Menyusuri Keberadaan Blogger Jember

Blogger Jember - Tulisan yang saya buat kali ini merupakan sebuah rasa penasaran saya akan para Blogger yang ada di Kabupaten Jember, karena saya sendiri merupakan warga asli Kabupaten Jember, dari saya sekolah hingga bekerja saat ini, saya tetap berada di Jember, he..he..he..!!! Saya juga seorang Blogger, yang sudah mempelajari dunia Blogging ini selama 2 tahun mulai tahun 2014 silam, ya walaupun dapat di katakan sebagai Blogger pemula, namun saya sangat penasaran akan keberadaan para Blogger Jember maupun Komunitas Blogger Jember ini sendiri. Karena selama 2 tahun saya belajar tentang dunia Blogging, saya tidak pernah tahu adanya acara perkumpulan para Blogger di Kabupaten Jember ini sendiri. Apakah itu karena saya sendiri yang kurang aktif dalam bersosialisasi dengan para warga Jember mengenai Blog ini melalui berbagai Media Sosial yang ada, atau memang Komunitas Blogger Jember itu sendiri tidak ada.
Menyusuri Keberadaan Blogger Jember

Beragam pertanyaan serta rasa penasaran saya tersebut, membuat saya mencoba untuk mencari keberadaan para Blogger Jember tersebut melalui "Si Mbah Google" yang katanya dapat memberikan semua pertanyaan yang kita punya secara cepat dan lengkap, ha..ha..ha..!!! Kemudian saya ketikkan kata kunci dengan judul "Blogger Jember" dan hasilnya sangat mengejutkan, yaitu ada sekitar Sekitar 335.000 hasil pencarian yang di dapatkan. Akan tetapi saya lihat pada hasil pencarian tersebut, banyak juga beberapa Sosial Media yang ikut muncul menghiasi hasil pencarian dari Si Mbah Google tersebut, antara lain seperti Komunitas Blogger Jember di Facebook dan Twitter. Akan tetapi tidak sedikit juga Blog/Website dari para Blogger Jember, tapi kebanyakan semua Blog/Website tersebut sudah lama tidak update lagi, tapi ada juga yang masih update namun isi dari Blog dengan Judul Blognya tidak sesuai.

Tapi ada juga beberapa Blog yang masih update terus walaupun tidak setiap hari mengenai berbagai hal yang ada di Kabupaten Jember, baik itu Wisata Jember, Kuliner Jember, Seni dan Budaya Jember, Berita Jember dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika saya fikir-fikir lagi, memang untuk menjadi seorang Blogger yang Sukses itu sangatlah susah, karena di butuhkan banyak sekali pengorbanan, contohnya seperti saya ini, sudah 2 tahun menggeluti dunia Blogger, tapi belum sukses-sukses juga, ha..he..ha..!!! Mungkin masih kurang ilmu yang saya dapatkan tentang Dunia Blogging dari pakar/master Blogger. Dari pemikiran saya tersebut, tidak menutup kemungkinan banyak para Blogger Jember yang putus asa dan memilih untuk meninggalkan Blog/Website yang mereka miliki untuk memilih jalan lainnya yang lebih cepat dan terlihat lebih nyata.

Namun saya juga pernah bertemu dengan beberapa Blogger Jember yang berada di Tegal Besar, tapi mereka hanya bekerja sendiri, tidak ada team maupun Komunitas yang di buatnya. Selain itu juga jika saya lihat dari Blog-blog yang mereka miliki, konten hingga template yang mereka buat dan mereka gunakan sama antara satu orang dengan yang lainnya. Apakah mereka menggeluti dunia blogging ini hanya sekedar ikut-ikutan atau keinginan mereka sendiri saya juga tidak mengerti. Bukannya menyalahkan apa yang mereka kerjakan, akan tetapi sebenarnya mereka memiliki potensi lebih untuk membuat sebuah Blog/Website yang lebih berkelas dan memiliki konten yang benar-benar bagus lagi, tapi mengapa tidak mereka lakukan.

Jika saya perhatikan semua blog-blog mereka sepertinya hanya sekedar ikut-ikutan saja, karena kontennya berisi tentang Download Game, Aplikasi, Musik dan Film. Mengapa tidak berisi tentang ilmu yang mereka miliki untuk dapat mereka bagikan kepada orang lain melalui Blog/Website yang mereka miliki. Sekali lagi bukannya saya menyalahkan mereka, tapi saya juga pernah melakukan hal seperti itu, tapi pada akhirnya saya merasa bosan dan sadar bahwa Blog/Website yang berisi mengenai Konten-konten yang melanggar Hak Cipta tersebut akan mendapatkan Sangsi yang dapat menyebabkan Blog yang telah di kelola dapat di hapus oleh Google. Tentu jika Blog yang telah kita kelola selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun lamanya di hapus oleh Google karena melanggar peraturan serta kebijakan yang ada, apa tidak pusing dan merasa rugi atas apa yang telah di lakukannya selama ini.

Akan tetapi itu semua hak mereka, kenapa saya ikut campur, ha..ha..ha..!!! Nah, itulah sedikit cerita saya dalam Menyusuri Keberadaan Blogger Jember tersebut. Tapi sekali lagi saya mohon maaf jika apa yang telah sampaikan tersebut menyinggung para pembaca semua, terutama Para Blogger Jember, Salam Damai dan Sukses selalu untuk Para Blogger Jember...!!!

No comments