Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Motor Matic

Melihat statistik berbagai sepeda motor versi AISI, penduduk Indonesia merupakan konsumen yang banyak dan lebih menyukai sepeda motor matic, jika dibandingkan dengan sepeda motor manual. Walaupun motor matic mulai populer pada tahun 2000an, sebenarnya motor matic sendiri sudah coba dipasarkan di Indonesia pada tahun 1984 oleh Taiwan dengan produk unggulannya.

Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Motor Matic

Banyaknya penduduk Indonesia yang menggunakan sepeda motor matic dikarenakan pengoperasiannya yang sangat mudah dan selain itu marketing yang jitu membuat sepeda motor matic ini berlahan tapi pasti menjadi salah satu primadona kendaraan roda dua yang ada di Indonesia. Bagi anda para pengguna motor matic, anda juga tentu belum mengetahui apa saja kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki oleh sepeda motor matic ini. Nah, apa sajakah kelebihan dan kekurangan dari motor matic ini, berikut penjelasannya.

KELEBIHAN :
  • Kelebihan yang palin utama dan sangat jelas dari motor matic ini adalah kenyamanan.
  • Kita tidak perlu repot-repot untuk oper gigi maupun bermain kopling untuk dapat mengendarainya.
  • Bagasi yang dimiliki oleh motor matic ini pada umumnya lebih luas jika dibandingkan dengan motor bebek.
  • Dengan kemudahan dalam hal pengoperasiannya, motor matic ini dapat digunakan oleh beragam usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga manula.
  • Bagi kalangan tertentu motor matic ini dijadikan pilihan utama, karena mudahnya untuk memodifikasi dengan banyak serta mudahnya aksesoris yang tersedia dipasaran.

KEKURANGAN :
  • Dibandingkan dengan motor bebek, motor matic ini secara umum konsumsi bahan bakarnya lebih boros, jika sering digeber secara spontan maupun kerap membawa sebuah beban yang berlebihan.
  • Diameter dari ban motor matic yang kecil, motor matic ini lebih sensitif dari pada motor bebek terhadap permukaan jalan yang rusak/bergelombang.
  • CVT (Continuosly Variable Transmission) rentan akan kerusakan dan komponen suku cadangnya cukup mahal. Maka dari itu pada pengguna dari motor matic ini harus rajin untuk mengecek kondisi dari CVT.

Bagaimana, apakah anda sudah mengetahui apa saja kelebihan maupun kekurangan dari sepeda motor matic ini...??? Bagi anda yang tahu lebih banyak tentang kelebihan dan kekurangan dari sepeda motor jenis matic ini, anda dapat menyebutkannya pada kolom komentar. Mungkin itulah sedikit penjelasan yang dapat saya share untuk anda, semoga bermanfaat.

No comments