6 Jembatan Artistik Termegah di Dunia

Jembatan pada dasarnya dibangun untuk menyebrangi berbagai rintangan ataupun untuk menyatukan dua daerah yang terpisahkan oleh jurang, sungai dan lain sebagainya. Namun seiring perkembangan jaman dan ilmu pengetahuan kini jembatan memiliki banyak fungsi yang lebih kompleks, tidak hanya sekedar untuk menyebrang, bahkan kini karena keagungan karya pembangunan, jembatan bisa menjadi Icon sebuah negara. Sebut saja Golden Gate Bridge, dengan menyebut nama jembatan itu saja kita pasti sudah tau di negara manakah jembatan tersebut berada. Begitu pula dengan beberapa jembatan artistik berikut ini yang tidak kalah megah dan populer tentunya.

1. Henderson Waves Bridge


6 Jembatan Artistik Termegah di Dunia
6 Jembatan Artistik Termegah di Dunia

Tidak ada yang mengira bahwa jembatan Henderson akan menjadi semegah sekarang ini, karena dahulu pada awal pembangunannya jembatan ini dibangun dengan bentuk yang biasa saja. Namun sejak terjadinya peralihan pemerintahan di Singapura, jembatan ini dibangun ulang dengan rancangan yang sangat unik. Dengan bentuk yang bergelombang dan panjang 300 meter jembatan ini terlihat sangat unik dan megah. Jembatan Henderson Waves ini menghubungkan telok Blangah Hill dan taman di Mount Faber.

2. Banpo Bridge

6 Jembatan Artistik Termegah di Dunia
6 Jembatan Artistik Termegah di Dunia

Unik dan kreatif mungkin kata-kata ini yang akan anda ucapkan saat pertama kali melihat keindahan jembatan Banpao, jembatan ini merupakan satu-satunya jembatan dengan air mancur, dibangun sebagai fungsi utamanya untuk menyebrangi sungai Yang Tse di Korea Selatan. Jembatan ini resmi di buka 8 tahun silam tepatnya pada tanggal 9 September 2008, karena keindahan dan keunikannya maka tak hayal jika banyak turis yang berdatangan ke tempat ini hanya untuk ber selfie ria.

3. Sydney Harbour Bridge


6 Jembatan Artistik Termegah di Dunia


Jembatan yang satu ini sangat terkenal dan pasti tidak asing lagi, yups jembatan Sydney Harbour dengan bentuk yang unik dan megah ini mampu menarik banyak wisatawan untuk datang ke Australia, bahkan Sydney Harbour juga menjadi salah satu icon negara Kangguru ini. Jembatan ini memiliki panjang 3.770 kaki yang rampung dibangun pada 2001.

4. Golden Gate Bridge

6 Jembatan Artistik Termegah di Dunia

Jembatan iconic yang unik dan megah berikutnya adalah Goleden Gate di San fransisco Amerika, tentu anda semua tidak asing dengan jembatan ini, apalagi anda pencinta film-film besutan hollywood yang sangat sering sekali menampilkan jembatan ini, dan sering sekali jembatan ini hancur dalam film-film itu, untung saja hanya dalam film hehe. Namun hal tersebut tentu saja juga menjadi salah satu sponsor yang tepat untuk memperkenalkan jembatan ini pada dunia. Jembatan ini dibuka untuk umum pada tahun 1937 dengan menampilkan keindahan arsitektur kelas dunia.  Dengan panjang mencapai 8.921 kaki jembatan ini memiliki fungsi utamana yaitu sebagai penghubung semenanjung san fransisco dengan kota san fransisco itu sendiri.

5. Gateshead Millennium Bridge


6 Jembatan Artistik Termegah di Dunia

Jembatan yang tidak kalah unik dan megah berikutnya adalah jembatan Gateshead Millenium, jembatan dengan arsitektur kelas dunia ini menyuguhkan desain dan arsitektur yang sangat indah dan pasti membuat orang yang melihatnya akan tertegun sejenak menikmati keindahan arsitekturnya. Jembatan ini dibuka untuk umum pada 2010 dengan panjang 126 meter dan lebar 8 meter. Fungsi utama jembatan ini adalah sebagai jembatan penyebrangan sungai Tyre di Inggris.

6. Magdeburg Water Bridge


6 Jembatan Artistik Termegah di Dunia

Jembatan dengan predikat paling unik di dunia adalah jembatan Magdeburg Water di Jerman. Jika jembatan itu biasanya dibangun untuk menyebrangi air, berbeda dengan jembatan ini, malah sebaliknya kita akan menyebrang menggunakan air! Wau aneh bukan? Namun tenang saja untuk menggunakan jembatan ini  kita disediakan fasilitas perahu. Jadi jembatan Magdeburg Water ini adalah navigasi saluran air yang di buka pada oktober 2003, jembatan air ini menghubunkan kanal Elbe-Havel ke kanal Mitteland tepat berada diatas sungai Elbe. Dengan panjang total senial 918 meter atau 3.012 kaki ini jembatan ini memiliki predikat sebagai jembatan navigasi saluran air terpanjang di dunia.

No comments