Mengetahui Beragam Jenis Kopi

Kopi banyak dipilih menjadi teman lembur atau saat hangout di cafe sambil ditemani makanan ringan tentunya. Kedai kopi pun sangat mudah ditemukan di berbagai kota untuk kepuasan para penikmat kopi. Membahas tentang kopi Indonesia sendiri termasuk salah satu negara penghasil kopi di dunia. Untuk menambah pengetahuan berikut beberapa ragam rasa kopi yang disukai banyak orang.

1. Espresso
Bisa dibilang bila espresso merupakan varian dasar dari beragam produk turunan kopi. Mengapa? Sebab espresso memiliki tampilan yang biasa saja layaknya kopi hitam. Namun jangan kira, produk kopi ini melalui pengolahan yang amat halus, yaitu dengan memakai mesin brewing khusus. Cara pengolahannya biji kopi ditaruh pada mesin lalu dialiri air dengan tekanan ekstra tinggi hingga ekstraknya akan terbawa air yang keluar melalui lubang kecil di bagian bawah mesin. Tak mengherankan bila kandungan kafein pada kopi ini lebih banyak dibandingkan jenis kopi lainnya hingga membuat espresso kerap disajikan dengan porsi kecil, yakni 30 ml. Kopi ini menjadi salah satu kopi yang banyak disukai penikmat kopi di berbagai belahan dunia.

Mengetahui Beragam Jenis Kopi

2. Americano
Americano merupakan sajian kopi yang dihasilkan melalui tambahan air panas pada espresso. Kuat atau lemahnya Americano bergantung pada banyaknya espresso dan air yang ditambahkan. Rasa yang dimiliki memiliki kemiripan dengan espresso. Namun akan terasa lebih pas citarasanya jika 30 ml air panas ditambahkan kopi espresso, bukannya Americano. Konon nama kopi ini merupakan salah satu ejekan terhadap orang-orang Amerika karena memesan espresso namun dibuat lebih encer.

3. Caffe Latte
Caffe latte kerap disebut dengan singkatan latte mempunyai arti kopi dan susu. Dari arti nama saja sudah dapat diketahui bila susu harus dicampurkan pada jenis kopi ini. Cara pembuatannya pun cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan 14 hingga 16 gram kopi dengan 60 ml air panas. Kopi yang digunakan dalam pembuatan yaitu espresso panas. Namun Anda juga dapat mencoba jenis kopi lainnya seperti mate atau matcha. Citarasa latte pun dapat berubah bergantung pada tingkat kepanasan air. Jadi dibutuhkan keahlian khusus agar dapat memperoleh takaran yang pas antara kopi, susu, serta suhu air panas.

4. Cappuccino
Cappucino berasal dari kata capuchin yang berarti tudung kecil. Hal ini maksudnya ada pada susu atau krim yang dicampurkan pada satu gelas espresso. Jadi jenis kopi ini adalah perpaduan antara espresso, susu panas, dan krim susu yang tingginya dapat mencapai 2 cm di atas permukaan. Perpaduan bahan-bahan ini dapat menciptakan rasa dan aroma yang khas di lidah hingga dapat disajikan panas maupun dingin. Karena keunikannya jenis kopi ini menjadi sangat terkenal di seluruh dunia. Di Italia sendiri cappuccino disajikan pada pagi hari sebelum pukul 11.00, namun di tempat lain dapat dinikmati sepanjang hari.

Mengetahui Beragam Jenis Kopi

5. Caffe Macchiato
Dikenal juga dengan espresso macchiato merupakan kopi dengan tambahan sedikit susu. Macchiato memiliki makna dinodai atau ditandai, jadi bila melihat hasilnya jenis kopi ini merupakan espresso yang dinodai atau ditandai dengan susu. Kopi yang dipakai lebih banyak sehingga aroma dan rasanya lebih tajam, sedangkan susu yang dipakai hanya sedikit dan tak diaduk.

6. Caffe Mocha
Menjadi favorit di kalangan wanita karena citarasa mocha yang kuat. Bisa dibilang caffe mocha merupakan perpaduan antara latte dan cappucchino yang ditambah dengan sirup coklat. Terkadang bubuk kokoa juga digunakan untuk menambah rasa dan aroma kopi. Citarasa coklat yang kuat ini yang menyebabkan banyak wanita menyukai caffe mocha.

No comments