Beragam Vitamin Yang Diperlukan Oleh Tubuh

Mungkin ada orang akan heran bila mengetahui bahwa vitamin bukannya makanan. Bukan pula sesuatu yang di sebut pengganti makanan. Jika kita tidak makan apa-apa kecuali vitamin saja, kita akan segera mati kelaparan. Vitamin tidak memberi tenaga, dan tidak pula membangun jaringan yang sudah rusak. Meskipun demikian, tanpa vitamin kita tidak dapat hidup. Vitamin perlu, dan memegang peranan dalam semua reaksi kimia yang penting di dalam tubuh. Kebanyakan reaksi sel di teruskan melalui enzima, tiap-tiap enzima bertanggung jawab atas beberapa reaksi kimia sendiri. Enzima terdiri dari persenyawaan vitamin dan mineral, semuanya bersatu padu dalam keadaan yang amat sukar di selami. Jika hanya satu vitamin yang hilang, enzima itu tidak dapat di bentuk dan beberapa fungsi tubuh yang penting tidak dapat di laksanakan. Inilah sebabnya mengapa vitamin amat perlu untuk kesehatan.

Dari manakah asalnya vitamin? Mula-mula sekali vitamin itu di bentuk di dalam tanaman dan terdapat di dalam semua makanan segar. Tetapi beberapa vitamin mudah hilang bila di mask terlalu lama, terutama vitamin C. Mengeringkan atau membiarkan makanan di panas matahari dan angin dapat pula mengakibatkan hilangnya vitamin. Vitamin lain tidak mudah rusak dan dapat tahan bila di masak dan direbus tanpa mengalami perubahan. Tetapi baik vitamin maupun mineral banyak yang di buang sesudah makanan di mask. Hal ini yang haus di pahami oleh stuap Ibu. Dari pada membuang zat makanan itu ke dalam bak cuci, lebih aik ia menggunakan air rebusan itu untuk membuat sup, kaldu, saus dan lain-lain. Dengan demikian seluruh keluarga  akan menikmati manfaat yang lebih besar dari makanan yang di sajikan untuk mereka.
 
Beragam Vitamin Yang Diperlukan Oleh Tubuh

Vitamin berfungsi dalam berbagi-bagai cara, dan sering erat sekali hubungannya satu dengan yang lain dalam reaksinya di dalam tubuh. Kebanyakan vitamin tidak terdapat sendirian di dalam makanan, melainkan berpasang-pasanan atau berkelompok-kelompok, sehingga jika yang satu tidak ada, yang lain juga tidak ada. Kita hanya dapat meringkaskan fungsinya yang sebenarnya di dalam tubuh. Di bawah ini terdapat daftar Vitamin utama dan gunanya.

1. VITAMIN A
Vitamin A adalah vitamin kecantikan dengan adanya vitamin ini, kulit tetap licin dan halus. Vitamin ini juga di perlukan untuk lapian selaput lendir pada hidung, kerongkongan, cabang tenggorok, serta seluruh saluran pencernaan, kandung kemih, ginjal dan organ-organ dalam rongga panggul. Vitamin A menolong dalam pertumbuhan tulang dan gigi yang normal, terutapa pada anak-anak dan remaja. Bila tidak ada Vitamin A, kulit menjadi tebal dan kasar, mata kelihatan suram dan tidak bercahaya. Infeksi terjadi di berbagai bagian tubuh. Batu ginjal dan kandung kemih lebih lazim terdapat pada orang yang makanannya kekurangan Vitamin A. Vitamin ini menolong memerangi penyakit menular. Vitamin ini menjadikan mata terang dan menolong kita untuk melihat di dalam terang yang samar-samar. Vitamin A di bentuk dari suatu zat kimia yang di sebut carotene, yang terdapat di dalam semua sayur daun, dan juga di dalam wortel, ubi jalar, labu siam, labu, abrikos, buah perzik, adpokat, semangka. Carotene lekas sekali di serap oleh tubuh dan kemudian di simpan di dalam hati dan di situlah di ubah menjadi Vitamin A untuk di gunakan di mana saja di perlukan.

