Inilah 7 Tradisi Pernikahan Paling Aneh Di Dunia

Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, norma hukum, dan norma sosial. Disetiap negara di berbagai belahan dunia memiliki tradisi atau kebiasaan-kebiasaan yang berbeda satu dan lainnya dalam hal penyelenggaraan ataupun ritual dari pernikahan itu sendiri. Ada pernikahan yang mewah dan modern namun ada juga pernikahan yang masih menjalankan ritual leluhur atau dengan kata lain upacara pernikahan yang masih mempertahankan adat dan budaya leluhur yang harus dilaksanakan dan tidak boleh ditinggalkan. 

Bahkan dari beberapa ritual pernikahan ini ada yang tergolong nyeleneh atau tidak masuk akal. Namun ya begitulah tradisi, walaupun tidak ada aturan yang resmi namun tetap berlaku hingga saat ini. Ada ritual yang mengharuskan menikah dengan pohon pisang, ada juga ritual meludahi kepala sebagai tanda direstui, dan masih banyak lagi tradisi yang lainnya. Berikut ini adalah 7 tradisi pernikahan aneh tapi nyata di dunia yang telah kami rangkum.

Inilah 7 Tradisi Pernikahan Paling Aneh Di Dunia

1. Banting Piring Dan Gelas (Jerman)
Waah ini acara pernikahan atau lagi berantem ya kok pecahin piring sama gelas? Namun itu semua adalah tradisi yang masih berlaku di Jerman, piring dan gelas yang dipecahkan umumnya terbuat dari keramik, pasangan mempelai wajib memecahkan gelas dan piring yang dibawa oleh tamu undangan. Hal ini diyakini agar kelak kedua pengantin dapat tegar dan sabar saat menghadapi segala cobaan dan permasalahan dalam berumah tangga, jadi semakin banyak gelas dan piring yang dipecahkan, maka akan semakin beruntung dan bahagia pasangan pengantin tersebut.

2. Tanduk Cemburu Mempelai Wanita (Jepang)
Tradisi ini masih berlaku di Jepang, mungkin anda bertanya-tanya apakah yang ada dalam penutup kepala mempelai wanita yang terlihat mengembang dan besar, lengkap dengan pakaian tradisional kimononya. Tahukah anda bahwa itu adalah lilitan kain tanduk penanda cemburu yang melingkar di atas kepala. Hal itu ditujukan bagi ibu mertua dari mempelai wanita. 

Inilah 7 Tradisi Pernikahan Paling Aneh Di Dunia

Di jepang kasih sayang ibu terhadap anak laki-lakinya sangat besar, sehingga apabila sang lelaki menikah dan hidup dengan orang lain ibunya akan merasa kehilangan atau bisa dikatakan “cemburu” namun bukan dalam arti sebenarnya. Dengan adanya sanggul cemburu yang digunakan oleh mempelai wanita itu menandakan bahwa sang menantu itu tidak kalah sayang dan akan menjadi pendamping yang baik bagi anaknya.

3. Menikah Dengan Pohon Pisang Dipercaya Sebagai Ritual Menghilangkan Kutukan Sial (India)
Ritual ini masih berlaku wilayah terpencil di India hingga saat ini. Menurut kepercayaan ritual ini perlu dilaksanakan bila mana kedua calon mempelai yang sudah diramal oleh pendeta melalui Astrologi Mangliks, jika hasil dari ramalan yang keluar adalah bertemunya planet Saturnus dan Mars maka ini tandanya sang suami akan menerima kutukan sial yang menyebabkan ia akan mengalami kematian dini atau tidak berumur panjang. 


Inilah 7 Tradisi Pernikahan Paling Aneh Di Dunia

Sehingga untuk menghilangkan kutukan itu maka harus diadakan suatu ritual, dan ritual tersebut adalah harus menikahkan calon pengantin wanita dengan pohon pisang, dan setelah ritual tersebut selesai maka selanjutnya pohon pisang tersebut harus di tebang. Dengan begitu maka diyakini kutukan kesialan tersebut sudah hilang. Dan setelah ritual tersebut selesai dilaksanakan, maka kedua mempelai baru boleh untuk melangsungkan pernikahan.

