Tahukan Anda Bagaimana Proses Terbentuknya Jenis Kelamin Dalam Kandungan?

Tahukah anda jenis kelamin dari anak anda sudah ditentukan sedari awal pada waktu proses pembuahan atau juga disebut proses peleburan dan bukan oleh sel telur, melainkan oleh sel mani seorang pria. Sel-sel pria maupun wanita mempunyai 46 buah kromosom ialah, 22 pasang kromosom biasa dan sepasang sex kromosom, sedangkan antara sel pria dan sel wanita yang membedakan adalah terletak pada sex kromosom itu sendiri :
  • Sel untuk pria mempunyai sepasang sex kromosom yang sangat berlainan 22 pasang pasang kromosom biasa dan sebuah X sex kromosom biasa dan sebuah Y sex kromosom.
  • Sel untuk wanita mempunyai sex kromosom yang sama 22 pasang kromosom biasa dan buah X sex kromosom.
Dalam prosesnya pematangan dari ovum atau sel telur yang dilepaskan oleh ovarium (indung telur). Setelah keluar dari indung telur, ovum akan berjalan ke arah rahim lewat sebuah proses nyang sangat panjang kedalam saluran yang disebut Tuba Fallopi. Jika ada sel sperma laki-laki yang sampai masuk, maka ovum akan mengalami pembuahan di saluran tersebut. Sehingga mengalami pematangan dari ovum dan spermatozoa (mani) sampai terjadilah proses pembagian reduksi sedemikian rupa sehingga terbentuknya sel yang baru hanya mempunyai separuh dari jumlah kromosom biasa.
 
Tahukan Anda Bagaimana Proses Terbentuknya Jenis Kelamin Dalam Kandungan?

Sehingga dengan demikian sel telur yang sudah matang mempunyai 22 buah kromosom biasa dan sebuah kromosom x akan tetapi sel mani yang matang hanya ada 2 buah macam saja yaitu : Sel mani dengan 22 buah kromosom biasa dengan sebuah x kromosom,dan sel mani dengan 22 buah komosom biasa dengan Y kromosom.

Proses Terbentuknya Jenis Kelamin Pada Janin Sebagai Berikut :
Terbentuknya janin perempuan Sperma dengan 22 buah kromosom biasa dan sebuah (X) kromosom yang membuahi sebuah sel telur maka bisa dipastikan terjadilah Zigot  sedangkan Zygot adalah sel yang terbentuk sebagai hasil bersatunya dua sel kelamin (sel ovum dan sel sperma) yang telah masak. Zigot adalah proses perkembangbiakan sebelum janin atau calon janin pada rahim seorang perempuan dengan 44 kromosom biasa dan 2 buah (X) kromosom nyatalah bahwa Zygote ini akan menjadi anak perempuan.

Terjadinya janin laki - laki sperma dengan 22 buah kromosom biasa dan (Y) kromosom membuahi sebuah Sel telur maka terjadilah zygote dengan 44 kromosom biasa ,sebuah (X) kromosom  dan sebuah (Y) kromosom,maka zgote ini akan Menjadi anak laki-laki.

Bagaimana pastinya anda sudah paham tentang proses terjadinya janin mempunyai jenis kelamin pria ataupun wanita yang memnentukan janin mempunyai jenis kelamin laki-laki atau perempuan tidak lain adalah kromosom biasa, kromosom (X), maupun kromosom (Y).
 

No comments