Kuliner Khas Bandung

Bandung biasa disebut dengan kota kembang selian menawarkan tempat wisata alam yang keren-keren dengan pemnadangan alam yang masih alami dan sejuk, bandung juga menawarkan Kuliner Khas Bandung yang tidak kalah dengan kota-kota lainnya. Tidak afdol jika berkunjung ke Bandung tapi tidak mencicipi makanan khas Bandung. Seperti yang kita tahu bersama setiap daerah di Indonesia memiliki suku budaya, adat istiadat, makanan khas, dan bahasa yang berbeda-beda. Yang membuat para wisatawan mancanegara tertarik untuk berwisata ke Indonesia adalah Indonesia masih tetap menjaga kebudayaan dan kekhasan dari masing-masing daerah meskipun dari setiap daerah tersebut berbeda-beda.

Bandung merupakan kota dataran tinggi yang suhu cuaca di sana cukup dingin dibanding dengan kota-kota yang ada disekitar Bandung. Kuliner Bandung memiliki berbagai macam makanan khas yang enak-enak dan nyumi untuk dicicipi. Sayang rasanya jika ke Bandung tidak disempatkan mampir untuk mencicipi kulinernya. 

Beberapa Kuliner Khas Bandung memang sudah banyak yang sering kita tahu, namun tidak cukup jika hanya sekedar tahu saja tanpa tidak mencoba rasanya. Berikut kuliner bandung yang terpopuler diantaranya : 

Kuliner Khas Bandung

1. Cilok kepanjangan dari aci dicolok. 
Cilok merupakan camilan berbentuk bulat dengan teksturnya yang kenyal dan ditambah dengan bumbu kacang. Camilan yang satu ini pastinya sudah banyak yang tahu, biasanya sering dijumpai di tempat-tempat umum dan ramai seperti sekolah, alun-alun/pusat kota, perkantoran, pinggir jalan.  

Kuliner Khas Bandung

2. Cireng kepanjangan dari aci di goreng. 
Cireng merupakan camilan yang terbuat berbahan dasar tepung kanji dan ditambahi bumbu-bumbu yang lain penyajiannya dengan digoreng dan cocol dengan saus sambal. Harganya pun juga terjangkau, cireng selalu ada disetiap sudut kota bandung jadi tidak susah untuk mencarinya.  

Kuliner Khas Bandung

3. Cimol 
Merupakan aci di gemul yakni tepung kanji yang dibentuk bulat-bulat dicampur dengan bumbu-bumbu lain seperti garam, bawang putih kemudian digoreng dan ditaburi bumbu basreng atau bumbu cabe bubuk. Rasanya yang gurih, kenyal dan lezat akan membuat anda ketangihan untuk memakannya apalagi jika disajikan ketika masih hangat-hangat.

Kuliner Khas Bandung

4. Peuyeum 
Kuliner yang satu ini biasanya sering dijadikan oleh-oleh wisatawan yang habis berlibur ke Bandung. Bentuk peuyeum memang hampir mirip dengan tape akan tetapi peuyeum dan tape berbeda. Peuyeum terbuat dari tela kaspo yang difermentasi dan memiliki tekstur lebih kering, untuk penyajiannya diatas peuyeum diberi toping seperti coklat, keju, strowbery dan lain-lain. Sedangkan tape teksturnya lebih lembut dan sedikit lembek.  

Kuliner Khas Bandung

5. Mie Kocok
Merupakan hidangan mie yang dicampur dengan berbagai sayuran dan ditambah dengan kikil sapi. Nama kocok berasal dari proses pembuatannya mienya dikocok dan diaduk hingga terolah secara sempurna. Biasanya pedangan mie kocok menggunakan gerobang dan berkeliling menjajakan mie kocoknya.  

Kuliner Khas Bandung

6. Batagor 
Terbuat dari perpaduan bakso dan tahu goreng yang diolah menjadi satu lalu kemudian diberi bumbu kacang. Batagor juga sangat mudah di jumpai tidak hanya di Bandung di Kota lain juga ada yang menjual batagor. Teksturnya yang kenyal dan ditambahi dengan bumbu kacang membuat batagor menjadi semakin mantab.

Berikut tadi beberapa Kuliner khas Bandung yang wajib kamu coba jika sedang berkunjung ke Bandung. Sehingga kita tidak hanya sekedar tahu saja tapi juga pernah mencicipi kuliner asli khas Bandung yang dibuat oleh orang-orang pribumi Bandung. Tentu akan berbeda jika rasanya jika yang membuat orang-orang pribumi asli Bandung ketimbang orang-orang yang pendatang. Meskipun beberapa sudah pernah mencoba di kotanya sendiri tapi alangkah bangga bisa mencicipinya yang asli dari Bandungnya.

No comments