Gaya Hidup Sehat

Siapa sih yang tidak ingin hidup sehat, tubuh terasa selalu fresh, segar dan energik. Tidak sakit-sakitan, tidak merasa lelah dan gangguan tubuh lainnya. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, jadi lebih baik kita menjaga kesehatan sebelum jatuh sakit daripada nunggu sakit dulu baru menjaga kesehatan. Karena jika sudah jatuh sakit maka biaya perawatan sakit untuk sembuh mahal dan susah sedangkan menjaga kesehatan lebih mudah dan tidak membutuhkan biaya yang banyak. Untuk menjaga kesehatan cukup dengan menerapkan Gaya Hidup yang sehat. Sakit yang terkadang menyerang manusia disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat dan tidak teratur.

Kebiasaan buruk yang sering dijalani dan tidak segera dirubah akan menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya seperti, kanker, tumor, jantung, strok dan lain sebagianya. Sebaiknya Gaya Hidup sehat di mulai dari kesadaran diri sendiri terlebih dahulu. Karena dengan diri sendiri sudah sadar dan paham akan hidup sehat, mulai dari sisi positif maupun negatif yang ditimbulkan oleh pola hidup sehat maka kita akan menjalaninya tidak dengan terpaksa dan sadar. Harapnya ketika diri sendiri sudah menerapkan gaya hidup sehat, orang lain disekitar kita juga akan mengikutinya.  

Gaya Hidup Sehat

Gaya Hidup sangat mempengaruhi kesehatan pada manusia baik itu kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani. Karena ketika manusia sehat jasmani dan sehat rohani maka menjalankan aktifitas sehari-hari pun akan enjoy and happy. Dimulai dari makanan dan minuman yang kita konsumsi, tempat tinggal, perilaku. Berikut beberapa gaya hidup sehat yang perlu kita lakukan setiap harinya, diantaranya :

1. Tidur yang cukup dan teratur. Dengan tidur yang cukup dan teratur akan menjadikan tubuh kita menjadi lebih fresh dan badan akan terasa lebih enteng. Jika kita kurang jam tidur dan tidurnya tidak teratur akan membuat tubuh kita menjadi cepat lelah dan tubuh menjadi kurang sehat serta rentan terserang penyakit.

2. Minum air putih minimal 2 liter perhari, minumlah secara teratur sedikit-dikit tidak sekali minum langsung banyak. Jangan sampai tubuh kita kekurangan air putih dan menjadi dehidrasi. Karena kalau sudah dehidrasi tubuh akan menjadi lemas dan mudah lelah
 
3. Makanan sehat yakni makanan yang memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna. 4 sehat 5 sempurna terdiri atas nasi, sayur, lauk, buah dan susu. Tentunya 4 sehat 5 sempurna sudah sangat memenuhi nutrisi, vitamin, suplemen yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Dengan mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna tubuh kita secara otomatis akan tercukupi semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Gaya Hidup Sehat

4. Rajin berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu. Dengan berolahraga secara teratur membuat otot-otot kita tidak kaku dan menjaga tubuh tetap bugar. Olahraga tersebut bisa dengan olahraga yang ringan-ringan seperti joging, senam, renang dan lain sebagainya.
 
5. Menjaga kebersihan merupakan pola hidup sehat yang paling utama karena dengan lingkungan yang bersih akan terhidar dari bakteri dan virus yang menyebabkan timbulnya penyakit. Dengan cara rutin membersihkan lingkungan tempat tinggal dan membersihkan diri sendiri.

Itulah tadi kelima Gaya Hidup sehat yang bisa kita praktekkan mulai dari sekarang, demi menjaga kesehatan tubuh kita dan lingkungan kita. Tidak ribet, simpel untuk dipraktekkan. Jika kiita menerapkannya setiap hari maka lama-lama akan menjadi kebiasaan dan akan menjadi risih/merasa aneh sendiri ketika salah satu kebiasaan pola hidup sehat tidak terlaksana. Harapkannya ketika diri sendiri sudah bisa memprateknya, orang disekitar kita juga ikut-ikutan mempraktekkan pola hidup sehat.

No comments