Tahukah Anda Bagaimana Tanda-tanda Persalinan Anda Semakin Dekat?

Beberapa minggu sebelum persalinan biasanya calon ibu merasa bahwa keadaanya menjadi lebih enteng dan merasa berjalan lebih sukar dan sering diganggu oleh perasaan nyeri pada anggota bawah badan dan umumnya akan semakin sering perempuan dengan kondisi hamil tua buang air kecil. Gejala ini sering muncul pada anda karena disebabkan oleh turunnya rahim karena masuknya kepala sang bayi ke dalam rongga panggul anda. Dan mulai dari 3 sampai 4 minggu sebelum persalinan tiba anda akan diganggu oleh "HIS" (Pembukaan), yang sebenarnya hanya merupakan peningkatan dari kontraksi saja atau pembukan palsu. Oleh sebab itu anda jangan sampai terkecoh dengan pembukaan palsu ini, oleh sebab itu sebaiknya anda segera melakukan pengontrolan ke Pusat Kesehatan. Dan berikut contoh dari pembukaan palsu sehingga anda bisa mengetahui bila sebenarnya anda belum tiba waktu persalinan.
 
Tahukah Anda Bagaimana Tanda-tanda Persalinan Anda Semakin Dekat?

His pendahuluan atau pembukan palsu ini, bersifat :
  • Nyeri dan nyeri ini tersa di perut bagian bawah.
  • Umumnya nyeri tidak teratu.
  • Lamanya his pendek tidak bertambah kuat.
  • Kalau di bawa jalan tidak bertambah kuat malah sering berkurang.

Sedangkan tanda-tanda persalinan semakin dekat ialah sebagai berikut :
  • Timbulnya his pembukaan dengan sifat sebagai berikut :
  • Nyeri melingkar dari punggung memancar ke perut bagian depan.
  • Sifatnya teratur tidak seperti HIS Palsu.
  • Makin lama makin pendek intervalnya dan makin kuat intensitasnya.
  • Kalau dibawa berjalan semakin bertambah kuat.
  • Mempunyai pengaruh atau pembukaan cervix.
  • Keluarnya lendir berdarah dari jalan lahir/kelamin.
  • Dengan adanya pembukaan, lendir keluar dengan disertai keluarnya darah.

Perdarahan yang sedikit ini disebabkan karena lepasnya selaput janin pada bagian bawah rahim karena proses persalinan anda sudah dimulai tetapi masih belum lengkap. Keluarnya cairan yang cukup banyak dari jalan lahir, karena hal ini bisa terjadi kalau ketuban pecah atau selaput janin robek ketuban itu biasanya pecah kalau pembukaan lengkap atau hampir lengkap dan dalam hal ini keluarnya cairan merupakan tanda yang lambat sekali tetapi ada juga yang berlangsung cepat hal ini bisa terjadi karena perempuan sudah memiliki anak lebih dari satu.

Tetapi terkadang ketuban itu pecah pada pembukaan kecil malahan kadang janin robek sebelum persalinan. Walaupun selaput robek sebelum terjadinya persalinan kita boleh mengharapkan bahwa persalinan akan mulai dalam 24 jam, setelah air ketuban keluar dan ini adalah tanda dimulainya persalinan anda.

Tanda-tanda anda akan tiba waktu melahirkan anak anda oleh sebab itu penting sekali anda mengetahui tanda-tanda awal kapan anda mulai tiba waktu persalinan karena bila anda tidak peka terhadap tanda-tanda awal persalinan ini bisa berakibat fatal pada persalinan anda oleh sebab itu bila tanda gejala ini sudah mulai dialami anda alangkah baiknya segera datang ke tempat Pusat Kesehatan terdekat. Karena bisa dipastikan anda akan melahirkan sesegera mungkin, agar keselamat anda dan juga calon bayi anda bisa selamat. Karena keselamatalah yang paling utama, oleh karena itu jangan sekali-sekali anda menunda datang ke pusat Pelayanan Kesehatan bila gejala ini mulai muncul.

No comments