Ini Nih 8 Tempat Wisata Yang Pas Buat Mengisi Libur Panjangmu

Menyambut long weekend di bulan ini, bagi anda warga asli Jember ataupun pelancong yang sengaja datang untuk berlibur ke Jember, berikut ini beberapa referensi tempat wisata untuk mengisi libur panjang anda di Jember :

1. PANTAI PAPUMA
Long Weekend Di Jember!!! Ini Nih 8 Tempat Wisata Yang Pas Buat Mengisi Libur Panjangmu
Adalah salah satu ikon kebanggaan Jember. Pantai Papuma  ini berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Pantai ini berada kurang lebih 30 Km dari pusat kota Jember atau sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota. Pantai Papuma memiliki pasir putih yang indah dan berombak kecil, sehingga memungkinkan pengunjung untuk bermain di tepi pantai bersama keluarga, keberadaan beberapa rimbunan pepohonan yang ada di sekitar tepi pantai dan beberapa kera liar yang berkeliaran mendekati wisatawan menambah kesan alam yang natural. Tempat wisata Jember yang satu ini adalah pilihan paling tepat bagi Anda yang ingin melepaskan diri dari kepenatan dan rutinitas pekerjaan sehari-haari, yang sangat cocok untuk mengisi liburan anda dan keluarga. Di sekitar pantai juga terdapat gua yang sering dikunjungi oleh para wisatawan, gua tersebut adalah goa lowo dan goa Jepang. Jika anda ingin mendapatkan spot photo yang bagus dengan background pantai papuma secara keseluruhan maka anda harus menaiki bukit terlebih dahulu, Oleh masyarakat sekitar disebut Siti Hinggil yang berarti daratan tinggi. Siti Hinggil ini berupa bukit rindang yang dapat dijangkau dengan menaiki puluhan anak tangga di antara rindangnya pepohonan. Dari bukit ini maka anda bisa melihat Papuma secara keseluruhan.

2. PANTAI WATU ULO
Long Weekend Di Jember!!! Ini Nih 8 Tempat Wisata Yang Pas Buat Mengisi Libur Panjangmu
Pantai ini terletak tidak jauh dari Pantai Papuma, namun walaupun berdekatan terdapat perbedaan yang mencolok yaitu pasir pantai Watu Ulo ini hitam, berbeda dengan Pantai Papuma yang berpasir putih, dan ombaknya pun lebih besar di Pantai Papuma. Nama Watu Ulo sendiri tercipta karena di pantai ini terdapat susunan bebatuan (watu) yang memanjang seperti ular (ulo). Bebatuan tersebut tersusun mulai dari pesisir pantai sampai ke tengah laut, maka orang sekitarpun menyebutnya Watu Ulo. Untuk menikmati keindahan pantainya, disini sudah banyak disewakan tempat duduk pantai yang sangat nyaman untuk bersantai dengan menikmati aneka makanan yang dijual di sekitar, Selain itu banyak juga toko yang menjual aneka kerajinan yang bahan dasarnya diambil dari laut. Terdapat acara yang unik setiap tahunnya di pantai ini, yaitu acara pekan raya yang selalu diadakan setiap tahun di pantai ini pada tanggal 1-10 syawal atau setelah hari raya lebaran. Pada pekan raya tersebut, masyarakat datang ke laut untuk melaksanakan prosesi persembahan dengan melarung sesaji ke tengah laut sebagai wujud rasa syukur mereka.

3. TAMAN BOTANI
Long Weekend Di Jember!!! Ini Nih 8 Tempat Wisata Yang Pas Buat Mengisi Libur Panjangmu
Taman Botani Jember atau Taman Botani Sukorambi terletak di Jalan Mujahir, Sukorambi, Jember, sekitar 7 kilometer di sebelah barat laut dari Kota Jember. Taman ini menawarkan suasana rekrasi yang lengkap bagi keluarga, untuk wisata edukasi pun sangat memungkinkan, Kelebihan dari Taman ini adalah beberapa koleksi hewan dan tumbuhannya, yaitu terdapat lebih dari 300 spesies tanaman herbal, sekitar 200 spesies bunga dan buah-buahan. Beragam hewan, termasuk kuda, kelinci, dan burung juga dipelihara di taman ini Selain tempat wisata alam flora dan fauna, taman botani ini juga memiliki kolam ikan, kolam renang, baik untuk dewasa maupun anak-anak, resoran dua lantai dan kafe, perpusatkaan yang berisi 500 buku dan jurnal, ruang pertemuan (hall), dan juga ada fasilitas flying fox-nya juga loh.

