Pendidikan Anak Dalam Pandangan Agama Islam

Dalam agama Islam peran anak sangatlah penting, tanggung  jawat orang tua tidak hanya menafkahi saja, seperti memberimakan, membelika baju dan mencukupi kebutuhannya. Namun kita sebagai orang tua harus bisa memberikan pendidikan yang baik terutama dalam pendidikan agama dengan cara mengajarkan sholat lima waktu dan mengenalkan Allah kepada si anak iyalah yang pantas kita sembah. Tujuannya agar anak mempunyai fondasi yang kokoh jika kelak nanti dia sudah dewasa agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas. Pada dasarnya Islam memiliki cara tersendiri dalam mendidik anak.
 
Pendidikan Anak Dalam Pandangan Agama Islam
 
Dalam era modern seperti sekarang ini kebanyakan orang tua lebih mementingkan pendidikan umum seperti menyekolahkan si anak sampai ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi tanpa ada dasar sedikitpun ilmu agama yang di ajarkan. Yang saya sayangkan dari orang tua jaman sekarang itu menyekolahkan anaknya sampai dalam kejuruan tinggi alasannya Cuma agar nanti jika dia sudah dewasa dapat kerjaan dengan mudah, Saya sungguh tidak setuju dengan pemikiran pemikiran seperti ini. Boleh saja kita memberikan pendidikan umun yang terbaik pada anak kita, namun harus kita imbangi juga dengan pendidikan agama yang kuat. Jadi mulai sekarang persiapkanlah konsep seperti apa yang hendak kita terapkan dalam mendidik anak kelak. Karena pendidikan anak dalam islam memiliki aturannya tersendiri.

KEDUDUKAN ANAK DALAM PANDANGAN ISLAM :
Pendidikan anak dalam Islam sudah pasti di dasari dari Al-Quran, karena di dalam Al-Quran tidak hannya membahas tentang sejarah Nabi-Nabi dan larangan-larangan apa saja yang harus kita hindari. dalam kitab suci Al-Quran ini isinya sudah lengkap sekali dari yang dasar sampai dari yang penuh dengan teka-teki kehidupan yang harus kita pecahkan dan di dalam Al-Quran tidak hanya itu saja namun juga membahas mengenai ke wajiban anak terhadap orang tua dan kewajiban orang tua terhadap anaknya. Jika kita sadah sesungguhnya anak bukan milik kita sepenuhnya mereka hanyalah titipan dari Allah untuk kita jaga dan mendidiknya. Jadi, sebuah kesalahan besar bagi orang tua jika seorang anak jauh dari ajaran Islam.

KEWAJIBAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK :
Apakah kita sebagai orang tua sudah benar dalam mendidik anak, jika anda masih merasa ada yang kurang marikita perbaiki dari sekarang. sesuai dengan tuntutan Agama Islam kita sebagai orang tua wajib mengenalkan kepada anak kita siapa Allah SWT dan mengapa kita harus taat kepada-Nya, dengan cara mengajarkan anak shalat sejak kecil meskipun dia masih belum Akil Baligh. setelah itu semua anda ajarkan kepada anak anda kemudian mulailah memberikan pengertian apa manfaat shalat, mengapa kita harus shalat dan lain sebagainya. tidak hanya itu saja, sebagai orang tua juga wajib mengajarkan atau memberi pendidikan mengenai hubungan dengan sesama manusia dengan cara mengajarkan tata cara pergaulan yang baik dan benar dengan sesama dan di dasari dengan rasa saling menghormati. Inilah saatnya bagi anda seorang ayah dan ibu perlu mempertimbangkan pula bagaimana cara memberi dasar yang kuat agar anak dapat menghadapi tantangan zaman yang semakin hari semakin tidak karuan saja. Islam menganjurkan anda membimbing buah hati agar anak menjadi kuat imannya, santun kepada sesama, serta kuat pula ilmunya dan ilmu itulah yang membuat anak anda mampu bertahan dan senantiasa memiliki ikhtiar untuk keluar dari masalah yang sedang mereka hadapi kelak.

1 comment:

  1. memang sangatlah penting pengajaran agama kepada anak sejak usia dini, agar anak kita menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah. terima kasih post yang sudah dibuat.

    ReplyDelete