Misteri Kisah Putri Duyung

Putri duyung merupakan makhluk yang hidup seorang perempuan yang tidak memiliki kaki malainkan sirip ekor seperti ikan dan hidupnya di laut atau diperairan, jadi tubuh putri duyung sebagian manusia dan sebagiannya lagi ekor ikan. Keberadaan putri duyung masih menjadi misteri hingga saat ini, apakah benar-benar ada atau hanya mitos belaka. Yang jelas kisah putri duyung sudah tersebar diseluruh penjuru dunia. Hingga ada film seri kartun yang ditulis oleh Hans Christian Andersen, dengan judul The Little Mermaid. 

Dalam misteri kisah kartun tersebut diceritakan ada seekor putri duyung kecil bernama Ariel, pada suatu hari Ariel berenangnya terlalu ke jauh hingga hampir ke permukaan, disana Ariel melihat seorang Pangeran tampan sedang berada di atas kapal. Ariel jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Pangeran, dan didorong atas rasa cinta membuat Ariel ingin menjadi manusia dan naik ke permukaan. Ariel pun pergi mendatangi penyihir untuk mengubah dirinya menjadi manusia dengan syarat Ariel akan kehilangan suaranya yang sangat merdu. Kurang lebih ceritanya seperti itu, jika penasaran anda bisa melihat sendiri film The Little Mermaid.


Misteri Kisah Putri Duyung

Misteri putri duyung masih menjadi legenda yang belum bisa terpecahkan secara ilmiah mengenai keberadaan putri duyung. Namun ada beberapa kisah yang menceritakan atau mengkisahkan sejarah dan asal usul kemunculan putri duyung, seperti :

1. Putri Duyung Yang Terkutuk
Sejarah menyatakan bahwa putri duyung sudah ada sejak tahun 1.000 tahun SM lau . Kisah putri duyung ditulis dalam bentuk naskah cerita yang berasal dari budaya Assyira. Masyarakat Assyira percaya bahwa putri duyung itu ada, dan putri duyung berawal mula dari seorang putri yang membunuh suaminya sendiri sehingga dia dikutuk menjadi sosok yang setengah manusia dan setengah ikan.

2. Putri Duyung Adalah Pengawal Dewi Laut

Masyarakat Yunani dan Romawi percaya bahwa putri duyung tersebut keberadaannya benar-benar nyata. Putri duyung sengaja diciptakan oleh Dewa dan Dewi laut seperti Peseidon, Neptunus dan Triton. Tugas putri duyung adalah mengawal mereka ketika sedang mengelilingi laut dan menjaga lautan. Putri duyung juga memiliki kekuatan yang cukup tinggi, duyungnya pun ada yang perempuan dan ada juga yang laki-laki. Masyarakat Yunani percaya ketika kapal-kapal karam di lautan adalah kapal-kapal yang bermuatan orang jahat maupun muatan ilegal yang sengaja ditenggelamkan oleh putri duyung.

3. Nelayan yang Terkutuk
Dahulu kala, ada seorang nelayan yang berasal dari Jepang dan mengikuti kepercayaan Shinto. Nelayan telah berjanji pada gurunya tidak akan memakan hewan. Namun nelayan mengingkari janjinya, dia membunuh banyak hewan lalu hewan tersebut dimakan olehnya. Nelayan pun mendapat kutukan menjadi monster ikan yang setengah tubuh manusia dan setengah lagi ekor ikan. Jika ingn melihat bukti putri duyung bisa datang ke kuil shinto yang memamerkan/memajang mumi putri duyung.

Itulah tadi beberapa kisah misteri mengenai keberadaan putri duyung, jadi beda daerah berbeda pula versi ceritanya. Dan membuat semakin bingung apakah benar adanya putri duyung atau tidak. Selama ini yang tahu yang benar ada hanya ikan duyung, memang jika diamati sedikit mirip dengan putri duyung. Bentuk tubuh yang panjang dan sedikit besar membuatnya mirip seperti manusia jika diliat dari kejauhan, apalagi ketika ikan duyung sedang bersandar di batu karang yang berada di pinggiran pantai. Mengenai percaya atau tidak mengenai keberadaan putri duyung itu kembali kepada anda, yang jelas dibeberapa negara menyatakan putri duyung benar adanya didukung dengan kisah yang beredar di masyarakat.

No comments