan enak ? tentunya anda akan meluangkan waktu anda walapun untuk sekedar mampir. 

No comments