2. VITAMIN B COMPLEX
Para peneliti yang mula-mula sekali, setelah menemukan zat yang mereka namakan vitamin B, amat keheran-heranan waktu menemukan beberapa jenis vitamin dalam kelompok ini. Sebenarnya lebih dari selusin jenis vitamin ini, semuanya berbeda-beda dan melaksanakan berbagi macam jenis fungsi. Kebanyakan vitamin B ini bekerja bersama-sama untuk kegunaan tubuh. Karena eratnya hubungan antara vitamin-vitamin ini, maka nama yang di berikan kepadanya ialah vitamin B complex. Biji-bijian seperti beras, gandum dan jelai semuanya mengandung vitamin B complex, tetapi vitamin ini terutama terdapat pada kulit arinya. Ini berarti bahwa beras yang sudah di putihkan telah kehilangan sebagian besar dari vitamin yang penting ini. Demikian juga halnya dengan tepung putih dari gandum. Memang benar bahwa beberapa perusahaan penggilingan tepung menambahkan berjenis-jenis vitamin dan kemudian menamainya tepung yang sudah Diperkaya Dengan Vitamin-vitamin, tetapi ini tidak pernah sama dengan biji-bijian asli, bila di tinjau dari segi vitamin dan mineral.

3. VITAMIN B 1 (THIAMINE)
Thiamine atau vitamin B1 merupakan salah satu vitamin penting yang sangat di perlukan oleh tubuh. Vitamin ini memasuki hampir setiap reaksi kimia di dalam tubuh. Tanpa thiamine, sel tidak dapat menggunakan oksigen atau bahan bakar untuk tenaga. Susunan urat saraf tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa thiamine, dan otot-ototpun tidak dapat bekerja sebaik-baiknya. Bila makanan tidak mengandung thiamine, segala jenis nyeri otot terasa di seluruh tubuh. Urat saraf mudah terganggu dan orang itu menderita gangguan pencernaan, perasaan lemah, kekurangan darah dan kehilangan nafsu makan. Inilah penyakit yang serius yang di sebut beriberi. Orang yang sudah lama ketagihan minuman keras dan orang yang hidup dengan makanan yang serba kurang sering mengalami penyakit beriberi. Banyak orang mengeluh karena perasaan lelah dan mudah marah, tetapi sebenarnya mereka menderita kekurangan thiamine atau vitamin B1. Sumber terbaik untuk Vitamin B1, ialah bibi-bijian yang masih berkulit ari, kecambah gandum, sayur-sayuran, kacang-kacangan kering, ercis dan lain-lain.

4. VITAMIN B2 (RIBOFLAVIN)
Riboflavin atau vitamin B2, di perlukan untuk enzima dan memungkinkan tubuh untuk menggunakan hidrat arang. Bila riboflavin tidak ada di dalam makanan, retakan timbul pada sudut mulit. Mungkin bibir akan merah mengkilat yang tidak normal, mata seakan-akan terbakar dan lidah berwarna ke ungu-unguan. Sumber yang terbaik untuk mendapatkan vitamin B2 ialah susu, telur, ercis, kacang-kacangan, ragi, biji-bijian yang masih berkulit ari dan sayur daun hijau. Vitamin yang ada di dalam makanan yang saya sebutkan di atas tadi akan mudah hilang jika di masak dengan terlalu banyak air.

