Pentingnya Latihan Fisik Bagi Lansia

Latihan fisik yang berfungsi untuk mencegah terjadinya jatuh pada lansia karena umumnya pada lansia terjadi kelemahan pada otot karena faktor usia yang sudah menua oleh karena itu sangat penting sekali dilatih fisiknya guna menjaga daya tahan tubuh dan untuk mencegah terjadinya resiko cidera pada lansia. Makin sering lansia melatih fisiknya akan semakin mencegah resiko cidera, karena otot bisa terjamin kekuatannya meskipun keadaan fisiknya sudah semakain menua, maka dari itu sangatlah penting sekali latihan fisik bagi lansia.
 
Pentingnya Latihan Fisik Bagi Lansia

Manfaat Latihan Fisik Bagi Lansia :
  1. Melatih keseimbangan tubuh pada lansia.
  2. Mencegah terjadinya jatuh pada saat beraktifitas.
  3. Mencegah terjadinya resiko cidera karena terjatuh dan masalah lainnya yang diakibatkan faktor menua bagi lansia.

Berikut Cara Untuk Melatik Fisik Bagi Lansia :
 
1. PEMANASAN
Posisi duduk atau berdiri Menggerakkan pergelangan kaki berputar ke arah atas bawah/tekuk dan menggerakkan kaki naik turun antara kaki kanan dan kaki kiri secara bergantian dalam 5 hitungan begitu seterusnya sampai pemanasan dirasa sudah mencukupi.

2. LATIHAN INTI FISIK
  • Latihan bipedal toe raises dan heel raises (dua kaki berdiri pada tumit dan jinjit) : Berdiri pada kedua tumit lalu berdiri pada kedua kaki bagian depan jinjit (5 hitungan).
  • Latihan bipedal inversion dan eversion (dua kaki miring ke arah dalam dan luar) : Berdiri pada kedua sisi luar kaki lalu berdiri pada kedua sisi dalam kaki (latihan dimulai 10 hitungan pada setiap arah).
  • Latihan unipedal toe raises dan heel raises (satu kaki berdiri pada tumit dan jinjit) : Berdiri pada tumit kaki kanan lalu pada bagian depan kaki kanan jinjit (dimulai 5 hitungan pada setiap arah) lanjut pada kaki kiri.
  • Latihan unipedal inversion dan eversion (satu kaki miring ke arah dalam dan luar) : Berdiri pada sisi luar kaki kanan lalu berdiri pada sisi dalam kaki kanan (dimulai 5 hitungan pada setiap arah) lanjutkan pada kaki sebelah kiri.
  • Latihan wall slides : Berdiri dengan punggung lurus lalu punggung bergeser ke bawah dengan lutut ditekuk maksimal 45 derajat.
  • Latihan unipedal balance : Berdiri pada satu kaki secara bergantian (dilakukan 3 kali setiap kaki. 1 kali 5 hitungan). Kaki dapat diangkat ke belakang atau ke depan.

3. PENDINGINAN
Dapat dilakukan dalam posisi duduk atau berdiri. Menggerakkan kedua kaki secara perlahan-lahan dan bergantian sambil menarik nafas dan mengeluarkan nafas (3 kali).
 
Lakukan secara rutin dan teratur agar dapat bermanfaat bagi anda dan agar kesehatan anda bisa selalu terjaga dan bisa terhindar dari resiko cidera akibat kelemahan otot karena keadaan tubuh sudah menua semoga bermanfaat dan selalu sehat di masa lansia anda dan bisa menikmati hidup anda dengan nyaman dan bahagia selalu.

No comments