Jember Kota Dengan Sejuta Pesona Yang Menarik

Jember merupakan sebuah kota yang memiliki luas 3.293,34 Km2 yang termasuk dalam Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Jember ini sendiri berbatasan dengan Kabupaten-kabupaten lainnya dalam Keresidenan Besuki, yaitu di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo dan Bondowoso, disebelah timur  Kabupaten Jember berbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi dan disebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Lumajang. Dan Kota Jember sendiri merupakan sebuah Kota Administratif yang setiap pada tanggal 1 Januari selalu memperingati Hari Jadi Kabupaten Jember dengan beragam kegiatan-kegiatan menarik serta unik yang diselenggarakan oleh pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Jember. Jember sendiri memiliki jumlah Kecamatan sebanyak 31 Kecamatan dan berpenduduk dengan kepadatan rata-rata 787,47 jiwa/km2.
 
Jember Kota Dengan Sejuta Pesona Yang Menarik

Beragam suku, budaya dan agama yang ada di Kabupaten Jember, yang membuat Kota Jember lebih menarik serta unik dengan keberagaman tersebut. Sebagian besar penduduk di Kabupaten Jember berprofesi sebagai petani, dikarenakan luasnya area persawahan yang ada di Kabupaten Jember. Untuk urusan transportasi untuk menuju dan keluar dari Kota Jember sendiri juga sangatlah banyak, mulai dari Terminal, Stasiun dan kini sudah terdapat juga sebuah Lapangan Udara yang bernama Bandar Udara Notohadinegoro, yang mana pada tahun 2014 silam sudah mulai beroperasi ke sejumlah Kota di Indonesia.
Nama dari Kabupaten Jember sendiri mulai terkenal di seluruh penjuru Indonesia dan dunia karena adanya sebuah even karnaval busana yang bernama Jember Fashion Carnaval atau yang lebih terkenal dengan sebutan JFC ini. Dengan adanya even karnaval busana ini banyak orang berbondong-bondong dan antusias untuk menyaksikan lebih dekat berbagai macam peragaan busana yang menarik dan unik yang di bawakan oleh model-model dari warga jember sendiri, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Dalam even karnaval busana ini, bukan hanya wisatawan domestik saja yang menyaksikan, namun banyak juga wisatawan mancanegara.

Namun Jember sendiri sering dikunjungi oleh banyak sekali wisatawan bukan karena even karnaval busana yang bernama JFC yang sudah sangat populer tersebut yang diselenggarakan setiap tahunnya untuk memeriahkan HUT Republik Indonesia saja, namun para wisatawan tersebut juga ingin menikmati keindahan alam yang tersebar luas di Kabupaten Jember maupun menikmati kuliner khas yang dimiliki oleh Jember. Banyak sekali destinasi wisata yang ada di kabupaten jember, mulai dari wisata gunung, air terjun, pantai, kebun, waterboom dan waterpark maupun Taman Nasional yang berada di Kabupeten Jember yang bernama Taman Nasional Meru Betiri yang masih banyak menyimpan flora dan fauna yang unik.
 
Jember Kota Dengan Sejuta Pesona Yang Menarik

Untuk kuliner yang ada di Kabupaten Jember juga sangat unik dan menarik untuk kita coba yang akan membuat kita ingin kembali lagi untuk mencicipi kuliner khas yang ada di Kota Jember. Kuliner-kuliner khas Jember tersebut antara lain Ayam Pedas, Bakso Kabut, Bakso Sukir, Pecel Gudeg, Pecel Pincuk Garahan. Bukan hanya kuliner saja yang dimiliki oleh Jember, namun anda juga bisa membawa oleh-oleh untuk anda bawa pulang seperti Suwar-suwir, Prol Tape, Pia Tape, Brownies Tape, Dodol Tape, Kedelai Edamame.
 
Jember Kota Dengan Sejuta Pesona Yang Menarik

Tidak ketinggalan juga ada beberapa kesenian yang dimiliki oleh Jember, antara lain Can macanan Kadhuk, Patrol, Egrang Tanoker, Batik Jember. Tempat wisata di Kabupaten Jember juga sangalah indah dan tidak kalah dengan tempat-tempat wisata di daerah lainnya di Indonesia. Anda dapat menikmati keindahan tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Jember dengan karcis yang sangat murah, namun dengan keindahan alam yang bukan murahan. Berikut ada beberapa destinasi wisata yang ada di kabupaten jember yang sangat eksotis, yang patut untuk anda kunjungi, yaitu antara lain :

WISATA PANTAI :
Pantai Payangan, Pantai Watu Ulo, Pantai Tanjung Papuma, Pantai Puger, Pantai Paseban, Pantai Bandealit dan Teluk Love.

WISATA GUNUNG :
Air Terjun Tancak, Air Terjun Kali Klepuh, Air Terjun Mailang, Air Terjun Tancak Tulis, Air Terjun Mandigu, Air Terjun Antrokan, Air Terjun Anjasmoro, Air Terjun Watu Ondo.

WISATA PEMANDIAN :
Tiara Jember Park, Pemandian Oleng Sibutong, Waterboom Happy Fun 1 dan 2, Dira Park, Niagara Waterpark, Pemandian Patemon, Pemandian Rembangan.

WISATA SEJARAH :
Situs Sejarah Megalitikum Kecamatan Arjasa, Situs Sejarah Candi Deres Kecamatan Gumukmas.

WISATA KEBUN :
Taman Botani Sukorambi, Wisata Agro Glantangan, Taman galaxy Tempurejo.

Selain tempat wisata yang sangat menarik tersebut, Kabupaten Jember juga memiliki banyak pusat-pusat perbelanjaan, hotel, tempat pendidikan, rumah sakit dan gelanggang olahraga. Jadi bagi anda yang ingin menghabiskan akhir pekan atau liburan yang anda miliki bersama teman maupun keluarga, tidak ada salahnya anda berkunjung ke Kabupaten Jember, sebuah Kota dengan sejuta pesona yang sangat menarik dan unik.

2 comments:

  1. Halo mas?? Eh iya.. boleh tanya2 gak, wisata kuliner yang paling ekstrim di Kota Jember itu apa ya?? Sya penasaran nich dan juga pngn banget berkunjung ke Kota Jember setelah membaca-baca di JemberBagus ini. Salam kenal ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yang ekstrim2, kuliner di Jember belum ada mbak, tapi kalau kuliner khas Jember maupun oleh2 banyak di Jember. Terima kasih atas kunjungannya... :)

      Delete