10 Mobil Klasik Peninggalan Bung Karno

Siapa yang tidak kenal dengan Ir. Soekarno ... Sang proklamator yang menjadi bagian dari kemerdekaan Indonesia ini merupakan seorang macan asia yang banyak memiliki ide/gagasan tentang bentuik negara yang idenya banyak diakui oleh negara lain pada waktu itu. Tulisan kali ini tidak akan menceritakan tentang perjalanan karir politik beliau tetapi artikel kali ini akan membahas tentang kendaraan kenegaraan yang pernah dipakai oleh Founding Fathers bagi Bangsa Indonesia ini. Keberadaan mobil antik yang dimiliki oleh Ir. Soekarno saat ini masih terawat dengan baik dan mobil antik ini masih memiliki khasrisma yang tinggi sama seperti pemilikinya yang memiliki kharisma luar biasa baik bagi Bangsa Indonesia dan Bangsa lainnya. Di setiap acara pameran mobil antik akbar di Indonesia, mobil peninggalan Presiden pertama Bangsa Indonesia ini selalu dipamerkan dan koleksinya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Berikut koleksi mobil klasik peninggalan Bung Karno yang dapat dihimpun : 

01. BUICK 8
10 Mobil Klasik Peninggalan Bung Karno
Merupakan mobil kepresidenan Republik Indonesia yang pertama. Mobil ini diproduksi pada Tahun 1938 dan merupakan mobil yang didapatkan dari hasil rampasan penjajah Jepang. Spesifikasi kendaraan ini adalah memiliki 8 silinder dengan kapasitas mesin 5.247 cc. Presiden Soekarno menggunakan Buick 8 limited ini semenjak proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia hingga tahun 1949. 

02. CHRYSLER IMPERIAL
10 Mobil Klasik Peninggalan Bung Karno
Merupakan mobil yang diproduksi pada Tahun 1938, dengan 4 buah pintu, berkapasitas mesin 5300 cc, serta bertransmisi 3 secara manual. Plat nomer Chrysler Imperial yang digunakan Ir. Soekarno adalah bernomer B 9105. Mobil ini digunakan Presiden Soekarno untuk keperluan antar jemput keluarganya dan menurut sejarahnya mobil ini pernah dilempar granat oleh orang yang tidak dikenal tetapi beruntung hanya kerusakan kecil yang terjadi pada mobil ini.
03. CADILAC 48
10 Mobil Klasik Peninggalan Bung Karno
Merupakan jenis mobil special edition yang hanya diproduksi 2 tahun saja yaitu tahun 1948 sampai 1949. Spesifikasi mobil ini adalah memiliki 4 pintu berkapasitas mesin 5700 cc dan 5400 cc. Kendaraan ini dikenal juga dengan nama Cadilac Sixty Special karena menggunakan platform produksi tipe Series 60 dan tersedia juga versi transmisi matiknya. Cadillac merupakan salah satu koleksi mobil yang sangat legendaris. 

04. CHAIKA GAZ 13
10 Mobil Klasik Peninggalan Bung Karno
Merupakan mobil pabrikan negara Rusia yang diproduksi sekitar tahun 1959 sampai tahun 1981 yang pernah dipakai oleh Bung Karno. Spesifikasi mobil ini berkapasitas mesin M13 5.5 L V8 yang dapat menghasilkan tenaga kuda sebesar 195 hp, dengan 3 transmisi persepatan yang dapat dioperasikan secara otomatis. 

05. CHRYSLER CROWN IMPERIAL
10 Mobil Klasik Peninggalan Bung Karno
Presiden Soekarno juga memiliki Chrysler Crown Imperial yang saat ini kondisi masih bagus. Jenis koleksi kendaraan yang dimiliki Soekarno ini diproduksi antara tahun 1962 hingga 1964 dan mobil yang dimilikinya ditaksir dibuat pada Tahun 1963 dengan ciri bentuk grill dan bumper depan yang ada pada mobil ini. 

06. CHRYSLER WINDSOR
10 Mobil Klasik Peninggalan Bung Karno
Merupakan jenis mobil Limousine yang dibuat pada Tahun 1947. Spesifikasi mobil ini memiliki mesin 250,6 CID L-Head yang dapat menghsasilkan tenaga sekitar 114 hp, dengan transmisi 4 percepatan secara manual . Dengan warna kuning emas yang sangat terawat mobil ini terlihat anggun dan elegan bagi yang melihatnya. 

07. MERCEDEZ BENZ 600
10 Mobil Klasik Peninggalan Bung Karno
Merupakan mobil mewah yang pernah menjadi kendaraan Kepresiden Soekarno saat melakukan tugas negaranya. Diperkirakan tunggangan Presiden diproduksi pada Tahun 1960an. Mobil ini dilengkapi mesin 6,3 L V8 yang dapat menghasilkan tenaga 250 hp, dengan transmisi otomastis 4 percepatan. Mobil jenis ini termasuk ke dalam kelas limousine karena bentuknya yang panjang dan merupakan mobil Kepresidenan yang cukup mewah yang pernah dipakai Presiden Soekarno. 

08. MORRIS MINI COOPER
10 Mobil Klasik Peninggalan Bung Karno
Merupakan mobil buatan negara Inggris yang memiliki bentuk unik karena bodinya yang kecil. Mobil klasik yang terlihat kecil ini hanya memiliki dua pintu dengan varian mesin antara lain 0.9 L, 1.0 L dan 1.3 L. 

09. OLDMOBILE 98
10 Mobil Klasik Peninggalan Bung Karno
Merupakan mobil yang diproduksi pada Tahun 1940. Oldsmobile 98 di design oleh General Motors, mendapatkan sumbangsih platform C-body dari Buick dan Cadillac. Oldsmobile Soekarno diperkirakan merupakan pabrikan dari generasi yang kelima yakni pada tahun 1961-1964. Hal tersebut didasarkan pada bentuk bumper depan yang cenderung mewakili produk generasi kelima. 

10. LINCOLN COSMOPOLITAN
10 Mobil Klasik Peninggalan Bung Karno
Merupakan salah satu koleksi mobil mewah yang diproduksi oleh perusahaan mobil ternama Ford. Lincoln milik Soekarno ini diperkirakan produksi generasi pertama. Mobil kalsik ini memiliki mesin 5.5 L V8 yang dapat menghasilkan tenaga kuda sebesar 152 hp. dengan transmisi otomatis yang sudah didesign pada mobil jenis ini.

No comments