Faktor Yang Menyebabkan Seseorang Mengalami Mimisan

Mimisan merupakan suatu keadaan dimana seseorang mengalami pendarahan yang terjadi pada hidung. Mimisan dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Banyak sekali seseorang yang tiba-tiba mengalami pendarahan dari hidung  tanpa sebab yang pasti. Ada beberapa faktor pemicu penyebab terjadinya mimisan antara lain, yaitu :
 
Faktor Yang Menyebabkan Seseorang Mengalami Mimisan

1. ADANYA PENYAKIT LAIN
Biasanya seseorang yang mengalami penyakit demam berdarah. Pada seseorang yang mengalami penyakit demam berdarah akan mengalami pendarahan yang tiba-tiba dari hidung.

2. FAKTOR MAKANAN
Beberapa makanan yang kita makan sebagaian besar banyak mengandung bahan kimia dan pengawet. Oleh sebab itu sebaiknya anda sekalian harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan setiap harinya. Biasanya seorang anak mengalami mimisan akibat makan yang dingin.

3. PERUBAHAN CUACA
Pada saat cuaca yang panas seseorang akan mengalami perubahan kelembapan di bagian hidung yang menyebabkan terjadinya serumen di dalam hidung akan menjadi kering.

4. ADANYA TUMOR DI DALAM HIDUNG
Ketika di dalam hidung seseorang terdapat tumor yang semakin besar. Maka ketika kita mengambil serumen yang berada di dalam hidung akan menyebabkan perdarahan. Soalnya sifat tumor sangat sensitive ketika di pegang oleh seseorang.

5. AKIBAT TRAUMA
Seseorang akan mengalami pendarahan di dalam hidung disebabkan oleh suatu trauma seperti pukulan dari seseorang yang dapat mengenai hidungnya, kecelakaan pada saat berkendara dan mengorek hidung yang terlalu keras.

Pada saat ada anda menemukan seseorang yang mengalami pendarahan pada hidung biasanya kita akan bingung sebaiknya melakukan tindakan apa untuk menghentikan pendarahan yang semakin banyak. Tetapi sebenarnya banyak sekali cara yang dilakukan untuk menghentikan pendarahan yang terjadi pada seseorang antara lain, seperti :
  • Sebaiknya menekan hidung kurang lebih selama 10 menit agardapat menghentikan pendarahan yang terjadi
  • Memberikan kompres air dingin.
  • Posisikan seseorang untuk membungkuk ke depan.
  • Jika pendarahan yang terjadi pada seseorang semakin banyak dan parah sebaiknya bawa ke tempat kesehatan terdekat.

No comments