Inilah Syarat Wajib Agar Guru Di Sukai Para Murid

JemberBagus - Tak hanya memiliki kecakapan menguasai materi pelajaran, seorang guru juga harus dapat membuat setiap palajaran yang di ajarkan kepada para siswa-siswinya tersampaikan secara efektif. Tak jarang murid-murid peserta didik dalam pendidikan formal mengeluhkan cara atau metode belajar yang di terapkan para guru selama ini, keluhan tersebut di antaranya:
  • Siswa sering tidak mengerti dengan gaya bahasa yang di pakai para guru dalam memberi penjelasan.
  • Terkesan membosankan karna terlalu panjang dan bertele-tele tentang materi yang dibahanya.
  • Ada juga yang merasa takut pada beberapa guru yang memiliki gaya mengajar yang otoriter (Guru Killer).
Inilah Syarat Wajib Agar Guru Di Sukai Para Murid

Dari beberapa peristiwa tersebut akhirnya menimbulkan tanggapan negatif dari para siswa yang notabene masih kurang memiliki pemikiran yang dewasa, memang hal itu tidak bisa di pungkiri di karnakan masa-masa anak usia pendidikan rata-rata memiliki kecenderengan sifat yang bisa di bilang nakal dan bandel, meski ada beberapa anak didik yang berkepribadian baik.
Mungkin karna merasa kemauan mereka tidak dapat di pahami oleh para guru akhirnya para siswa sering melakukan beberapa kebiasaan buruk seperti:
  • Siswa sering bolos sekolah karna di sekolah sudah di rasa bukan tempat yang menyenangkan.
  • Saat pelajaran di mulai sering para siswa tersebut tak mengindahkan sang guru yang sedang memberikan materi di depan kelas.
  • Melakukan kesibukan sendiri di luar konteks "Belajar". Dan masih banyak lagi kenakalan yang di lakukan siswa yang "kreatif", karna mereka tidak dapat menikmati waktu belajar di kelas.
Inilah Syarat Wajib Agar Guru Di Sukai Para Murid

Lantas apa yang akan anda lakukan jika itu sudah terjadi dan bahkan sering terjadi selama ini. Bukan kami ingin sok pintar kepada para ahli pendidikan yang tak lain adalah para guru itu sendiri, kami di sini hanya berniat membagi pengalaman dan info yang mungkin bermanfaat bagi anda para tenaga pengajar. Nah... Jika anda tidak ingin murid-murid anda "ngacangin" atau mengabaikan materi yang anda berikan di waktu jam pelajaran di mulai, ada baiknya anda baca rangkuman kami di bawah ini tentang tips untuk menjadi guru yang di sukai para siswa-siswinya.

Syarat Wajib Agar Guru Di Sukai Para Murid
  1. Tidak terlalu banyak memakai metode ceramah dalam menjelaskan materi pelajaran.
  2. Memberikan contoh kepada siswa apa yang ingin siswa lakukan. 
  3. Hormati siswa anda, maka anda akan kembali di hormati oleh siswa anda.
  4. Tetap menjaga intonasi bicara, meski anda sedang merasa marah.
  5. Murah senyum dan ramah tamah kepada setiap semua siswa, terlebih ketika berpapasan jalan.
  6. Bijaksana dalam memberi motifasi, usahakan agar tidak ada siswa yang merasa di sindir atau tersinggung.
  7. Humoris namun tetap dalam koridor kesopanan bahasa dan tepat waktu.
  8. Perbanyak memakai langkah persuasif dalam menyelesaikan permasalahan antar siswa maupun siswa dan guru.
  9. Sabar secara permanen.
Inilah Syarat Wajib Agar Guru Di Sukai Para Murid
Perlu di ketahui, meski kami bukan ahli pendidikan, namun kami pernah menjadi salah satu peserta didik pada masa pendidikan kami, mohon maaf waktu kami masih dalam masa pendidikan bisa di bilang kami adalah korban sistem pendidikan yang kami anggap "njomplang". Jadi kesimpulannya, apa yang kami sampaikan tersebut adalah harapan kami yang masih tertunda. Mudah-mudahan generasi setelah kami mendapat kualitas belajar dan pendidikan yang baik, bukan pendidikan yang mahal, Terima kasih.

No comments