Gak Hanya Cheetah! Inilah Hewan Darat Lainnya Yang Berpredikat "Pelari Tercepat Di Dunia"

Secara umum kita ketahui bahwa kecepatan adalah kemampuan bergerak secara berturut-turut untuk menempuh suatu jarak. semakin singkat waktu tempuh, kecepatan yang di hasilkan akan semakin baik. Sama halnya di kerajaan hewan, baik itu predator maupun mangsa, harus memiliki kemampuan yang satu ini untuk dapat bertahan hidup di dunia hewan yang keras! Sementara ini hewan darat yang paling cepat di dunia adalah Cheetah, ia memiliki kecepatan antara 112-120 Km/Jam atau setara 70 Mil/Jam lho.. waahh cepat sekali bukan? Sebagai predator yang memiliki predikat pelari tercepat di dunia, terkadang cheetah juga kualahan dan tidak selalu bisa menangkap buruannya,karena selain cerdik, buruannya juga ahli dalam hal berlari.. itu membuktikan bahwa ada beberapa hewan dengan kemampuan lari yang tak kalah hebatnya dengan cheetah, penasaran hewan apa saja itu? Inilah Hewan Darat Tercepat Di Dunia selain cheetah.

1. Antelop, kecepatan 98 Km/Jam (61 Mil/jam)
Hewan Darat Lainnya Yang Berpredikat "Pelari Tercepat Di Dunia"
Antelope atau orang sering menyebutnya Antelop adalah mamalia yang sangat mirip dengan kijang dengan tanduk lurus ke atas, namun sebenarnya bukan. Antelope adalah termasuk jenis sapi lho. Dengan di dukung ruang paru-paru dan jantung yang lebih besar, memungkinkan ia mampu sprint lebih lama, kecepatan maksimal antelop sangat sulit untuk dipastikan secara akurat, karena setiap individu dalam koloni binatang ini memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Itulah sebabnya terkadang antelope ini mampu untuk lolos dari kejaran Cheetah sekalipun. Maka predikat “The Second Fastest Animal” patut untuk disandang hewan ini.

2. Wildebeest, kecepatan 80 Km/jam (50 Mil/Jam)
Hewan Darat Lainnya Yang Berpredikat "Pelari Tercepat Di Dunia"
Wildebeest adalah binatang berikutnya yang menyandarkan hidupnya pada kecepatannya untuk menghindar dari pemangsa. Hewan ini masih berkerabat dengan antelop, dengan usia maksimal 20 tahun dan dengan pertumbuhan yang cepat membuatnya menjadi salah satu spesies ternbanyak di daratan terbuka afrika lho.

3. Singa, kecepatan 80 Km/Jam (50 Mil/Jam)
Hewan Darat Lainnya Yang Berpredikat "Pelari Tercepat Di Dunia"
Siapa yang gak kenal sama raja hutan yang satu ini. Dengan nama ilmian Panthera Leo ini merupakan hewan yang hidup berkelompok. Dengan tampangnya yang sangar dan predikatnya sebagai raja hutan tentu bukan barang yang sulit untuk mendapatkan mangsa apapun. Namun untuk berburu biasanya tugas itu akan dilakukan oleh Singa betina. 

4. Rusa Thompson, kecepatan 80 Km/Jam (50 Mil/Jam)
Hewan Darat Lainnya Yang Berpredikat "Pelari Tercepat Di Dunia"
Penamaan Rusa Thompson itu sendiri adalah sesuai dengan penemunya yaitu Joseph Thomson. Rusa ini diakui di dunia sebagai rusa terbaik, baik dari segi bentuk fisik maupun kecepatan. Hewan ini dianggap oleh beberapa orang menjadi subspesies dari gazelle. Rusa Thomson dapat ditemukan dalam jumlah melebihi 500 ribu di Afrika dan diakui sebagai jenis yang paling umum dari gazelle di Afrika Timur. Rusa ini memiliki tingkat kecerdikan yang lebih jika dibandingkan dengan jenis rusa yang lainnya, sebagai contoh saja, untuk menghindari mangsanya selain mengandalkan kecepatan ia juga berlari dengan cara zig-zag untuk mengelabuhi dan membingungkan pemangsanya. Cerdik bukan? 

5. Kuda, kecepatan 76 Km/Jam (47,5 Mil/Jam)
Hewan Darat Lainnya Yang Berpredikat "Pelari Tercepat Di Dunia"
Spesies yang satu ini sangat sering di jumpai dan mungkin masih menjadi hewan peliharaan yang umum, apalagi buat para tukang delman dan pemilik kuda pacu. Jenis kuda tercepat adalah Quarter Horse. Kuda ini bisa mencapai kecepatan maksimal 76 km perjam. 

6. Rusa Besar 73 Km/Jam (46 Mil/Jam)
Hewan Darat Lainnya Yang Berpredikat "Pelari Tercepat Di Dunia"
Rusa Besar atau Big Bull Moose merupakan salah satu spesies rusa yang hidup di hutan boreal dari Norwegia sampai Kanada sepanjang arah ke timur. Rusa ini sering dianggap sebagai rusa terbesar kedua di dunia, dan juga salah satu mamalia terbesar di Amerika utara dan Asia timur. Berbeda dengan binatang berkecepatan tinggi lainnya, binatang ini justru menggunakan kecepatannya untuk menghindari pemangsa, tapi bagaimanapun, melihat ukuran dan kecepatannya, banyak predator sekalipun lapar, lebih suka mengurungkan niatnya untuk memburu rusa ini. 

7. Anjing Pemburu 72 Km/Jam (45 Mil/Jam)
Hewan Darat Lainnya Yang Berpredikat "Pelari Tercepat Di Dunia"
Tidak diragukan lagi bahwa jenis anjing pemburu ini juga termasuk hewan tercepat juga bukan? Walaupun tidak secepat hewan-hewan yang telah disebutkan diatas namun kehebatan anjing ini dalam menggabungkan kecepatan dan kecerdikannya dalam memburu mangsanya itu yang membuatnya menjadi salah satu hewan tercepat di kerajaan hewan, biasanya mereka berburu secara berkelompok dan sangat teroganisir, salah satu anjing mengarahkan mangsanya ke satu tempat, dan anjing lainnya siap menyerang silih berganti sampai mangsa tak berdaya.

No comments