Napak Tilas Pagelaran MotoGP Dari Tahun Ke Tahun

Halo GP Mania apa kabarnya nih...? Masih setia mengikuti perkembangan MotoGP kan pastinya? Oh iya, saya mau kasih sedikit informasi mengenai beberapa hal penting dalam kejuaraan balap Otomotif roda dua paling bergengsi sejagat ini. Mulia dari sejarah berdirinya MotoGP sampai laga di musim 2016. Barangkali dari GP Mania ada yang belum tahu tentang MotoGP swcara detail mungkin artikel ini bisa membantu, berikut infarmasinya.
 
Napak Tilas Pagelaran MotoGP Dari Tahun Ke Tahun

SEJARAH SINGKAT MOTOGP
Kejuaraan MotoGP pertama kali diselenggarakan oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), pada tahun 1949.MotoGP  adalah kelas tertinggi dari balap sepeda motor, Dan saat ini terbagi dalam tiga kelas mesin yang berbeda: Moto3, Moto2 dan MotoGP. Pada awal perlombaan kebanyakan para Rider menggunakan motor bermesin 2 tak, hingga di tahun 1970-an motor bermesin 2 tak benar-benar menyingkirkan mesin-mesin 4 tak, padahal sebelumnya pada tahun 1950-1960 an motor-motor 4 tak mendominasi setiap sesi balapan dan seluruh kelas yang di lombakan.

Sebelum menjadi MotoGP awalnya bernama GP 500, GP 500 adalah kelas balapan  yang menjadi puncaknya balap motor di ajang GP, seiring bejalannya waktu peraturan di GP500 telah berubah secara drastis di tahun 2002. Dari pertengahan 1970 hingga tahun 2001 kelas puncak GP ini dibatasi pada mesin 4 silinder dengan kapasitas maksimal 500 cc, baik jenis mesin 4 tak maupun 2 tak. dari ketentuan tersebut akhirnya mesin yang berjenis 2tak lah yang di untungkan, karna lebih unggul dari segi akselerasi mesin. kemudia tahun 2002 pertama kalinya pabrikan diizinkan untuk memperbesar kapasitas mesinnya, tapi khusus untuk mesin 4 tak dan menjadi ukuran maksimum 990 cc, kemudian di terunkan lagi  menjadi 800 cc. Dengan diizunkannya motor jenis 4 tak berkapasitas besar tersebut, maka nama GP 500 diubah menjadi menjadi MotoGP. Setelah tahun 2003 mesin 2 tak sudah tidak ada yang turun di kelas MotoGP. Mesin 2 tak hanya bertanding di laga Moto2 dan Moto3 yang memang khusus melombakan mesin 2 tak.

MotoGP di laksanakan sebanyak 17 seri di 15 negara berbeda .Untuk sesi race biasa digelar setiap akhir pekan, untuk hari Jum'at digunakan untuk latihan bebas dan latihan resmi pertama, lalu hari Sabtu dilaksanakan latihan resmi yang kedua, di mana pada latihan kedua  para Rider harus membuat catatan waktu terbaik untuk menentukan posisi mereka saat Start nanti. Race kelas utama digelar pada hari Minggu, Namun di beberapa negara ada seri yang digelar hari Sabtu yaitu di Belanda dan Qatar.

PENGALAMAN TERBURUK
Gelaran pacuan kuda besi ini terbukti mampu menyedot animo penonton dan menciptakan penggemar-penggemar fanatik untuk setiap Rider yang beraksi di lintasan balap MotoGP. sebut saja Rossi, Lorenzo, Marcuez, Stonner, Pedrossa dan lain-lain, mereka seolah menjadi selebriti yang di gemari banyak orang. Dalam perjalan sepanjang karir motoGP beberapa pengalaman buruk juga pernah terjadi dan mungkin insiden yang merenggut nyawa Marco Simoncelli pada 23 Oktober 2011 di sirkuit Sepang (malaysia) menjadi pengalaman terburuk sepanjang ajang balapan ini.

GOSIP TERHANGAT
Baru-baru ini terdengar kabar tentang ketidak harmonisan antara kedua Rider Setim ini, sipalagi kalau bukan Valentino rossi dan George Lorenzo. Kedua anak tim Yamaha ini terlibat perselisihan yang berbuntut panjang, Usut-punya usut masalah itu bermula ketika d'doctor tengah berseteru dengan lawan mainnya yakni Marc Marcuez Rider dari tim Honda. Pada saat itu di gadang-gadang Lorenzo malah membela Marcuez bukan malah mendukung rossi yang menjadi rekan setimnya itu. Dari situlah hubungan Rossi dan Lorenzo sedikit renggang, bahkan mereka masih kelihatan tidak akur di seri GP Spanyol pekan lalu waktu tiga joki kawakan yaitu Rossi, Lorenzo, dan Marcuez manggung di Podium.
 
