Cita Rasa Unik Kopi Blangkon Bondowoso

Selain teh yang menjadi minuman sering di suguhkan jika kita sedang bertamu ke rumah orang lain maupun keluarga. Minuman yang memiliki warna hitam maupun coklat ini juga sering kita jumpai, apalagi kalau bukan "Kopi". Nah, jika kita sedang berkunjung ke Kabupaten Bondowoso yang terletak di Provinsi Jawa timur. Kamu wajib mampir di "Nine Coffee Roastery" yang berada di Jalan Brigol Sudarlan No. 266, untuk mencoba secangkir kopi yang memiliki bumbu penyedap dari berbagai campuran rempah-rempah seperti Serai, Kunyit, jahe, Kayu Manis, serta Jeruk Purut.
 
Cita Rasa Unik Kopi Blangkon Bondowoso

Ide racikan Kopi yang bernama "Kopi Blangkon" ini muncul dari seorang maestro kopi yang bernama Riswanda, ide tersebut di dapat dari kebiasaannya yang kurang suka dengan minuman yang terasa pahit, dari situlah muncul ide sebuah minuman kopi dengan citarasa berbeda, yang umumnya kopi terasa pahit dan sedikit rasa manis di lidah jika minuman kopi tersebut di tambah dengan gula pasir, maka lain halnya dengan kopi Blangkon racikan Riswanda ini. Penambahan racikan rempah-rempah tersebut di maksudkan karna alasan kesehatan pertama, selain itu juga untuk memberi sentuhan baru pada cita rasa kopi itu sendiri. Cara pembuatan dari kopi Blangkon ini juga tidak ada bedanya dengan yang lain, yaitu kopi "IJEN" pertama di sedug dengan cara V60, yaitu sebuah proses penyaringan ampas kopi menggunakan filter kertas khusus. Kemudian memasukkan rempah-rempah yang terlebih dahulu ke dalam sebuah cangkir atau gelas. Sebagai penambah cita rasa di tambahkan pula sirup vanili yang dapat menimbulkan aroma harum dan manis.

Hasil perpaduan antara kopi, rempah-rempah dan sirup vanili tersebut kemudian terciptalah kopi dengan citarasa yang unik. Rasa yang di hasilkan dari kopi tersebut adalah gurih sedap, pahit dan sedikit ada sensai asam juga, jika kita mencobanya maka akan ada sensasi yang sangat berbeda pada mulut kita, ini benar-benar mahakarya istimewa yang di hasilkan dari tangan dingin sang maestro. kopi ini selain bercita rasa unik, juga memiliki aroma berbeda dari kopi-kopi pada umumnya, aroma harum dan wangi yang berasal dari bahan vanili ini mirip dengan minuman khas Jawa yaitu Wedang.

Keunggulan kopi yang menggunakan metode V60 adalah akan menghasilkan kopi dengan rasa yang ringan dan tanpa ampas. Jika bicara soal harga, secangkir kopi blangkon di bandrol dengan harga Rp 7000,-. Jadi kita tidak harus merogoh kocek dalam-dalam, karena hanya dengan 7000 perak kita sudah dapat menikmati secangkir kopi Blangkon yang sudah tersohor di Bondowoso. Sedangkan Bondowoso sendiri merupakan sebuah Kabupaten penghasil kopi yang sudah terkenal sampai mancanegara, oleh karna itu Riswanda dan kawan-kawannya di Nine Coffee Roastery ingin memperkenalkan dan mengankat nama Bondowoso sebagai kota penghasil kopi terbaik di indonesia atau bahkan di mata dunia lewat karyanya yaitu kopi Blangkon, Bagaimana...??? Kamu berminat untuk mencoba cita rasa sang Kopi Blangkon Kabupaten Bondowoso ini...?!

No comments