Jember Juga Punya Batik Yang Tidak Kalah Bagusnya

Batik merupakan budaya leluhur yang di miliki oleh bangsa Indonesia yang telah di akui dunia dengan keberagam corak yang di miliki batik-batik dari seluruh penjuru Indonesia. Sebagai warga Indonesia, seharusnya kita bangga dan ikut serta melestarikan batik sebagai warisan leluhur tersebut agar tetap ada sampai anak cucu kita nantinya. Dengan banyaknya minat dari para pengguna batik, baik itu dari dalam negeri maupun luar negeri, batik sendiri pada saat ini selain memiliki corak yang tambah beragam, batik juga bukan anya di buat di atas kain saja seperti biasanya, namun kini batik juga di buat di berbagai barang seperi jaket, sepatu, tas, sarung bahkan boneka. Motif batik ini dibentuk dengan menggunakan cairan lilin yang menggunakan alat bernama canting untuk motif halus, atau menggunakan kuas untuk motif batik yang berukuran besar. Dengan demikian maka cairan lilin dapat meresap ke dalam serat kain tersebut. Kemudian, kain yang telah di lukis dengan menggunakan lilin tersebut, lantas dicelup dengan warna yang di inginkan. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua maupun gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik tersebut dicelupkan ke dalam bahan kimia dengan tujuan melarutkan lilin.
 
Jember Juga Punya Batik Yang Tidak Kalah Bagusnya

Untuk batik yang di hasilkan oleh Kabupaten Jember yang berada di Desa Sumberpakem, Kecamatan Sumberjambe dan yang berada di Kelurahan Jemberlor, Kecamatan Patrang memiliki motif yang terbilang unik dan menarik. Motif-motif yang di lukiskan pada batik Jember ini antara lain tembakau, biji kopi, buah cokelat/kakao dan buah naga dengan warna-warna yang menarik dan tentunya khas Jember.

Dengan kayanya warna pada batik Jember, maka selera pasar yang menginginkannya sangatlah tinggi, seperti warna batik yang sangat kontras buatan Jember ini banyak di buru di pasar Kabupaten Lainnya, seperti Bondowoso, Situbondo dan Lumajang. Sedangkan untuk warna batik yang soft dan senada banyak di buru serta di sukai oleh pasar regional seperti Surabaya, Malang, Lampung, Bogor, bahkan sampai Jakarta. Bukan hanya itu saja pangsa pasar dari batik Jember ini juga sudah menembus luar negeri, mulai dari Asia Tenggara hingga Belanda dan Amerika Serikat, sangat hebat bukan...???. Dengan banyaknya pasar yang menginginkan produk batik yang di hasilkan oleh Kabupaten Jember ini, maka salah satu Pioneer Batik Jember memiliki cita-cita untuk menjadikan Kabupaten Jember sebagai Kabupaten penghasil batik tulis terbesar di wilayah Provinsi Jawa Timur.
 
Jember Juga Punya Batik Yang Tidak Kalah Bagusnya

Untuk harga batik Jember sendiri sangat bervariasi, tergantung dari bahan dasar kain yang di gunakan, semakin bagus bahan dasarnya tentu semakin mahal pula harga batik tulis produksi Kabupaten Jember ini. Jika kita lihat harga-harga dari batik Jember yang paling murah, sekitar Rp. 75.000,- dan yang paling mahal berkisar antara Rp. 1.500.000,- per lembarnya. Jika pesanan batik Jember ini sangat banyak, maka seorang pembatik dapat membuat 2 sampai dengan 3 potong batik perharinya.

Jika batik Jember terus berkembang pesat, maka banyak sekali keuntungan yang akan di dapatkan oleh Kabupaten Jember, mulai dengan banyaknya peluang kerja dari sentra batik ini sampai dengan pendapatan penduduk Kabupaten Jember sendiri. Jika batik Jember juga sampai terkenal di seluruh Indonesia bahkan di dunia, tidak menutup kemungkinan Kabupeten Jember akan banyak di kunjungi oleh para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Jember.

No comments