Napak Tilas Pagelaran MotoGP Dari Tahun Ke Tahun

FAKTA UNIK :
  • Sekitar 350km/h kecepatan maksimal yang dapat capai oleh motor-motor MotoGP.
  • Ada sekitar 800 ban dalam MotoGP yang sediakan untuk satu musim.
  • Ada 8 jumlah ban depan yang digunakan tiap pembalap untuk setiap seri balapan.
  • Ada setidaknya 1000 ban yang dibawa oleh produsen ban untuk tiap balapan di seri Eropa.
  • Dapat mencapai sudut 60° kemiringan yang mungkin terjadi pada lintasan kering dan 45° sudut kemiringan pada lintasan basah.
  • 5km untuk  rata-rata daya tahan jarak tempuh untuk ban kualifikasi.
  • 100km untuk rata-rata daya tahan jarak tempuh untuk ban Race.
  • Tidak kurang dari 150 jumlah komponen yang digunakan untuk membuat satu ban standard MotoGP.

DAFTAR NAMA RIDER MOTOGP MUSIM 2016 :
  1.  4 – Andrea Dovizioso – (Ducati)
  2.  6 – Stefan Bradl – (Gresini Aprilia)
  3.  8 – Hector Barbera – (Avintia Ducati)
  4.  9 – Danilo Petrucci – (Pramac Ducati)
  5. 15 – Alex de Angelis – (Ioda ART Aprilia)
  6. 19 – Alvaro Bautista – (Gresini Aprilia)
  7. 25 – Maverick Vinales – (Suzuki)
  8. 26 – Dani Pedrosa – (Honda)
  9. 29 – Andrea Iannone – (Ducati)
  10. 35 – Cal Crutchlow – (LCR Honda)
  11. 38 – Bradley Smith – (Tech 3 Yamaha)
  12. 41 – Aleix Espargaro – (Suzuki)
  13. 43 – Jack Miller – (Marc VDS Honda)
  14. 44 – Pol Espargaro – (Tech 3 Yamaha)
  15. 45 – Scott Redding – (Pramac Ducati)
  16. 46 – Valentino Rossi – (Yamaha)
  17. 50 – Eugene Laverty – (Aspar Ducati)
  18. 53 – Tito Rabat – (Marc VDS Honda)
  19. 68 – Yonny Hernandez – (Aspar Ducati)
  20. 76 – Loris Baz – (Avintia Ducati)
  21. 93 – Marc Marquez – (Honda)
  22. 99 – Jorge Lorenzo – (Yamaha)

PERAIH GELAR TERBANYAK
Mungkin di antara GP Mania belum banyak yang tau siapakah peraih gelar juara terbanyak? dan juara dunia Motogp terbanyak adalah  masih milik Giacomo Agostini dengan 8 kali kemenangan di kelas utama.

