Air Terjun Unik dan Indah di Jember

Bukan hanya pantai-pantai indah saja yang di miliki dan dapat kita kunjungi di Kabupaten Jember, namun ada juga beberapa Air Terjun yang sangat unik dan menarik di Jember yang dapat anda jadikan salah satu alternatif untuk mengisi liburan yang anda miliki jika berkunjung ke Jember. Letak dari air terjun tersebut juga tersebar di seluruh Kecamatan yang ada di kabupaten Jember dengan pemandangan alamnya yang begitu mengagumkan, jadi selain anda dapat menikmati kesejukan air terjunnya, anda juga dapat menikmati keindahan alam di sekitar air terjun tersebut.

Akan tetapi air terjun tersebut masih belum terkelola secara baik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Jember dan Dinas Terkait, karena jalan untuk menuju ke air terjun itu sendiri masih merupakan jalan setapak tak ubahnya jalan-jalan di sebuah perkebunan maupun hutan yang biasa kita lihat. Jika pada musim penghujan, tentu jalan untuk menuju ke lokasi air terjun tersebut akan sangat licin dan berlumpur dan semua dari jalan-jalan untuk menuju ke air terjun tersebut belum bisa di lalui oleh kendaraan roda 2 maupun roda 4, dengan kata lain kita harus berjalan untuk mencapai lokasi air terjun yang ingin kita kunjungi tersebut.

Dengan akses jalan untuk menuju ke lokasi air terjun yang belum di kelola dengan baik tersebut, maka fasilitas pendukung untuk para pengunjung di lokasi air terjun itu juga belum ada. Walaupun demikian masih banyak dari para wisatawan yang mengunjungi air-air terjun tersebut karena rasa ingin tahunya akan keindahannya yang banyak terdengar di kalangan para Traveller. Dengan banyaknya air terjun yang tersebar luas di Kabupaten Jember, tentu jika di kelola secara maksimal mulai dari akses jalan dan fasilitas-fasilitas untuk para pengunjungnya, tidak menutup kemungkinan Jember akan menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan domestik maupun asing selain wisata pantai yang ada di jember.

Bagi anda yang belum tahu mengenai air terjun yang tersebar di seluruh sudut Kabupaten Jember ini, kali ini saya akan berbagi informasi mengenai air terjun yang di miliki oleh Kabupaten Jember beserta lokasi air terjun itu sendiri, dan berikut beberapa air terjun di Jember yang memiliki keunikan serta pemandangan alamnya yang sangat mempesona.

1. AIR TERJUN TANCAK
Air Terjun Unik dan Indah di Jember
Air Terjun Tancak ini berada di Desa Suci, Kecamatan panti, Kabupaten Jember, yaitu 16 Km ke arah barat daya kota Jember. Air Terjun ini memiliki panorama yang sangat indah untuk anda coba kunjungi yang di dukung dengan pemandangan yang begitu eksotis dari AGRI Wisata kebun kopi di kawasan Gunung Pasang. Untuk dapat menuju ke lokasi air terjun tancak ini, kita dapat berjalan menyusuri jalan setapak kurang lebih 4 Km dari tempat penitipan kendaraan roda 2 maupun roda empat. Air Terjun Tancak ini memiliki ketinggian sekitar 82 meter yang memiliki debit air 150 m3/detik.

2. AIR TERJUN WATU ONDO
Air Terjun Unik dan Indah di Jember
Berikutnya ada Air Terjun Watu Ondo yang memiliki keindahan alam yang tidak kalah bagusnya yang terletak di Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember yang dapat kita tempuh melalui Perkebunan Kotta Blater yang memiliki produk unggulan seperti Kakao yang sudah sangat terkenal. Air Terjun ini berada di Taman Nasional Meru Betiri yang masih menyimpan beragam flora maupun fauna yang sangat eksotis. Dalam perjalanan yang kita lakukan untuk mencapai air terjun watu ondo ini, kita akan melihat banyak sekali kantong-kantong plastik yang di gunakan sebagai tempat sampah bagi para pengunjung, hal ini di lakukan oleh pihak pengelola TN. Meru Betiri, agar kawasannya tetap bersih dari sampah.

3. AIR TERJUN ANJASMORO
Air Terjun Unik dan Indah di Jember
Selanjutnya Air Terjun Anjasmoro atau yang lebih di kenal sebagai Air Terjun Niagara Mini yang di miliki oleh Kabupaten Jember. Air Terjun Anjasmoro ini terletak di Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo setelah kita melewati 2 air terjun yang bernama Air Terjun Damar Wulan. Air terjun ini masih begitu asri yang dikelilingi oleh pohon bambu dan kebun kopi yang menambah keindahan pemandangan alamnya. Air Terjun Anjasmoro (Niagara Mini) ini memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter dengan guyuran air yang cukup deras dan bersih.

4. AIR TERJUN ANTROKAN
Air Terjun Unik dan Indah di Jember
Air Terjun Antrokan ini berada di Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember yang dapat kita tempuh kurang lebih 1 jam dari kota Jember. Jika kita bandingkan dengan air terjun tancak yang berada di Kecamatan Panti, air terjun Antrokan ini lebih rendah, namun keindahannnya cukup mengagumkan. Di kawasan sekitar air terjun antrokan ini, kita akan banyak menemui beragam burung yang tidak henti-hentinya berkicau yang akan menandakan bahwa kawasan air terjun antrokan ini masih sangatlah asri.

