8 Cara Ampuh Mengusir Semut Secara Alami

Semut, semuanya pastinya mengenal hewan yang hidupnya berkelompok ini. Keberadaan semut banyak kita jumpai di taman, halaman, dan bahkan di dalam rumah. Semut merupakan salah satu hewan penyeimbang ekosistem yang keberadaannya sangat berperan penting terhadap keseimbangan lingkungan. Bagaimana jika semut mulai masuk ke dalam rumah kita dalam jumlah yang sangat banyak ?? tentu sangat mengganggu kan !! terutama bagi penghuni rumah apalagi sampai membangun sarang di dalam rumah tinggal kita. Banyak sekali faktor yang membuat semut masuk ke rumah kita dalam jumlah yang sangat banyak terutama masalah kebersihan yang kurang terjaga dari penghuninya sendiri misalnya : sisa makanan dan minuman yang tidak segera dibuang, tempat sampah yang tidak tertutup rapat, suhu ruangan yang lembab, dan masih banyak lagi. Untuk menanggulangi keberadaan semut yang tidak terkontrol, kebanyakan masyarakat menggunakan bahan kimia yang banyak dijual di pasaran untuk mengusir serangga secara instan. Bahan kimia yang terdapat di pasaran memang terbukti manjur, tetapi kandungan yang ada apakah tidak berpengaruh negatif terhadap kesehatan anggota keluarga kita.

8 Cara Ampuh Mengusir Semut Secara Alami

Selain obat-obat berbahan kimia, ternyata ada cara yang dapat anda gunakan secara alami untuk mengusir semut yang sudah terlanjur masuk ke dalam rumah yang anda tempati. Cara alami ini dapat menjadi alternatif untuk anda karena bahan alami ini sangat aman terhadap lingkungan dan terbukti manjur uintuk mengusir semut yang menjadi hama di rumah kita.

1. CUKA

8 Cara Ampuh Mengusir Semut Secara Alami
Menggunakan cuka merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengusir/meningkirkan semut karena cuka merupakan bahan yang memiliki aroma yang sangat menyengat. Aroma yang ditimbulkan oleh cuka tidak disukai oleh semut dan hal ini otomatis menjadikan semut akan ke luar dari ruangan rumah kita. Caranya yaitu menyemprotkan cuka pada jalur yang biasa dilalui semut, biarkan cuka mengering dengan baik, selesai dan hama semut akan anda tanggulangi.

2. LADA
8 Cara Ampuh Mengusir Semut Secara AlamiLada merupakan salah satu bahan yang juga efektif mengusir semut. Lada dapat mengusir/mencegah semut dengan aromanya yang terkesan pedas. Cara penggunaannya yaitu dengan mencampur lada dengan air secukupnya, kemudian semprotkan pada semut dan tunggu beberapa saat hingga semua semut pergi menjauh.

3. JERUK 
8 Cara Ampuh Mengusir Semut Secara Alami
Jeruk adalah buah yang paling tidak disukai semut. Caranya yaitu dengan mencampur jus jeruk dengan air dan kemudian menyemprotkan campuran tadi pada seluruh area di mana semut berkelompok.

4. MENTIMUN
8 Cara Ampuh Mengusir Semut Secara AlamiSemut tidak suka rasa dari mentimun. Caranya yaitu dengan mengambil mentimun, kemudian potong menjadi beberapa bagian. Setelah terpotong menjadi beberapa bagian segera letakkan potongan-potongan kecil di daerah yang banyak semut.

5. BEDAK BAYI
8 Cara Ampuh Mengusir Semut Secara AlamiPenggunaan bedak bayi merupakan cara yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat umum. Caranya yaitu dengan menaburkan bedak bayi secara merata di tempat yang banyak dilalui oleh semut. Bedak bayi dapat mengusir semut dengan aroma wangi yang ditimbulkannya.

6. TEPUNG JAGUNG
8 Cara Ampuh Mengusir Semut Secara AlamiTepung jagung biasa disebut dengan tepung maizenna.  Caranya yaitu dengan mengambil sedikit tepung jagung, kemudian sebarkan ke sarang semut. Meskipun tepung ini aman dan tidak mengandung racun, tetapi semut tidak mempunyai kemampuan untuk mencerna jenis tepung ini dan mengakibatkan kematian.

7. PARFUM
8 Cara Ampuh Mengusir Semut Secara AlamiSemut tidak menyukai aroma yang sangat mengyengat. Usahakan menggunakan parfum dengan aroma yang sangat kuat. Caranya yaitu dengan menuangkan sedikit parfum pada kapas, kemudian tempatkan kapas yang berisi cairan parfum tadi pada area yang banyak ditempati semut.

8. GARAM
8 Cara Ampuh Mengusir Semut Secara AlamiBahan ini merupakan bahan yang pastinya tersedia di dapur. Menggunakan garam sebagai pengusir semut merupakan cara termurah untuk menyingkirkan semut. Caranya yaitu dengan mencampurkan garam pada air panas, taruh bahan campuran tadi pada semprotan dan segera semprotkan pada area yang menjadi tempat bersarangnya semut.

Demikian yang dapat kami ulas dan bagikan mengenai cara alami mengusir semut yang dapat anda gunakan dan praktekkan untuk mengusir semut dengan bahan dasar yang aman untuk seluruh anggota keluarga. Bahan di atas dapat anda pilih dan yang tidak kalah penting adalah tetap menjaga kebersihan rumah tinggal kita.

No comments