5 Trick Jitu Kurangi Stress Saat Bekerja

Dimanapun, kapanpun, dan menjabat sebagai apapun kita dalam bekerja pasti pernah merasakan hal yang mengganggu pikiran dan suasana hati yang kemudian berdampak langsung dengan kinerja kita. Stress ya kata yang satu ini pasti hampir semua orang pernah mengalaminya, banyak faktor yang melatar belakanginya, dalam pekerjaan mungkin karena banyaknya kerjaan yang numpuk, persaingan antar sesama pekerja, atau sudah bosan menjadi karyawan namun tidak bisa resign karena alasan tertentu sehingga membuat seseorang berada dalam kondisi kerja yang penuh tekanan dan menyebabkan stress. Disini team Jember Bagus akan berbagi beberapa hal yang mungkin bisa anda praktekkan untuk mengurangi stress saat bekerja.

5 Trick Jitu Kurangi Stress Saat Bekerja

1. BERSYUKUR
Cara yang pertama yaitu Bersyukur,, mungkin terdengar agak munafik, namun menurut psikolog Robert Emmons, rasa syukur akan membangkitkan sistem kekebalan psikologis Anda sehingga kebal terhadap masalah kecil atau besar. Saat anda bersyukur tentang keadaan anda maka pikiran anda akan positif sehingga semangat anda akan kembali dan jalan keluar akan lebih mudah di temukan, banyak cara untuk kita bersyukur, salah satunya mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena anda sedang diuji untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan tangguh lagi.

2. MENGHELA NAFAS DALAM-DALAM
Simple namun banyak yang mengabaikan, saat anda dalam kondisi stress cobalah untuk menghela nafas dalam-dalam lalu buang lewat mulut Anda. Tutup mata dan pusatkan pikiran Anda pada nafas yang dibuang lewat mulut tersebut. Lakukan aktivitas ini selama 2-5 menit. Cara tersebut terbukti dapat meredakan syaraf-syaraf otak yang tegang dan juga dapat meningkatkan tingkat fokus pikiran kita sehingga dalam bekerja akan bisa lebih rileks dan fokus.

3. MANFAATKAN WAKTU ISTIRAHAT
Biasanya karena pekerjaan yang banyak membuat orang mengabaikan jam istirahat, namun ternyata hal itu juga bisa meningkatkan tingkat stress dalam bekerja lho. sebagai karyawan anda pasti bisa memprediksi jam-jam yang sibuk saat bekrja, usahakanlah beristirahat sebelum dan sesudah jam-jam sibuk tersebut, walaupun cuma sebentar. Manfaatkanlah waktu istirahat utama anda benar-benar untuk beristirahat.

4. GAYA HIDUP SEHAT
Gaya hidup sehat bisa membuat kondisi tubuh kita makin fit tentunya. Selain berolah raga kita juga harus memperhatikan asupan makanan yang baik bagi tubuh kita. Tidur yang cukup di malam hari akan membuat tubuh dan fikiran kita lebih fresh dan siap dalam menghadapi kesibukan esok hari.

5. JANGAN TERLALU BERLEBIHAN MENGABDI UNTUK KANTOR
Yang terakhir adalah jangan bekerja terlalu berlebihan deh, rugi!! Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manajer tidak bisa membedakan antara pekerja yang menghabiskan waktu 80 jam per minggu dengan mereka yang hanya berpura-pura bekerja, tetapi mereka tidak menghukum orang-orang yang kurang bekerja tersebut bukan?

5 trick jitu kurangi stress saat bekerja yang bisa anda coba dan praktekkan, yang terpenting adalah "Jangan hanya kerja keras!, namun juga kerja Cerdas!!"

No comments