Pohon Sejuta Umat Ini Ternyata Memiliki Manfaat Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

JemberBagus - Pohon Kersen penulis katakan sebagai pohon sejuta umat karena tanaman ini mudah tumbuh sehingga banyak dijumpai baik di Desa bahkan di Kota. Nama lain buah kersen di beberapa negara adalah datiles, aratiles, manzanitas (Filipina), mat sam (Vietnam), khoom somz, takhob (Laos), takhop farang (Thailand), krakhob barang (Kamboja), dan kerukup siam (Malaysia). Secara umum pohon Kersen di Indonesia hanya dimanfaatkan masyarakat sebagai pohon peneduh dari terik sinar matahari saja. Tak jarang kita temui banyak orang berteduh di bawah pohon ini saat panas matahari mulai menyengat. Di balik manfaat sebagai peneduh, ternyata pohon ini banyak memberikan manfaat terutama pada buah yang dihasilkannya. Buah kersen yang berbentuk bulat, berwarna merah tua saat masak, dengan ukuran diameter hanya sekitar 1 cm ini memiliki kandungan yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita sehingga sangat disayangkan jika buah yang bermanfaat sebagai Tanaman Obat ini banyak disia-siakan.

Pohon Sejuta Umat Ini Ternyata Memiliki Manfaat Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

Hasil penelitian yang dilakukan ternyata buah kersen memiliki kandungan yang memiliki banyak manfaat antara lain :

1. ANTIBAKTERI
Menurut beberapa penelitian, kersen memiliki senyawa antibakteri yang sangat aktif. Sifat antibakteri pada buah kersen sebanding dengan antibiotik standar yang biasa digunakan dalam dunia medis.

2. ANTIOKSIDAN
Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa buah kersen memiliki kadar antioksidan yang cukup tinggi. Apakah fungsi Antioksidan ?? Antioksidan berfungsi untuk menguatkan sistem kekebalan / imun dalam tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa penyakit.

3. ANTISEPTIK
Rebusan daun Kersen ternyata memiliki manfaat luar biasa sebagai Antiseptik. Fungsi sebagai Antiseptik didapatkan dari daun Kersen yang memiliki senyawa tanin, flavonoid dan saponin. Daun kersen terbukti ampuh untuk membunuh bakteri seperti : C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. Rhizophil.

4. ANTI INFLAMASI
Selain sebagai Antiseptik rebusan daun Kersen juga memiliki sifat anti Inflamasi atau anti peradangan dan juga dapat dimanfaatkan sebagai obat penurun demam.

5. ANTI TUMOR
Menurut penelitian, daun Kersen memiliki kandungan Flavonoid yang mana kandungan ini banyak memberikan manfaat terutama untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan juga dilaporkan memiliki efek anti tumor.

6. MENGOBATI ASAM URAT
Asam urat saat ini menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita terutama saat menginjak usia 40 Tahun ke atas. Anda yang menderita penyakit ini wajib mencoba buah Kersen, karena buah Kersen juga terbukti dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat.

7. MELINDUNGI JANTUNG
Ekstrak daun Kersen juga diketahui dapat melindungi Miokardium yang berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari Miokardium. Hasil penelitian ini tentunya sangat bermanfaat bagi anda untuk menjaga dan melindungi kesehatan Jantung anda dengan menggunakan buah yang banyak ditemui ini.

8. MENGATASI KRAM PERUT
Bunga kersen dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik dan untuk mengobati kram perut. Anda hanya perlu merebus buah kersen dan meminum airnya.

9. ANTI KANKER
Salah satu studi menemukan adanya sifat anti-kanker pada pohon kersen, dengan ditemukannya flavonoid sitotoksik baru pada akar buah Kersen.

No comments