7 Binatang Lucu dan Menggemaskan Untuk Dipelihara

Untuk kebanyakan orang dengan mobilitas tinggi, aktivitas memelihara hewan peliharaan mungkin dianggap merepotkan dan menyita waktu. Namun hal tersebut akan sangat bertolak belakang bagi sebagian orang, khususnya bagi mereka para pecinta binatang. Bagi mereka para pecinta binatang, setiap aktivitas yang berkaitan dengan binatang atau hewan peliharaan khususnya begitu sangat menyenangkan untuk dilakukan. Banyak sekali jenis-jenis binatang yang sangat cocok untuk di pelihara, mulai dari yang buas, yang jinak, sampai yang menggemaskan dan lucu, semuanya bisa dijadikan hewan peliharaan. 

Bahkan berdasarkan penelitian para ahli telah mengakui bahwa kegiatan memelihara hewan peliharaan ini memberikan dampak positif bagi kesehatan dan juga dari segi psikologis. Nah buat anda yang baru memulai untuk memelihara hewan peliharaan ataupun bagi anda yang ingin menambah hewan peliharaan anda dirumah, berikut ini adalah beberapa hewan peliharaan yang dapat anda jadikan referensi untuk menemani anda dirumah, hewan-hewan peliharaan berikut ini sangat cocok untuk di pelihara di dalam rumah dan dijadikan teman bermain, selain bentuknya yang mungil, hewan berikut ini sangat lucu dan menggemaskan. Berikut adalah 7 binatang lucu dan menggemaskan untuk dipelihara

1. Hamsters

7 Binatang Lucu dan Menggemaskan Untuk Dipelihara

Hewan peliharaan lucu dan meggemaskan pertama kali ini termasuk jenis hewan pengerat, yaitu Hamsters, ukurannya yang kecil, lucu, dan juga sikapnya yang sangat bersahabat menjadikan hewan ini sangat populer untuk di pelihara. Hamsters sendiri mulai dikenal sejak tahun 1930an. Spesies hamsters yang paling banyak di cari saat ini adalah jenis yang berasal dari keturunan hamsters syria atau jenis hamsters emas, dengan panjang 7 inci dan ukuran hamster yang paling kecil adalah hanya sepanjang 2 inci. Hamster tergorolong hewan yang aktif disaat malam hari atau hewan nocturnal, dengan makanan favoritnya adalah buah dan sayur-sayuran. Dengan rentang usian antara 2 sampai 3 tahun dan juga tampilannya yang lucu dan menggemaskan hewan ini sangat cocok untuk peliharan anak usia 8 tahun keatas.

2. Landak Mini (Hedgehog)

7 Binatang Lucu dan Menggemaskan Untuk Dipelihara

Mendengar kata landak, pasti pikiran kita langsung tertuju pada duri-duri tajam di tubuhnya, bagaimana mungkin hewan berbahaya seperti itu bisa dijadikan hewan peliharaan yang aman? Eiits tunggu dulu, landak yang satu ini tidak berbahaya kok, duri-duri di tubuhnya juga tidak akan melukai tangan anda, bahkan tampilannya sangat menggemaskan. Landak Mini adalah landak yang memiliki ukuran tubuh mini atau kecil, duri landak mini sangat aman dan tidak mengandung racun, jika sudah terbiasa memegang landak mini ini, maka duri di tubuhknya hanya akan terasa seperti memegang sikat baju. Ukurannya yang kecil dan penampilannya yang menggemaskan membuat hewan ini banyak dicari untuk dipelihara, namun jangan pernah memberikan susu pada hewan yang satu ini, karena usus dari landak mini ini sangat sensitive terhadap susu, sehingga bisa berbahaya bagi hewan itu sendiri.

3. Kura-Kura Air

7 Binatang Lucu dan Menggemaskan Untuk Dipelihara

Tak kalah populer dengan hewa peliharaan sebelumnya, Kura-kura air juga menjadi favorit pecinta hewan reptil sebagai hewan peliharaan. Biasanya yang dijadikan peliharaan di rumah adalah yang memiliki ukuran tubuh kecil, jangan memelihara kura-kura air raksasa, haha. Salah satu keunikan hewan peliharaan yang satu ini adalah memiliki proses tidur dalam jangaka panjang atau sering disebut dengan hibernasi, waah ternyata gak cuma beruang ya. Namun hal tersebut dilakukan jika hewan ini berada di alam liar sebagai bentuk dari pertahanan diri. 

Namun untuk kura-kura yang hidup dalam kandang, hibernasi tidak diperlukan lagi, karena semua kebutuhan mereka sudah tersedia, baik makanan maupun keamanan mereka semua terjaga dengan baik oleh sang majikan. Yang paling populer dari jenis kura-kura air ini untuk dipelihara adalah jenis kura-kura Kepala babi, Kotak-kotak, alligator dan galapagos.

