Raja Pisang Dari Papua Sebagai Pisang Terbesar Di Dunia

Indonesia memang negeri yang memiliki sejuta pesona yang tak akan pernah habis untuk di bahas. Tentu kita sebagai bagian dari bangsa ini patut untuk berbangga atas semua keanekaragaman kultur budaya dan alam nusantara ini. Mari kita bergeser ke wilayah timur indonesia, tepatnya di Papua,daerah yang di kenal sebagai mutuara hitam ini tampaknya mempunyai harta warisan alam yang sangat menarik. terdapat satu jenis flora yang kabarnya berbeda, adalah Pisang raksasa yang konon bisa mencapai ukuran pohon 18 meter dan hanya ada di tanah papua. Musa ingens adalah nama pisang raksasa tersebut yang belakangan ini santer di bahas di berbagai media, pisang Musa ingens ini adalah jenis pisang terbesar di dunia, ukurannya jauh melampaui ukuran pisang pada umumnya, bukan karna kelainan genetik tapi memang spesies ini adalah murni spesies giant bananna. Ukuran buah pada pisang jenis ini seukuran paha orang dewasa dan panjangnya mencapai 20 cm lebih. jika pada ukuran pohon pisang normal berada pada angka maksimal 3-4 meter, maka lain halnya dengan si Musa, pohan pisang Musa ingens di taksir mencapai tinggi 18 meter dan bahkan hingga 25 meter serta berdiameter pohan 2 meter, batang daun berukuran 5 meter dan lebar daun sekitar 1,5 meter.Ini nyata adanya, bisa di katakan ini fenomena langka karna selain di papua Pisang ini tidak di temukan dan keberadaannya di papuapun belum terlalu masiv. 
Raja Pisang Dari Papua Sebagai Pisang Terbesar Di Dunia
Musa ingens berasal dari papua nugini. Pisang ini pertama kali di temukan di pegunungan Arfak,papua barat. Menurut warga sekitar khususnya di kabupaten fakfak, pohan pisang tersebut bisa terlihat dari jarak puluhan meter dari lokasi kita melihat.masyarakat menyebut tempat di temukannya pohon pisanng ini dengan nama weyya dan masif di wilayah kabupaten fakfak, meski medan menuju lokasi itu sedikit sulit tapi masih memeungkinkan untuk di tempuh dengan berjalan kaki karna kondisi jalannya bertebing,curam dan menanjak.

KLASIFIKASI
  • Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
  • Sub Kelas: Commelinidae
  • Ordo: Zingiberales
  • Famili: Musaceae (suku pisang-pisangan)
  • Genus: Musa
  • Spesies: Musa paradisiaca.

Sesuai dengan habitat asli pisang ini yang tumbuh di ketinggian 1000 Mdpl, pisang ini banyak tumbuh di wilayah pegunungan.Pisang ini pertama kali ditemukan di Papua Nugini oleh Jeff Daniells pada 1989,Bermula saat ia berkunjung ke indonesia untuk riset tentang tanaman langka pada bulan november bekerja sama dengan Dewan Internasional Sumber Daya Genetik.
Raja Pisang Dari Papua Sebagai Pisang Terbesar Di Dunia

Selain jeff ada orang lain yang menemukan dan menyebarkan berita dan mengunggah foto-foto tentang pisang ini di media sosial dan kemudian pisang ini menjadi perbincangan hangat para netizen,adalah seorang botanis dan sekaligus fotografer asal Kuching, dia orang  Malaysia lulusan Universitas California Santa Cruz. Pria yang menyandang dengan Ch'ien C. Lee ini diketahui berkunjung ke pegunungan Arfak pada bulan Agustus. Satu lagi koleksi berharga untuk indonesia dan hal ini jelas akan menjadi kebanggan bagi warga papua,bukan tidak mungkin suatu saat fenomena ini akan mengangkat nama papua di mata dunia atau bahkan papua akan menjadi wilayah destinasi wisata flora bertaraf internasional.
Raja Pisang Dari Papua Sebagai Pisang Terbesar Di Dunia

Jika anda belum puas dengan hanya sekedar membaca artikelnya, anda bisa langsung mengunjungi pisang ini di papua di wilayah pegunungan arfak, kabupaten fakfak Papua. jika anda kesana anda bisa sekaligus mencicipi si pisang raksasa ini,tapi anda harus terbiasa dengan perjalanan yang menegangkan, karna medan jalan di daerah papua kebanyakan ekstream.

Demikian ulasan mengenai pisang raksasa Musa Ingens, mudah-mudahan infarmasi ini dapat memeberi manfaat dan pengaruh positif bagi para pembaca.

No comments