Inilah Manfaat Baik Berbuka Dengan Makanan Yang Manis Bagi Kesehatan

Sering kita dengar dan dianjurkan untuk berbuka puasa dengan memakan yang manis-manis terlebih dahulu, namun tahukah anda bahwa sebenarnya nasehat atau saran tersebut setelah diteliti lebih lanjut ternyata memiliki dampak yang baik bagi kesehatan, berikut ini akan saya bahas tentang Manfaat Berbuka Dengan Makanan Yang Manis bagi kesehatan.

Seperti dilansir dari viva.co.id seseorang yang sedang berpuasa secara otomatis metabolisme tubuh orang yang puasa tersebut akan melambat, asupan nutrisi yang di dapat saat sahur sedikit demi sedikit akan menghilang setelah seharian beraktivitas, selama berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi selama 14 jam, energy yang tersimpan pun akan ikut berkurang, oleh sebab itulah makanan atau minuman yang manis akan sangat membantu jika dikonsumsi saat berbuka puasa.
 
Manfaat Baik Berbuka Dengan Makanan Yang Manis Bagi Kesehatan

Perlu anda ketahui bahwa makanan atau minuman manis itu adalah sumber kalori yang mudah dan cepat diproses oleh tubuh. sehingga energi dan stamina seseorang yang telah hilang tadi dapat segera pulih. Seseorang yang lemas dan lesu saat berpuasa itu juga disebabkan oleh kadar gula dalam tubuh yang menurun. Maka untuk mengembalikan kadar gula dalam tubuh dengan cepat salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang manis, sehingga bersamaan dengan meningkatnya kembali kadar gula tersebut maka akan dapat membantu mengembalikan fungsi metabolisme tubuh dapat kembali normal.

Namun yang perlu anda perhatikan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis ini adalah, sudah seharusnya anda mengkonsumsi makanan dengan pemanis alami, seperti kurma, buah-buahan manis yang mengandung banyak air (juga untuk mengembalikan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi), dan juga manakan dan minuman yang terbuat dari gula alami. Dan ingat juga untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis-manis tersebut saat berbuka puasa, karena tujuannya adalah untuk mengembalikan energi maka anda hanya perlu mengkonsumsinya secukupnya saja saat awal berbuka puasa sebelum makan yang utama seperti nasi dan lauk. Karena jika anda mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan hal itu tentu juga tidak baik bagi kesehatan anda.

No comments