4. Leopard Gecko

7 Binatang Lucu dan Menggemaskan Untuk Dipelihara

Masih dari jenis reptil yang kini mulai banyak digandrungi remaja sebagai hewan peliharaan adalah reptil dari jenis tokek. Namun tokek yang satu ini bukan sembarang tokek, jenis tokek Leopard Gecko ini berasal dari negara Pakistan, Iran, dan India. Leoparad Gecko ini juga sering disebut sebagai tokek macan tutul, karena corak tubuhnya menyerupai macan tutul. Hewan ini termasuk jenis hewan nocturnal yang suka begadang. 

Untuk memelihara hewan peliharaan yang satu ini cukup mudah, membuat kandangnya juga gak ribet-ribet amat, cukup sediakan kotak plastik berukuran 90x45 cm saja itu sudah cukup kok. Namun yang perlu anda perhatikan jika anda ingin memelihara tokek yang satu ini adalah, jangan pernah mencampur sesama pejantan dalam kandang yang sama, karena hewan yang satu ini sangat sensitive terhadap wilayah kekuasaan, jadi apa yang akan terjadi jika dua pejantan berada dalam satu kandang? Sudah terbayang bukan? Yups pertumpahan darahlah yang akan terjadi.

5. Bearded Dragon

7 Binatang Lucu dan Menggemaskan Untuk Dipelihara

Walaupun hewan ini sangat mirip dengan iguana namun hewan ini bukanlah iguana. Reptil dengan nama Bearded Dragon atau Naga berjenggot ini berasal dari Australia. Dari daerah asalnya saja kita sudah mengira bahwa hewan yang satu ini sangat suka di tempat yang gersang dan kering. Selain di semak-semak Bearded dragon juga memiliki kebiasaan berjemur di bebatuan. Jenis makanan pokok hewan ini adalah berbagai jenis serangga, buah dan juga sayuran. Dari banyak penelitian, Bearded Dragon ini hanya mampu bertahan hidup hingga 8 tahun saja.

6. Sugar Glider

7 Binatang Lucu dan Menggemaskan Untuk Dipelihara

Hewan peliharaan berikut ini sangatlah populer di kalangan pecinta hewan peliharaan,ukuran tubuhnya yang kecil dan sifatnya yang jinak, membuat hewan yang satu ini mudah untuk dibawa kemana-mana. Jenis hewan ini termasuk kedalam jenis hewan arboreal, marsupial, nocturnal dan omnivora. Sekilas bentuknya sangat mirip dengan tupai terbang. 

Hewan yang satu ini memiliki habitat asli di daerah papua dan australia, sugar glider ini sering di termui di hutan yang banyak terdapat pohon eucalyptus. Bukan tanpa alasan kenapa hewan tersebut di beri nama sugar glider, sebenarnya nama tersebut diambil karena hewan yang satu ini sangat menyukai segala makanan yang manis-manis, seperti nectar. Salah satu kemampuan khusus hewan ini adalah bisa melayang dari satu tempat ke tempat lainnya yang masih dalam jangkauannya. Makanan utama hewan ini adalah serangga dan getah manis pepohonan.

7. Burung Macaw

7 Binatang Lucu dan Menggemaskan Untuk Dipelihara

Hewan peliharaan yang terakhir ini berasal dari jenis burung, mungkin kebanyakan orang memelihara burung untuk dinikmatai kicauannya, bahkan tak jarang sering banyak diadakan ajang perlombaan burung berkicau di berbagai daerah. Namun berbeda dengan burung yang satu ini, jika kalian menyukai tipe burung jinak dan memiliki tampilan yang menawan, mungkin jenis burung macaw ini sangat cocok untuk anda pelihara. Jenis burung ini termasuk hewan sosial yang hidup berkelompok, di habitat aslinya di Amerika Selatan, dalam satu koloni hewan ini biasanya terdiri dari 10 hingga 30 ekor burung macau. 

Selain itu hewan ini juga terkenal akan kesetiaannya terhadap pasangannya, burung macaw ini mampu sehidup semati dengan pasangannya hingga rata-rata umur burung ini mencapai 60 tahun lho. Makakan pokok burung ini tidak susah kok, cukup dengan buah dan biji-bijian, namun ada 2 jenis buah yang tidak boleh anda berikan pada burung macaw ini, yaitu buah alpukat dan coklat, karena buah ini akan membuat burung macau keracunan sehingga menyebabkan burung ini diare terus menerus. Dan yang perlu anda perhatikan jika anda ingin memelihara burung macaw ini, anda setidaknya harus memelihara sepasang. Karena dihabitat aslinya mereka hidup berkelompok, hal ini dimaksudkan agar hewan peliharaan anda tidak cepat setress dan sakit karena kesendirian dan jones.

Itulah beberapa sedikit informasi mengenai binatang peliharaan yang mungkin bisa anda jadikan referensi untuk mulai memilih hewan peliharaan yang cocok buat anda, semoga artikel ini bermanfaat.

No comments