Coban Rondo Wisata Air Terjun Lengkap Dengan Wahana Out Bond

Berjarak sekitar 12 km dari pusat kota Batu Malang Jatim, tepatnya di Kecamatan Pujon desa Pandansari terdapat sebuah panorama air terjun yang bernama Coban Rondo. Wisata tersebut menyuguhkan keindahan lukisan alam yang benar-benar membuat orang yang berkunjung kesana begitu terpesona, dan untuk akses masuk ke titik lokasi pun cukup mudah, karna medannya dapat di jangkau menggunakan kendaraan roda 4 maupun roda 2, bahkan mini bus bisa masuk sampai kedalam di area lokasi wisata. Untuk sampa ke lokasi anda yang dari arah malang atau batu ketika sampai pada pertigaan Pujon, ambil kiri. Dengan mengikuti jalan desa dan permukiman anda akan menemukan papan nama penunjuk arah ke titik lokasi.

Coban Rondo Wisata Air Terjun Lengkap Dengan Wahana Out Bond

SEJARAH
Dari cerita yang kami dapat serta menurut beberapa artikel menyebutkan tentang asal mula dari Air Terjun Coban Rondo ini adalah kisah asmara dari sepasang pengantin baru, pasangan ini bernama Dewi Anjarwati yang berasal dari wilayah Gunung Kawi dan Raden Baron Kusuma yang berasal dari Gunung Anjasmoro. Saat usia pernikahan mereka yang ke Selapan atau 36 hari, Dewi Anjarwati mengajak suaminya berkunjung ke rumah mertuanya di Gunung Anjasmoro. Menurut adat orang Jawa, jika usia pengantin masih Selapan, maka mereka belum di izinkan bepergian atau pergi dari rumah terlalu jauh. Oleh sebab itulah, mereka dilarang untuk pergi ke Gunung Anjasmoro oleh orang tua Raden Baron Kusuma.

Coban Rondo Wisata Air Terjun Lengkap Dengan Wahana Out Bond

Namun, kedua pansangan tersebut bersikeras untuk tetap berkunjung ke Gunung Anjasmoro. Cerita berlanjut ketika di tengah perjalanan mereka yang di kejutkan oleh munculnya seorang pemuda yang bernama Joko Lelono yang ternyata terpikat oleh kecantikan Dewi Anjarwati dan ingin meminang dewi anjarwati. Raden Baron sebagai sang suami jelas tidak terima perihal yang di lontarkan Joko Lelono tersebut, akhirnya pertempuran tidak dapat terhindar dan Dewi anjarwati di sembunyikan di sebuah coban atau lokasi air terjun. Dalam pertempuran sang suami dengan pemuda asing tadi di kabarkan keduanya tewas, Akibatnya Dewi Anjarwati menjadi Janda (Rondo). Sejak saat itulah air terjun ini dinamakan dengan Air Terjun Coban Rondo.

Coban Rondo Wisata Air Terjun Lengkap Dengan Wahana Out Bond

DESKRIPSI
Wisata Air terjun Coban Rondo ini merupakan sebuah destinasi wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan domestik, serta cukup familier bagi wisatawan mancanegara. Ketinggian air terjun yang mencapai 84 meter dan berada pada ketinggian 1.135 MDPL ini cukup bisa menjadi rekomendasi tujuan wisata dan liburan kita dan keluarga, mengingat panorama air terjun ini dilengkapi dengan beberapa wahana permainan outbond, selain itu fasilitas umum di tempat ini sangat terawat dan masih berfungsi dengan baik. Secara umum wisata air terjun Coban Rondo adalah tempat wisata yang aman dan nyaman.

Berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo yang berlokasi dilereng Gunung Kawi  dengan debit air 150 liter/detik pada musim hujan dan 90 liter/detik di musim kemarau. Panorama wisata ini menghembuskan butir-butir air dengan bingkai keindahan alam dan disempurnakan dengan udara sejuk pegunungan yang masih sangat alami ini memang menjadi daya tarik yang luar biasa bagi para wisatawan. Pada akhir pekan atau hari libur nasional, tempat ini akan di padati pengunjung lokal maupun luar malang, bahkan tidak sedikit rombongan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Coban Rondo.

Akomodasi Dan Kelengkapan Fasilitas :

1. Hotel atau Penginapan
Di sekitaran wilayah Pujon terdapat banyak kebutuhan akomodasi, bagi yang membutuhkan layanan fasilitas Hotel dan Fila anda bisa dengan mudah menemukannya di wilayah bukit songgoriti yang lokasinga berdekatan dengan titik lokasi Coban Rondo, sekitar 5-8 km dari lokasi Air Terjun Coban Rondo.  Harga kamar di daerah itu berkisar antara Rp. 50.000 hingga Rp. 150.000 per malam.

2. Warung makan
Di dalam area wisata Coban Rondo banyak terdapat warung-warung yang menjajakan makanan dengan harga yang relatif terjangkau. Beberapa kuliner khas daerah tersedia, jadi jika anda ingin mencari tempat makan, anda tidak akan kesulitan.

Coban Rondo Wisata Air Terjun Lengkap Dengan Wahana Out Bond

3. Toilet Umum
Di dalam kawasan objek wisata Coban Rondo terdapat beberapa toilet umum yang bersih dan terawat.

4. Tempat Ibadah
Di sini juga di sediakan musholla.

5. Tempat Parkir
Tersedia Area parkir yang cukup luas. Tarif parkir untuk sepeda motor adalah Rp. 2.000,-, sedangkan  mobil Rp. 4.000,- dan Rp. 6.000,- untuk roda enam.

6. Toko Souvenir
Bagi wisatawan yang ingin membeli Souvenir untuk oleh-oleh untuk orang-orang tercinta, di dalam area wisarta ini juga terdapat beberapa outlet atau toko dan Galeri yang menjual berbagai macam souvenir atau oleh-oleh khas  Coban Rondo.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Rondo :
  • Wisatawan domestik: Rp 8.000,-
  • Wisatawan mancanegara: Rp 10.000,-

No comments