4. TIARA WATERPARK
Long Weekend Di Jember!!! Ini Nih 8 Tempat Wisata Yang Pas Buat Mengisi Libur Panjangmu
Tiara waterpark berlokasi jalan kaliurang, Sumbersari, kota Jember. Adalah tempat rekreasi keluarga untuk bermain berbagai wahana air. Tiara waterpark menawarkan suasana bermain yang sangat mengasyikkan dengan berbagai fasilitas yang tidak kalah dengan tempat rekreasi keluarga pada umumnya. Terdapat 3 jenis slider dengan ukuran yang berbeda pada 3 kolam renangnya, Slider tertinggi disini memiliki ketinggian kurang lebih 7,5 Meter. Untuk anggota keluarga yang tidak ikut bermain air, tidak usah risau, karena di sekitar kolam renang juga terdapat pondok yang berderet untuk santai atau bahkan untuk istirahat setelah lelah bermain air. Tiara Waterpark buka hingga pukul 10 malam dan untuk tiket masuk Tiara Waterpark, mulai dari pukul 5 sore tidak dipungut biaya masuk untuk Non Waterboom. Selain wahana permainan, di Tiara Waterpark juga tersedia Cafe Area (free karaoke & free wifi). Tiara Waterpark ini merupakan salah satu Taman Air paling ramai dikunjungi di Jember.

5. AIR TERJUN TANCAK
Long Weekend Di Jember!!! Ini Nih 8 Tempat Wisata Yang Pas Buat Mengisi Libur Panjangmu
Air Terjun ini terletak di daerah perbukitan Tancak, Desa Suci, Kecamatan Panti, sekitar 16 kilometer arah barat daya kota Jember. Anda akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat Kota Jember menuju Desa Suci, tempat di mana air terjun ini berada. Perjalanan menuju lokasi air terjun dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 3 kilometer dari Desa Suci. Air Terjun Tancak memiliki ketinggial 82 m dengan debit air 150 meter kubik per detik. Air terjun ini memiliki lintasan pendakian yang aman.

6. TELUK LOVE (CINTA)
Long Weekend Di Jember!!! Ini Nih 8 Tempat Wisata Yang Pas Buat Mengisi Libur Panjangmu
Teluk Love adalah tempat wisata yang terbilang baru di jember, tepatnya di pantai selatan yang dikenal dengan pantai payangan, pantai payangan ini merupakan pantai yang cukup populer dan banyak dikunjungi para wisatawan, di pantai payangan ini anda bisa menyaksikan indahnya panorama pantai dengan deburan ombak yang terbilang cukup besar yang menerjang bebatuan cantik khas pantai payangan tersebut. Karena bentuk pantainya yang menyerupai bentuk hati atau love, maka orang sekitar menyebutnya teluk love. Untuk dapat menikmati keindahan teluk love ini bisa anda saksikan dari atas bukit yang dikenal dengan nama bukit domba, nah, untuk nama bukit domba itu sendiri diambil karena di sekitar area bukit terdapat beberapa domba yang berkeliaran.

7. AIR TERJUN 7 BIDADARI
Long Weekend Di Jember!!! Ini Nih 8 Tempat Wisata Yang Pas Buat Mengisi Libur Panjangmu
Air Terjun 7 Bidadari atau 7 air terjun rowosari jember, ini terletak di Desa Rowosari Kecamatan Sumber Jambe Kabupaten Jember. Sumber jambe ini merupakan daerah yang terletak di lereng gunung raung. Karena jalur yang ditempuh untuk mencapai 7 air terjun tersebut termasuk esktrim maka dibutuhkan kondisi tubuh yang fit, pengunjung harus menuruni lembah dan lereng bukit yang sedikit curam, namun setelah anda mampu melewati jalan tersebut maka aka merasakan indahnya air terjun yang dikelilingi oleh pepohonan, tidak hanya itu tempat wisata ini terdapat 7 sumber air terjun yang bisa anda kunjungi yang lokasinya saling berdekatan satu dengan lainnya.

8. PUNCAK REMBANGAN
Long Weekend Di Jember!!! Ini Nih 8 Tempat Wisata Yang Pas Buat Mengisi Libur Panjangmu
Puncak Rembangan terletak di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Jember, atau berjarak 15 km ke arah utara kota Jember, berada pada ketinggian 650 mdpl. Kawasan wisata Rembangan menonjolkan wisata pegunungan dan agrowisata. Di Rembangan terdapat hotel yang dibangun pada masa kolonial Belanda. Hotel berkamar 41 ini memiliki kolam renang dan kebun yang dipakai untuk beristirahat dan rekreasi. Selain itu puncak Rembangan memiliki tempat pemandian berair alami yang terawat kebersihannya.Anda dapat melihat kota Jember dan sekitarnya dari tempat ini. Pesona wisata Rembangan di Jember ini memiliki daya pikat yang kurang lebih sama seperti yang ada di tempat wisata Puncak Bogor. Di malam hari, panorama kota Jember dengan kilau lampu akan terlihat sangat menawan. Anda dapat menikmati pisang keju yang sangat lezat dan teh jahe yang spesial di Rembangan.

Itulah beberapa destinasi wisata di Kabupaten Jember yang siap untuk menemani libur panjang anda.

No comments