5. NIACIN DAN ASAM NICOTINIC
Niacin penting untuk kulit dan juga untuk susunan urat saraf pusat. Kekurangan niacin akan mengakibatkan suatu penyakit yang disebut pellagra. Kulit menjadi kasar dan pasien menderita kehilangan tenaga berangsur-angsur. Ia mungkin melalui masa tekanan mental yang di sebut lemah saraf. Lambat laun kulit menjadi coklat kemerah-merahan, kasar, mudah terkupas dan berwarna tua. Nyeri timbul di lidah dan mulut serta kerongkongan seakan-akan terbakar. Pasien mengeluh karena kegugupan, pening, tidak dapat tidur dan otot yang lemah. Tangan dan kaki merasa kaku dan tinja berbau busuk. Bila penyakit ini di biarkan berlarut-larut , pasien akan mengalami perasaan berkhayal, mengigau dan pikiran kacau. Semua gejala ini terlihat pada orang yang sudah lama ketagihan minuman keras. Pencegahan tidak sukar. Makanan yang seimbang yang mengandung cukup niacin. Makan seperti susu, telur, buah-buahan, sayur-sayuran hijau yang masih segar dan biji-bijian yang belum di putihkan biasanya memberi cukup niacin untuk memelihara kesehatan. Pellagra yang belum hebat boleh di rawat di rumah. Tetapi bila sudah parah, jauh lebih baik pasien itu di rawat di rumah sakit. Pyridoxine (vitamin B6) erat sekali hubungannya dengan vitamin B complex yang lain. Vitamin ini terdapat di dalam biji-bijian yang masih ada kulit arinya dan kebanyakan makanan segar. Bila kekurangan vitamin ini, bayi kecil mungkin mengalami penyakit kejang (convulsia). Orang dewasa menderita perasaan gugup dan mudah tersinggung. Vitamin ini terdapat di dalam susu yang sudah melalui proses pasteurisasi dan susu kental.
 
Beragam Vitamin Yang Diperlukan Oleh Tubuh

6. VITAMIN B12
Vitamin B12 amat penting dalam pembuatan sel darah merah. Bila seseoarang kekurangan vitamin ini, ia akan menderita berbagi jenis anemia. Pasien itu mungkin merasa nyeri, gelenyar dan kaku pada tangan dan kaki dan mungkin mengalami setengah lumpuh. Vitamin B12 berguna untuk merawat penyakit tropical sprue dan anemia perniciosa. Makanan yang seimbang biasanya berisi cukup vitamin B12. Suntukan vitamin B12 berguna untuk menaikkan kadar darah.

7. VITAMIN C (ASCORBIC ACID)
Vitamin C, atau ascorbic acid, merupakan vitaminpenyembuhan yang mustajab. Vitamin ini berguna sekali bagi mereka yang menderita infeksi hebat atau penyakit yang sudah berlarut-larut. Kekurangan vitamin C mengakibatkan suatu penyakit yang serius yang di sebut scorbut. Gejala-gejala scorbutus ialah di sekeliling gusi berdarah dan tulang terasa nyeri bila di sentuh. Bintik-bintik pendarahan terjadi di bawah kulit dan gigi mungkin menjadi goyah dan jatuh. Scorbut sering di alami oleh wanita yang sedang mengandung, ibu yang menyusui dan orang yang hidup dengan makanan yang sangat terbatas.

8. VITAMIN D
Vitamin D di perlukan untuk pertumbuhan tulang yang kuat dan sehat. Fungsinya yang utama ialah untuk memelihara konsentrasi kalsium dan fosfor yang tepat di dalam tubuh. Hal ini penting sekali bagi bayi dan anak kecil yang tulang-tulangnya masih tumbuh dengan cepat. Kekurangan vitamin D mengakibatkan kelainan bentuk yang serius pada tulang-tulang. Keadaan seperti ini di sebut rachitis. Tulang menjadi lunak dan mudah menjadi bengkok. Oleh tarikan otot-otot yang tidak henti-hentinya, persendian kehilangan bentuknya dan tidak dapat agi berfungsi sebagaimana fungsinya.

9. VITAMIN E
Vitamin E erat hubungannya dengan fungsi pembiakan tubuh. Vitamin inipun mempengaruhi otot-otot dan mungkin jantung juga. Banyak ahli menyatakan tentang faedah vitamin E, tetapi kegunaan vitamin ini yang sebenarnya masih belum di buktikan. Pekerjaannya di dalam tubuh belum di ketahui dengan pasti. Vitamin E banyak terdapat di biji-bijian yang masih memiliki kulit ari.

10. VITAMIN K
Vitamin K perlu sekali untuk pembekuan darah. Kekurangan vitamin ini mengakibatkan pendarahan yang tidak henti-hentinya dan anemia yang hebat. Vitamin K rupanya mengontrol produksi prothrombin di dalam hati. Vitamin ini banyak sekali di dalam sayur-sayuran hijau dan juga di dalam kedelai dan tomat.

No comments