Kemampuan Dasar yang Harus Dimiliki Blogger

Profesi blogger sekarang ini semakin diminati oleh para netizen. Beragam keuntungan menarik yang bisa diperoleh seperti ketenaran dan penghasilan membuat banyak orang serius terjun di bidang weblog yang berupa aplikasi website ini. Kemunculan para blogger yang sekarang semakin eksis disebabkan dukungan kemajuan teknologi yang canggih dan akses internet serta share momen melalui media sosial dan juga aplikasi instant messaging.

Dari hal-hal tersebut membuat profesi blogger semakin diminati. Akan tetapi untuk menekuni profesi blogger terdapat beberapa hal yang perlu Anda mengerti, salah satu diantaranya kemampuan dasar. Seorang blogger memang harus memiliki sejumlah kemampuan dasar yang dapat membantunya meraih jalan kesuksesan. Berikut ini sedikit ulasan beberapa kemampuan dasar yang harus dimiliki blogger.

1. Ilmu jurnalistik dan penulisan
Kemampuan dasar pertama yang harus dimiliki seorang blogger adalah kemampuan jurnalistik dan menulis. Dalam mengisi konten atau meng-update blog Anda setiap harinya memang harus menulis artikel. Tanpa keberadaan konten artikel maka blog Anda dianggap tak aktif. Oleh sebab itu kemampuan menemukan ide untuk menulis dan merangkai kata per kata sangat diperlukan agar blog Anda selalu update.

Selain itu Anda juga harus mempelajari kode etik jurnalistik. Sebab tak semua topik atau tema dapat Anda tulis semau hati. Nah ada hal-hal yang tak patut dan dilarang untuk dituliskan serta dipublikasikan di media massa yang harus Anda cermati sebagai blogger. Hal-hal yang dilarang dan diperbolehkan dalam proses menulis blog yang termasuk media massa ini ada didalam kode etik jurnalistik.

Kemampuan Dasar yang Harus Dimiliki Blogger

2. Ilmu desain
Kemampuan dasar berikutnya yang harus dimiliki seorang blogger adalah ilmu dalam membuat desain. Ilmu desain bermanfaat untuk memperlengkap tulisan Anda dengan suatu ilustrasi atau gambar. Gambar juga dapat berpengaruh pada perkembangan blog yang Anda kelola. Semakin menarik gambar yang ada maka semakin banyak juga ke depannya visitor di blog Anda. Ilustrasi atau gambar yang menarik juga umumnya diperlukan sebagai tampilan header dari suatu blog.

3. Ilmu coding
Apa perlunya ilmu coding atau pemrogaman? Saat Anda membuat suatu blog maka Anda mempunyai kewajiban untuk mengatur dan menyesuaikan template yang nantinya Anda pakai pada blog yang Anda kelola. Proses mengatur dan menyesuaikan template blog ini yang mendapat sebutan coding. Ketika proses pengaturan dan penyesuaian template blog ini memang Anda akan berhadapan dengan beragam code agar dapat menjadikan tampilan blog tampak menarik saat dilihat.

4. Ilmu sosial dan komunikasi
Seseorang yang menggeluti dunia blog memang dituntut memiliki hubungan dengan banyak orang, khususnya blogger lain. Untuk menjalin hubungan dengan banyak orang maka diperlukan suatu kemampuan dasar hubungan sosial dan komunikasi yang bagus. Tak sebatas dengan bertatap muka pada forum komunitas blogger, namun secara online ketika Anda menjalin komunikasi melalui chatting grup ataupun komentar blog maka Anda juga harus dapat berkomunikasi dengan bagus. Dengan komunikasi yang bagus maka Anda akan memperoleh banyak teman yang bermanfaat dalam mengembangkan blog Anda.

5. Ilmu manajemen bisnis
Kemampuan dasar seorang blogger yang terakhir adalah ilmu manajemen dan bisnis. Lalu apa kaitannya bisnis dengan blogger? Jadi bila Anda seorang blogger yang memakai hosting dan domain berbayar bahkan mungkin template berbayar maka Anda wajib menghitung untuk pembayaran biaya per tahunnya. Akan lebih menyenangkan dan lebih bagus bila biaya itu bisa Anda bayarkan dengan penghasilan yang diperoleh dari blog Anda.

No comments