10 Cara Jitu Memilih Durian Nikmat

Durian merupakan buah berduri yang memiliki bau yang begitu khas. Durian adalah tumbuhan tropis yang berasal dari Asia Tenggara, nama dari buah durian ini di ambil dari ciri-ciri kulit buahnya yang begitu keras serta berlekuk-lekuk tajam, yang menyerupai duri. Durian sendiri juga memiliki nama lain yang sangat populer yaitu " Raja Dari Segala Buah". Buah Durian ini terbilang sangatlah kontroversial, karena walaupun banyak sekali orang yang menyukai buah yang satu ini, namun tidak sedikit pula orang yang muak dengan aroma dari Sang Raja Buah ini. Bagi pecinta buah durian ini, tentu akan sangat paham dalam memilih durian yang baik dan nikmat pada saat membeli. Namun bagi anda yang suka dengan buah durian ini, tapi tidak tahu cara memilih durian ketika akan membelinya, berikut ada 10 cara jitu yang dapat anda gunakan dalam memilih buah durian yang baik juga nikmat, agar anda tidak tertipu.

1. PILIHLAH DURIAN YANG MEMILIKI BENTUK BULAT
10 Cara Jitu Memilih Durian Nikmat
Pertama-tama untuk memilih buah durian yang baik dan nikmat, maka pilihlah durian yang memiliki bentuk bulat. Karena durian dengan bentuk bulat menandakan daging buahnya besar dan banyak. Jika bentuk dari durian tersebut lonjong, biasanya hanya memiliki daging buah yang sangat sedikit, jadi pilihlah durian dengan bentuk bulat.

2. JANGAN MELIHAT FISIKNYA
10 Cara Jitu Memilih Durian Nikmat
Buah durian ini memiliki beragam warna, muali dari hijau, kuning hingga kecoklatan. Durian yang banyak tumbuh di Negara Indonesia biasanya biasanya berwarna hijau tersebut telah matang. Jadi setiap warna dari buah durian tersebut belum tentu mempresentasikan kualitas dari durian itu sendiri. So...!!! Sekali lagi jangan melihat fisiknya saja.

3. BUNYI DARI DURIAN
10 Cara Jitu Memilih Durian Nikmat
Selain bentuk dan fisik dari durian tersebut, untuk dapat memilih buah durian yang baik dan nikmat juga dapat ditentukan dari bunyi durian itu sendiri. Caranya yaitu dengan memukul-mukulnya, jika bunyinya berat atau tidak kencang, maka durian tersebut sudah matang dan siap untuk anda santap. Namun sebaliknya, jika durian tersebut berbunyi kencang, maka durian tersebut belum matang.

4. PILIHLAH DURIAN YANG TANGKAINYA PENDEK ATAU LEBAR
10 Cara Jitu Memilih Durian Nikmat
Tangkai dari durian dapat menggambarkan tipis atau tebalnya daging dari buah durian tersebut. Karena tangkai ini merupakan pembuluh Karbohidrat dari batang pohon durian.

5. PILIHLAH DURIAN YANG MEMILIKI DURI JARANG DAN PENDEK
10 Cara Jitu Memilih Durian Nikmat
Durian yang memiliki duri panjang dan pendek ini menandakan bahwa durian tersebut kering, namun jika durian tersebut memilih duri yang cukup banyak dan panjang biasanya daging buahnya lembek dan becek.

6. PILIHLAH DURIAN YANG RINGAN
10 Cara Jitu Memilih Durian Nikmat
Selain kulit dari buah durian tersebut yang merupakan komponen yang menjadikannya berat, biji dari durian juga salah satunya. Jadi durian yang ringan biasanya akan lebih banyak memiliki daging buahnya.

7. PERHATIKANLAH MUSIM DAGING BUAHNYA
10 Cara Jitu Memilih Durian Nikmat
Musim dari durian ketika tumbuh juga sangat mempengaruhi kualitas daging buahnya. Nah, sangat disarankan untuk dapat menikmati kelegitan buah durian ini adalah ketika musim kemarau.

8. AROMA DARI DURIAN
10 Cara Jitu Memilih Durian Nikmat
Selain cara-cara diatas, salah satu cara yang tidak dapat dilupakan adalah mencium aroma dari buah durian tersebut. Jika dicium aromanya sangat wangi, walaupun durian tersebut belum di buka, berarti buah durian tersebut sudah matang dan siap untuk anda nikmati.

9. HATI-HATI, JANGAN MEMILIH DURIAN YANG KULITNYA SUDAH TERBUKA
10 Cara Jitu Memilih Durian Nikmat
Perhatikan dengan seksama bagian dari bawah durian tersebut, apakah sudah terbuka atau belum. Karena jika sudah terbuka, maka rasa dari buah durian tersebut akan terasa hambar.

10. PILIH BUAH DURIAN BERJURING LIMA
10 Cara Jitu Memilih Durian Nikmat
Buah durian yang sangat ideal memiliki lima juring (kamar-kamar) yang di isi oleh biji dan daging buahnya, namun jika juring dari buah durian tersebut berjumlah enam atau bahkan lebih maka buah durian tersebut akan lebih sedikit memiliki jumlah daging buahnya.

No comments