Cara Membuat Ruang Terbuka Hijau Untuk Rumah Sempit

Luas suatu lahan yang sangat terbatas, semestinya bukan menjadi suatu halangan untuk memiliki sebuah ruang terbuka hijau untuk rumah tinggal yang anda miliki. Dengan adanya sebuah ruang terbuka hijau di dalam rumah tinggal memiliki fungsi untuk menjaga sirkulasi udara agar tetap baik dan segar, sehingga menjadikan suhu yang berada di dalam rumah tersebut tetap nyaman. Selain berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara, ruang terbuka hijau ini juga bermanfaat bagi setiap penghuninya untuk relaksasi maupun tempat rekreasi sejenak yang begitu menyenangkan.

Bagi anda yang memiliki jadwal pekerjaan yang begitu padat, anda juga dapat mengaplikasikan ruang terbuka hijau ini pada sebuah ruangan yang anda inginkan agar mendapatkan suasana yang begitu damai dan nyaman. Keterbatasan akan lahan menjadi tantangan tersendiri yang begitu menyenangkan untuk dapat memanfaatkan dengan maksimal luas area yang sempit tersebut menjadi sebuah ruang terbuka hijau. Namun yang terpenting adalah pengetahuan dasar mengenai berbagai jenis tanaman yang cocok serta cara perawatannya, terutama jika letak dari taman dalam rumah tersebut tidak terkena sinar matahari langsung. lalu cara apa saja yang dapat anda lakukan untuk menciptakan sebuah ruang terbuka hijau pada sebuah rumah dengan lahan sempit/terbatas, berikut ulasannya.

1. TAMAN GANTUNG (HANGING GARDEN)
Cara Membuat Ruang Terbuka Hijau Untuk Rumah Sempit
Salah satu yang dapat anda lakukan untuk memaksimalkan luas area yang sempit pada hunian anda, sebagai ruang terbuka hijau adalah dengan memanfaatkan berbagai macam botol bekas atau pipa pembuangan air yang disusun mapun digantung pada dinding. Metode taman gantung ini memiliki perawatan yang sangat mudah serta biaya yang cukup murah dalam pembuatannya.

2. TAMAN ATAP (ROOF GARDEN)
Cara Membuat Ruang Terbuka Hijau Untuk Rumah Sempit
Selain taman gantung diatas, juga ada cara lainnya untuk menciptakan sebuah ruang terbuka hijau, yaitu dengan cara membuat sebuah taman atap. Taman atap ini merupakan sebuah teknik menanam beragam tanaman pada bagian atap rumah, kanopi teras maupun carport. Tanaman yang dapat anda tanam untuk taman atap ini adalah jenis-jenis tanaman yang tahan akan sinar matahari, yang tidak banyak membutuhkan air serta tidak berakar ganas. Namun untuk membuat taman atap ini, anda juga perlu memperhatikan sistem drainase dari sisa penyiraman tanaman tersebut.

3. TAMAN VERTIKAL (VERTICAL GARDEN)
Cara Membuat Ruang Terbuka Hijau Untuk Rumah Sempit
Kreatifitas dalam mendesain sebuah taman vertikal pada saat ini memang jauh berkembang pesat dan mungkin sudah banyak orang yang sudah mengaplikasikannya taman vertikal ini pada rumah tinggal mereka. Taman vertikal ini merupakan sebuah cara dengan pemanfaatan bidang vertikal pada dinding untuk area menanam tanaman. Tapi taman vertikal ini membutuhkan media serta teknik khusus dan salah satu metode yang sering digunakan, yaitu "Hidroponik".

Indah dan sangat menarik bukan, beberapa cara di atas untuk membuat ruang terbuka hijau di dalam rumah tinggal anda yang memiliki area/luas yang terbatas. Bagaimana...??? Anda mau mencobanya...???

No comments