5. AIR TERJUN MANDIGU
Air Terjun Unik dan Indah di Jember
Air Terjun Mandigu atau yang lebih di kenal dengan sebutan Taman Mumbulsari oleh warga sekitar ini berada di Desa Suco,Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten jember, kurang lebih 1 jam perjalanan yang dapat kita tempuh ke lokasi dari Kota Jember. Air Terjun Mandigu ini merupakan sebuah air terjun yang berundak-undak yang memiliki panjang kurang lebih 30 meter yang menjadikan air terjun yang berada di Kecamatan Mumbulsari ini begitu unik.

6. AIR TERJUN TANCAK TULIS
Air Terjun Unik dan Indah di Jember
Air suci yang jatuh dari langit, mungkin itulah yang dapat kita katakan jika kita melihat keindahan Air Terjun Tancak Tulis yang berada di kawasan Gunung Argopuro ini. Untuk dapat melihat pesona keindahan air terjun tancak tulis ini, kita dapat menuju ke arah Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember sekitar 1 jam perjalanan dari kota Jember. Air Terjun ini berada di area perkebunan Zeelandia yaitu sebuah perkebunan peninggalan jaman Hindia Belanda.

7. AIR TERJUN MAELANG
Air Terjun Unik dan Indah di Jember
Air Terjun Maelang ini merupakan salah satu air terjun yang baru saja banyak di kunjungi oleh para Traveller dari Jember maupun kota-kota lainnya. Air Terjun ini berada di Dusun Krajan Sebanen, Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember yang memiliki 3 tingkat dengan jarak 100 meter pada setiap tingkatnya. Dan pada tingkat terakhir dari air terjun maelang ini terdapat sebuah kolam dengan air yang cukup bersih dan segar yang dapat kita gunakan untuk berendam sambil menikmati guyuran air terjunnya.

8. AIR TERJUN KALI KLEPUH
Air Terjun Unik dan Indah di Jember
Air Terjun Kali Klepuh ini berlokasi di perkebunan Kali Klepuh, Dusun Glingseran, Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Keindahan serta luasnya area perkebunan Kali Klepuh ini akan menemani perjalanan kita untuk menuju ke lokasi air terjun itu sendiri. Walaupun jarak yang akan kita lalui cukup menantang dan begitu melelahkan, namun semua itu akan terbayar dengan keindahan air terjun ini ketika kita sampai di lokasi.

9. AIR TERJUN 7 BIDADARI
Air Terjun Unik dan Indah di Jember
Kecantikan yang tersembunyi, itulah yang dapat saya ungkapkan pada pesona Air Terjun 7 Bidadari ini yang berada di Desa Rowosari, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember yang di apit oleh 2 gunung besar, yaitu gunung Argopuro dan gunung Raung. Dalam setiap perjalanan yang kita lakukan, kita akan menemui beberapa air terjun yang memiliki keindahan serta keunikan tersendiri yang semuanya berjumlah 7, itulah mengapa air terjun ini dinamakan dengan Air Terjun 7 Bidadari. Sepanjang perjalanan menyusuri keberadaan 7 air terjun bidadari yang tersembunyi ini, kita akan melewati sungai dengan tebing-tebing indah layaknya Green Canyon, di sebelah kanan dan kiri kita.

10. AIR TERJUN SEPUTIH
Air Terjun Unik dan Indah di Jember
Kemudian kita lanjutkan menuju ke Air Terjun Seputih yang berada di Desa Seputih, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember yang sangat unik dan menarik. Air Terjun ini memiliki 2 tingkat yang begitu menakjubkan dengan suasana yang begitu sunyi yang akan membuat kita merasa tenang dengan pemandangan alamnya yang begitu indah. Pada air terjun tingkat terakhir, terdapat sebuah kolam yang cukup besar dengan airnya yang sangat segar yang dapat kita gunakan untuk berenang.

11. AIR TERJUN SLEROK
Air Terjun Unik dan Indah di Jember
Selanjutnya yaitu Air Terjun yang berada di Sumbergadung, Dusun Slerok, Desa Slateng, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember yang berada di kaki Gunung Raung yang bernama Air Terjun Slerok. Air Terjun ini cukup indah namun masih belum banyak orang yang mengetahuinya. Air dari air terjun slerok ini cukup jernih, segar dan sangat dingin, hal itu di karenakan air terjun ini berasal dari sumber mata air pegunungan.

Sangat indah dan mempesona bukan air terjun yang ada di Kabupaten Jember...??? Air-air terjun tersebut jika di poles secara baik, tentu akan lebih banyak mendatangkan para wisatawan yang dapat memberikan keuntungan bagi Kabupaten Jember dari Wisata yang dimilikinya. Bagaimana, anda tertarik untuk mencoba mengunjunginya...???

2 comments:

  1. Jember ternyata punya air terjun yang bagus2 ya? coba kalau dikelola dengan baik, mungkin akan lebih bagus lagi..he..

    ReplyDelete
  2. Benar mbak.. Kota Jember sebenarnya memiliki banyak tempat air terjun yang masih belum terjamah oleh banyak orang.. Semoga tempat2 air terjun ini dapat segera dikelola dengan baik oleh pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Jember..
    Jangan lupa selalu kunjungi blog kami ya mbak.. :-)

    ReplyDelete