4. Dilarang Memakai Toilet Selama 3 Hari (Indonesia)
Ternyata ada juga ya tradisi seperti ini di Indonesia, Ritual ini masih dilakukan tepatnya oleh Suku Tidung Kalimantan. Kedua mempelai yang telah melakukan pesta pernikahan dilarang untuk mempergunakan kamar mandi selama 3 hari 3 malan. Dan saking ketatnya larangan tersebut sampai-sampai keluarga dari kedua belah mempelai ikut berjaga di kamar mandi untuk menerapkan aturan tersebut dan meminimalisir kecurangan. Hehe bagaimana Pub nya ya? Namun ritual ini konon dipercaya akan memberikan kebahagian, umur panjang, dijauhkan dri kemandulan serta dijauhkan dari perceraian jika ritual ini benar-benar ditaati dan dilaksanakan oleh kedua mempelai.

5. Semakin Menghina Semakin Mesra Hubungan Keluarga (Afrika Selatan)
Siapa sih yang suka dihina? Pasti tidak ada kan? Namun berbeda dengan ritual pernihakan unik yang satu ini. Di salah satu suku mayoritas di Afrika Selatan ada ritual unik yang dilaksanakan dengan tujuan lebih mempererat tali silaturahmi antara kedua keluarg mempelai. Sebelum melakukan ritual ini kedu keluarga mempelai berbaris berjajar dan saling berhadapan satu dengan yang lainnya, kemudian mereka akan saling menghina sepuas dan seenak mulutnya sendiri-sendiri. Bahkan diyakini semakin parah cacian dan makian yang dilontarkan maka akan semakin memperakrab  hubungan kekerabatan antar kedua keluarga baru itu.

6. Meludahi Kepala Sebagai Tanda Direstui Orang Tua (Kenya)
Wuiih yang satu ini tradisinya gak kalah aneh nya lho dari yang sebelum sebelumnya. Tradisi meludahi kepala ini masih berlaku di penduduk Suku Masai, Kenya. Para orang tua akan meludahi kepala anak dan calon menantunya sebagai tanda bahwa ia telah merestuai hungan cinta keduanya. Bahkan kebiasaan ini tidak hanya dilakukan sebagai tradisi pernikahan saja lho. Bahkan sebagai ucapan selamat jika ada kerabat yang baru melahirkan, orang-orang akan meludahi orang tua si bayi sebagai tanda ucapan selamat.

7. Perkawinan Dengan Hewan (India)
Yang terakhir ini juga sangat aneh, yaitu pernikahan dengan hewan, tepatnya di provinsi timur India tradisi ini masih dilaksanakan. Sama halnya dengan tradisi menikahi pohon pisang, tradisi ini dilakukan juga dengan tujuan untuk menghilangkan kutukan. Di sana diyakini bahwa bayi-bayi perempuan yang terlahir dengan gigi gingsul dianggap ditempeli hantu atau roh jahat yang akan berakibat fatal bagi kehidupan sang bayi saat berusia dewasa. 

Inilah 7 Tradisi Pernikahan Paling Aneh Di Dunia

Diyakini masa depan anak tersebut akan suram dan penuh kesialan. Maka harus dilakukan ritual untuk menghilangkan kutukan tersebut. Ritual tersebut diadakan tepatnya saat sang anak mendapatkan haid pertamanya, ia wajib melakukan pernikahan dengan hewan agar kutukan roh jahat itu bisa hilang dan juga agar kehidupannya kelak bahagia dan juga aman sentosa.

Itulah 7 tradisi pernikahan aneh tapi nyata di dunia yang masih berlangsung hingga saat ini. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat bagi anda. Terimakasih.

No comments