Hewan Langka Yang Hidup Di Indonesia

Indonesia selain terkenal akan kekayaannya dengan tumbuhan juga terkenal akan kekayaan beragam hewan yang sangat banyak jenisnya termasuk hewan yang tergolong langka san sulit sekali ditemui di alam bebas karena sedikitnya hewan ini dalam habitatnya berikut beberapa hewan yang tergolong langka yang terdapat di Indonesia.


1. Burung elang

Hewan Langka Yang Hidup Di Indonesia

Hewan langka yang terakhir adalah burung elang hewan yang habitat aslinya tersebar di berbagai wilayah seperti alas purwo,dan sebagian hutan jawa dll tergolong sudah berkurang drastic karena pemburuan yang membuat hewan ini semakin berkurang.

2. Anoa

Hewan Langka Yang Hidup Di Indonesia

Anoa adalah hewan yang hampir mirip dengan kambing namun ukurannya sedikit besar dan mempunyai warna hitam serta tamnduk yang sangat runcing dengan panjangnya kurang lebih 30 cm dan habitat aslinya di wilayah Sulawesi hewan ini hidup berkoloni namun dengan jumlah koloni yang sedikit dan makan fafritnya adalah dedaunan hijau yang segar.

3. Ikan Belida

Hewan Langka Yang Hidup Di Indonesia

Ikan ini berhabitat di perairan Kalimantan dan sekitar perairan jawa dengan berat rata-rata 1kilogram dan merupakan ikan air tawar dan makan faforitnya adalah ikan yang kecil karena memiliki mulut yang kecil dan bentuk ikan ini kecil dikepala dan melebar di badannya hamper seperti pisau.

4. Musang Congkok

Hewan Langka Yang Hidup Di Indonesia

Hewan ini tergolong langka karena populasi di habitat aslinya yaitu di pegunungan aceh dan sebagian Sumatra barat semakin berkurang tiap tahunnya hewan ini memilki perawakan loereng-loreng dengan panjang sekitar 60 sampai 70 cm dengan berat maksimala mencapai 6 kilogram hewan ini tergolong cepat dan lincah dan sangat mahir sekali memanjat pohon makan faforitnya adalah serangga kecil.

5. Badak bercula satu

Hewan Langka Yang Hidup Di Indonesia

Hewan ini adalah hewan yang tergolong langka berikutnya karena populasinya kurang dari 100 ekor di ujung kulon dan badak cula satu sangat gemar memakan daun –daunan hewan ini merupakan salah satu icon dari Negara Indonesia

6. Badak bercula dua

Hewan Langka Yang Hidup Di Indonesia

Hewan ini sama dengan badak bercula satu yang membedakan hanyalah culanya ada dua dan hewan ini juga tergolong langka dan perawakan lebih kecil dari badak bercula satu

7. Singapuar

Hewan Langka Yang Hidup Di Indonesia

Singapuar disebut juga tersius dengan perawaka sangat kecil dengan panjang maksiamal antara 12-samapai 15 cm maka tak heran hewan satu ini dikatakan salah satu primate terkecil di dunia dan hewan ini kebanyakan beraktifitas pada malam hari saja.

8. Harimau Sumatra

Hewan Langka Yang Hidup Di Indonesia

Hewan ini hanya tinggal kurang lebih 500 ekor saja di kawasan konservasinya karena kerusakan habitatnya dan pemburuan liar akan kulitnya membuat harimau ini berkurang dari tahun ke tahu sangat memprihatinkan bukan.

9. Babi Rusa

Hewan Langka Yang Hidup Di Indonesia

Babi rusa adalah babi hutan yang tergolong besar dan hidup di kepulauan Sulawesi dan Maluku dan makanan favoritnya adalah buah-buahan, jamur dan sayuran perawakan babi rusa ini mempunyai taring yang menjulang keluar untuk perlindungan diri oleh predatornya babi rusa sangat sulit ditemukan di habitat aslinya karena kepandaiannya bersembunyi di habitatnya.

Itulah beberapa hewan yang tergolong langka di Indonesia untuk itu hendaknya kita harus sadar diri dan merawat hewan yang tergolong punah ini agar kelak bisa dinikmati oleh anak cucu kita.

No comments