Semirip Apa Orang Dengan Orangutan

Orangutan adalah salah satu primata asli indonesia yang dilindungi dan banyak di jumpai di Sumatera dan Kalimantan, namun keberadaannya kini berada pada angka populasi yang sangat memprihatinkan, beberapa sumber menerangkan bahwa jumlahnya sekitar kurang dari 30 ribu ekor saja,hal itu sangat memungkinkan spesies langka ini mengalami kepunahan.

Berbagai upaya pemerintah dan organisasi pecinta satwa dilakukan demi keberlangsungan keberadaan Orang utan di muka bumi, karena jika sampai terjadi kepunahan pada spesies ini maka kita semua akan kehilangan sesuatu yang sangat berharga yang tidak mungkin ada gantinya, selain itu anak cucu kita tidak akan pernah bisa melihat Orangutan di masa mendatang.

Ada beberapa faktor penyebab terus menurunya jumlah populasi orangutan ini misalnya eksploitasi fauna yang tidak termonitor pihak-pihak berwenang, perusakan hutan sebagai habitat alami Orangutan dan kurangnya kesadaran manusia untuk menjaga dan melindungi keberadaan satwa-satwa yang ada di sekitarnya.
 
Semirip Apa Orang Dengan Orangutan

Mungkin karna latar belakang ekonomi dan kepentingan finansial itulah yang membuat beberapa oknum untuk terus melakukan eksploitasi pada satwa-satwa dilindungi termasuk orangutan, benar saja karna Orangutan dalam dunia perdagangan satwa memiliki nilai jual yang fantastis. Tak heran jika Orangutan selalu menjadi sasaran buruan bagi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Jika kita membahas lebih jauh mengenai Orangutan ini, ada satu hal yang menarik dan cukup menggelikan, karena makhluk Tuhan yang sangat eksotis ini banyak memiliki kesamaan dengan manusia, bahkan penelitian para ahli menyebutkan bahwa primata adalah nenek moyang dari manusia modern seperti kita ini.

Nah..!!! Yang akan saya bahas kali ini adalah beberapa kesamaan antara Manusia dan Orangutan, Berikut ini saya berikan sedikit perbandingan antara Manusia dan Orangutan secara garis besar dan beberapa perilaku-perilakunya. Seperti apa kira-kira hasilnya nanti, mari kita pelajari perbandingannya berikut ini :
 
> MANUSIA :
  • Mamalia
  • Bertulang Belakang
  • Hidup di darat
> ORANGUTAN :
  • Mamalia
  • Bertulang Belakang
  • Hidup di darat

Jika dari segi susunan fisik manusia dan orangutan memiliki susunan wajah yang sama ,dari mata, hidung, mulut, gigi, telinga. Juga pada bentuk badan, tangan dan kaki sangat mendekati bentuk pada anatomi manusia. Selain itu perilaku-perilaku seperti cara makan yang menggunakan tangan yang berisi makanan kemudian di dekatkan kemulut, primata ini juga punya kebiasaan untuk bersosial dan yang paling mengesankan adalah ekspresi dan ikatan emosional antara saudara dan famili genetisnya.kadang ikatan emosional ini juga terjadi antara manusia dan orangutan.
 
Semirip Apa Orang Dengan Orangutan

Dari segi sistem reproduksi secara biologis sama seperti sistem reproduksi pada manusia dan dari perbandingan periodenya tidak jauh berbeda, jika manusia menbutuhkan waktu 9 bulan 10 hari dan untuk Orangutan membutuhkan waktu sedikit lebih singkat yaiyu 8,5 bulan untuk masa dalam kandungan.

jika lebih di perhatikan lagi pada tubuh manusia juga terdapat bulu di sekujur tubuhnya sama halnya seperti Orangutan, hanya saja bulu yang tumbuh pada badan manusia berupa bulu-bulu jarum dan yang terdapat pada Orangutan berupa bulu ranbut yang panjang dan lebat.
 
OPINI :

> ILMIAH
Beberapa ilmuan menyebutkan bahwa primata adalah generasi sebelum manusia modern muncul, Charles Darwin dalam penelitiannya menjelaskan tentang Primata yang sebenarnya adalah nenek moyang dari manusia modern seperti kita ini (Evolusi Homo sapiens), pernyataan tersebut sontak melahirkan pro-kontra dari berbagai kalangan pada saat itu, hingga kinipun rumusan tersebut masih menjadi perdebatan.

> SEJARAH
Satu sejarah yang akan saya jadikan contoh tentang keterkaitan antara manusia dan Primata. Dalam paham agama islam pada zaman dahulu ada Sekumpulan orang (kaum) yang mengikuti ajaran seorang Nabi yang bernama Nabi Luth. Kisah ini berawal dari kaum Nabi Luth yang pada suatu hari mengalami kejadian yang di luar nalar. Kaum Nabi Luth pada saat itu di kutuk menjadi kera karna melanggar aturan yang di tetapkan dalam ajaran sang nabi. Untuk penjelasan singkat Nabi adalah seseorang yang di pilih tuhan untuk menerima wahyu-NYA sebagai pedoman hidup dan suri tauladan umat manusia pada masa yang berbeda-beda.

Sedikit penjelasan di atas di harap bisa membuat kita semakin sadar akan kuasa Tuhan dan porsi kita sebagai manusia biasa. Manusia dan binatang adalah sama-sama ciptaan Tuhan yang sama-sama berkelebihan dan kekurangan. Hal itu bertujuan untuk terjaganya keseimbangan alam dan keberlangsungan kehidupan yang berkelanjutan. Sudah seharusnya kita sebagai manusia yang di karuniai akal dan pikiran yang tidak dimiliki binatang untuk lebih bisa melertarikan titipan tuhan ini yaitu alam bukan malah merusaknya. Jika kita tidak mau di sebut binatang maka bersikaplah selaknya manusia, gunakan akal dan pikiran kita dalam berperilaku agar kesamaan antara kita (Orang) dan Orangutan semakin tidak mendekati.

No comments