Beberapa Faktor Penyebab Nyeri Pinggang dan Cara Penanganannya

Nyeri Pinggang merupakan suatu nyeri yang berada pada bagian belakang tubuh. Akibatnya terlalu banyak melakukan aktifitas membuat seseorang mengalami nyeri pinggang. Nyeri pinggang paling banyak di derita oleh laki-laki dibandingkan pada perempuan akibat dari pekerjaan setiap harinya terlalu berat. Biasanya seseorang mulai merasakan nyeri pinggang pada saat umur 30 tahun ke atas. Pada saat terjadi nyeri pinggang yang terjadi hanya di beberapa tempat dibagian tubuh. Nyeri pinggang dianggap sebagai ringan atau berat tergantung dari penyebabnya, Penyebab dari seseorang mengalami nyeri pinggang :
 
Beberapa Faktor Penyebab Nyeri Pinggang dan Cara Penanganannya

1. TRAUMA DAN KECELAKAAN
Ketika seseorang mengalami mengalami pukulan bagian belakang pinggang. Akibatnya membuat seseorang mengalami nyeri pinggang. Sebaiknya harus menjaga bagian pinggang karena terdapat organ ginjal yang sangat penting fungsinya.

2. GANGGUAN PADA GINJAL
Akibat seseorang terlalu banyak melakukan aktifitas yang berat. Biasanya waktu istirahat anda akan berkurang. Bisa juga ketika aktifitas berat seseorang tidak mengkonsumsi air putih yang menyebabkan terjadinya nyeri pinggang.

3. AKIBAT KONSUMSI MINUMAN BERSODA DAN MENGANDUNG BAHAN KIMIA BERLEBIHAN
Banyaknya minuman yang dibuat dari bahan kimia dan pengawet. Kita tahu sendiri bahwa minuman yang bersoda tidak baik bagi ginjal soalnya dapat merusak ginjal, Ketika seseorang mulai mengalami gangguan ginjal biasanya akan merasakan nyeri pinggang.

4. KELAINAN PADA TULANG
Ketika tulang anda mengalami gangguan disebabkan oleh kekurangan vitamin pada tulang dan kurang mengkonsumsi makanan yang bergizi. Akibatnya membuat tulang menjadi mudah sekali keropos dan mengalami gangguan.

Ketika seseorang mengalami nyeri pinggang tetapi tidak segera ditangani takutnya akan mengalami beberapa masalah pada tubuh. Ketika seseorang akan merasakan nyeri pinggang akan merasakan beberapa gejala seperti merasakan nyeri menjalar di daerah pinggang bagian belakang, mengalami kekakuan otot atau kejang otot, terjadi batasan saat melakukan gerakan, merasakan rasa sakit seperti kesemutan pada bagian belakang.

PENANGANAN UNTUK PENDERITA NYERI PINGGANG :
Apabila seseorang mengalami nyeri pinggang sebaiknya segera ditangani. Agar tidak mengalami beberapa gangguan pada tubuh. Penanganan yang dapat dilakukan seperti :
  • Sebaiknya mengkonsumsi air putih paling sedikit sebanyak 8 gelas.
  • Kompres air hangat pada daerah pinggang yang sakit.
  • Usahakan untuk melakukan istirahat.
  • Jika merasakan nyeri sebaiknya berikan obat anti nyeri.
  • Sebaiknya melakukan olah raga yang teratur.

No comments