JUARA DUNIA MOTOGP DARI WAKTU KE WAKTU :
  • 2015 - Jorge Lorenzo  - MotoGP - Yamaha - SPAIN
  • 2014 – Marc Marquez – MotoGP – Honda – SPAIN
  • 2013 – Marc Marquez – MotoGP – Honda – SPAIN
  • 2012 – Jorge Lorenzo – MotoGP – Yamaha – SPAIN
  • 2011 – Casey Stoner – MotoGP – Honda – AUSTRALIA
  • 2010 – Jorge Lorenzo – MotoGP – Yamaha – SPAIN
  • 2009 – Valentino Rossi – MotoGP – Yamaha – ITALY
  • 2008 – Valentino Rossi – MotoGP – Yamaha – ITALY
  • 2007 – Casey Stoner – MotoGP – Ducati – AUSTRALIA
  • 2006 – Nicky Hayden – MotoGP – Honda – UNITED STATES
  • 2005 – Valentino Rossi – MotoGP – Yamaha – ITALY
  • 2004 – Valentino Rossi – MotoGP – Yamaha – ITALY
  • 2003 – Valentino Rossi – MotoGP – Honda – ITALY
  • 2002 – Valentino Rossi – MotoGP – Honda – ITALY
  • 2001 – Valentino Rossi – 500cc – Honda – ITALY
  • 2000 – Kenny Roberts Jr – 500cc – Suzuki – UNITED STATES
  • 1999 – Alex Criville – 500cc – Honda – SPAIN
  • 1998 – Mick Doohan – 500cc – Honda – AUSTRALIA
  • 1997 – Mick Doohan – 500cc – Honda – AUSTRALIA
  • 1996 – Mick Doohan – 500cc – Honda – AUSTRALIA
  • 1995 – Mick Doohan – 500cc – Honda – AUSTRALIA
  • 1994 – Mick Doohan – 500cc – Honda – AUSTRALIA
  • 1993 – Kevin Schwantz – 500cc – Suzuki – UNITED STATES
  • 1992 – Wayne Rainey – 500cc – Yamaha – UNITED STATES
  • 1991 – Wayne Rainey – 500cc – Yamaha – UNITED STATES
  • 1990 – Wayne Rainey – 500cc – Yamaha – UNITED STATES
  • 1989 – Eddie Lawson – 500cc – Honda – UNITED STATES
  • 1988 – Eddie Lawson – 500cc – Yamaha – UNITED STATES
  • 1987 – Wayne Gardner – 500cc – Honda – AUSTRALIA
  • 1986 – Eddie Lawson – 500cc – Yamaha – UNITED STATES
  • 1985 – Freddie Spencer – 500cc – Honda – UNITED STATES
  • 1984 – Eddie Lawson – 500cc – Yamaha – UNITED STATES
  • 1983 – Freddie Spencer – 500cc – Honda – UNITED STATES
  • 1982 – Franco Uncini – 500cc – Suzuki – ITALY
  • 1981 – Marco Lucchinelli – 500cc – Suzuki – ITALY
  • 1980 – Kenny Roberts – 500cc – Yamaha – UNITED STATES
  • 1979 – Kenny Roberts – 500cc – Yamaha – UNITED STATES
  • 1978 – Kenny Roberts – 500cc – Yamaha – UNITED STATES
  • 1977 – Barry Sheene – 500cc – Suzuki – GREAT BRITAIN
  • 1976 – Barry Sheene – 500cc – Suzuki – GREAT BRITAIN
  • 1975 – Giacomo Agostini – 500cc – Yamaha – ITALY
  • 1974 – Phil Read – 500cc – MV Agusta – GREAT BRITAIN
  • 1973 – Phil Read – 500cc – MV Agusta – GREAT BRITAIN
  • 1972 – Giacomo Agostini – 500cc – MV Agusta – ITALY
  • 1971 – Giacomo Agostini – 500cc – MV Agusta – ITALY
  • 1970 – Giacomo Agostini – 500cc – MV Agusta – ITALY
  • 1969 – Giacomo Agostini – 500cc – MV Agusta – ITALY
  • 1968 – Giacomo Agostini – 500cc – MV Agusta – ITALY
  • 1967 – Giacomo Agostini – 500cc – MV Agusta – ITALY
  • 1966 – Giacomo Agostini – 500cc – MV Agusta – ITALY
  • 1965 – Mike Hailwood – 500cc – MV Agusta – GREAT BRITAIN
  • 1964 – Mike Hailwood – 500cc – MV Agusta – GREAT BRITAIN
  • 1963 – Mike Hailwood – 500cc – MV Agusta – GREAT BRITAIN
  • 1962 – Mike Hailwood – 500cc – MV Agusta – GREAT BRITAIN
  • 1961 – Gary Hocking – 500cc – MV Agusta – RHODESIA
  • 1960 – John Surtees – 500cc – MV Agusta – GREAT BRITAIN
  • 1959 – John Surtees – 500cc – MV Agusta – GREAT BRITAIN
  • 1958 – John Surtees – 500cc – MV Agusta – GREAT BRITAIN
  • 1957 – Libero Liberati – 500cc – Gilera – ITALY
  • 1956 – John Surtees – 500cc – MV Agusta – GREAT BRITAIN
  • 1955 – Geoff Duke – 500cc – Gilera – GREAT BRITAIN
  • 1954 – Geoff Duke – 500cc – Gilera – GREAT BRITAIN
  • 1953 – Geoff Duke – 500cc – Gilera – GREAT BRITAIN
  • 1952 – Umberto Masetti – 500cc – Gilera – ITALY
  • 1951 – Geoff Duke – 500cc – Norton – GREAT BRITAIN
  • 1950 – Umberto Masetti – 500cc – Gilera – ITALY
  • 1949 – Leslie Graham – 500cc – AJS – GREAT BRITAIN

JADWAL RACE MOTOGP MUSIM 2016
 Napak Tilas Pagelaran MotoGP Dari Tahun Ke Tahun

REGULASI ATURAN DALAM MOTOGP :
  • Pada tahun 2002, kelas 500 cc digantikan menjadi MotoGP.
  • Pada tahun 2005, sebuah peraturan baru untuk MotoGP telah diberlakukan yaitu flag-to-flag.
  • Pada tahun 2007, kelas MotoGP diturunkan kapasitas mesinnya, menjadi 800 cc.
  • Pada tahun 2010, kelas MotoGP diberlakukan pembatasan mesin 6 mesin untuk 1 musim.
  • Pada tahun 2010, kelas 250 cc digantikan oleh kelas Moto2 dengan basis mesin Honda CBR600RR dan sasis prototipe.
  • Pada tahun 2012, kelas MotoGP dinaikkan kapasitas mesinnya, menjadi 1.000 cc.
  • Pada tahun 2012, kelas MotoGP diberlakukan regulasi CRT (Claiming Rule Team) yang memperbolehkan Tim (Kecuali Team Pabrikan) memakai mesin motor massal 1.000 cc disasis prototype.
  • Pada tahun 2012, kelas 125 cc digantikan oleh kelas Moto3 dengan mesin 250 cc.
  • Pada tahun 2014, Kelas CRT di MotoGP diganti menjadi Open Class dan diterapkan sistem kualifikasi Knockout.
  • Pada tahun 2015 pergantian penggunaan ban dari Bridgestone ke Michelin.
  • Pada tahun 2016 semua tim MotoGP akan menggunakan 1 ECU seragam buatan Magneti Marelli oleh Dorna. ECU.

No comments