Inilah Alasannya Kenapa Anda Harus Tidur Lagi Setelah Sahur!

Tidak bisa dipungkiri bahwa perubahan siklus tubuh pasti terjadi terutama saat menjalani ibadah puasa ramadhan. Seperti perubahan pola makan dan pola tidur. Disaat tubuh yang biasanya masih istirahat harus bangun lebih awal untuk sahur, tentu hal membuat seseorang butuh beradaptasi. Setelah sahur ada banyak hal yang dilakukan orang-orang sambil menunggu pagi, ada yang tidur lagi, dan ada pula yang melakukan aktivitas atau pekerjaan rumah lebih awal juga sambil menunggu pagi, nah sebenarnya manasih yang lebih baik? Tidur lagi atau langsung beraktivitas? berikut ulasan lebih lengkapnya dari seorang paraktisi kesehatan tidur, dilansir dari Kompas.com

Inilah Alasannya Kenapa Anda Harus Tidur Lagi Setelah Sahur!

Menurut praktisi kesehatan tidur, dr.Andreas Prasadja RPSGT, Saat seseorang mengalami kurang tidur, maka tekanan darah dan juga gula darah akan meningkat. Metabolisme tubuh terganggu, kekentalan darah, dan juga nafsu makan bisa meningkat. Oleh sebab itulah akan lebih baik untuk seseorang kembali tidur setelah sahur.

Menurut dr.Andreas Prasadja RPSGT, tidur lagi setelah sahur adalah pilihan yang paling disarankan. "Tidur setelah sahur sangat baik, karena manfaat tidur banyak sekali, misalnya daya tahan tubuh akan lebih optimal dan dipulihkan saat tidur," katanya.

Menurutnya, kurang tidur tak hanya menurunkan produktivitas, tapi juga berbahaya bagi orang yang membawa kendaraan pribadi untuk beraktivitas. "Mengendara saat ngantuk lebih berbahaya dari pada saat mabuk. Jadi manfaat utama tidur cukup adalah untuk keselamatan juga," ujarnya.
"Dengan cukup tidur, saat puasa maka emosi dan nafsu makan juga lebih terkontrol," paparnya. "Tidur satu jam sudah cukup dari pada tidak tidur sama sekali," pungkasnya.

Nah jadi dari penjelasan praktisi kesehatan tidur diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa, memang lebih baik tidur lagi setelah sahur karena akan lebih mengoptimalkan daya tahan dan produktivitas seseorang, namun jangan sampai kelewatan! telat bangun juga bisa berakibat sangat fatal lho, apalagi telat sekolah, ngantor dan bekerja, bisa berakibat dipecat! haha

No comments