Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini

Pendidikan merupakan kebutuhan setiap manusia di muka bumi. Tanpa pendidikan, dunia ini akan di pimpin oleh orang – orang yang bodoh. Maka daari itu, setiap orang berhak dan wajib mendapat pendidikan. Baik pendidikan formal maupun non formal. Di indonesia sendiri sudah di wajibkan wajib sekolah dua belas tahun. Hal ini diharapkan mampu memberikan bekal bagi anak – anak indonesia dalam meneruskan kehidupannya secara mandiri. Terlebih lagi pada saat ini sudah tidak asing lagi bagi seseorang yang mengenyam pendidikan sampai jenjang tinggi, baik strata satu, strata dua atau bahkan strata tiga. Namun, ironisnya dari sekian jumlah pelajar yang ada atau bahkan mahasiswa masih banyak yang terlibat aksi kekerasan seperti tawuran atua geng motor yang meresahkan masyarakat. Jika dilihat dari segi keilmuan ilmiah, mereka pasti sudah tidak diragukan lagi. Namun apa yang salah ? iya karakter merekalah yang perlu dibenahi. Pendidikan karakter memang tidak bisa dipandang sebelah mata guna mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini

Pendidikan karakter
pada anak usia dini sangat diperlukan guna mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas. Banyak pihak yang harus ikut andil dalam pendidikan karakter ini, terutama orang tua. Jika disekolah mereka hanya diajarkan tentang pendidikan formal seperti tematik, sains, bahasa inggris dan lain sebagainya, lantas bagaimana pendidikan yang akan mengajari merka bergaul dan mengahadapi persoalan hidup? Tentunya ini menjadi sebuah ketimpangan yang perlu adanya pembenahan. Memang mereka bisa mengatasi puluhan soal hitungan atau bahkan ratusan, namun bisakah mereka menghargai orang lain dan saling bertegur sapa di lingkungannya ? 

Namun, ini sudah menjadi pandangan dari sekian banyak pengamat pendidikan. Bagaimanapun juga pendidikan karakter sangat diperlukan untuk melengkapi keilmuan formal yang dimilikinya. Pendidikan karakter ini akan membentuk bagaimana dia berperilaku sehari-hari dengan baik dan sesuai norma dan agama. Pendidikan karakter ini sangat baik diajarkan pada anak sejak usia dini. Karena pada usia dini inilah mereka sudah mulai belajar. Mereka cenderung meniru perbuatan orang yang disekelilingnya. Maka orang tua supaya terus membimbing putra putrinya untuk selalu mengarahkan dan membina anaknya dalam keseharian untuk membentuk karakter mereka. Pendidikan tentang karakter jauh lebih penting daripada pendidikan formal pada umumnya, bagaimana jadinya apabila memiliki ilmu formal yang baik tapi tidak berkarakter? Maka jangan salahkan tidak adanya saling tenggang rasa antar pelajar saat ini.

Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini

Banyak kasus yang terjadi i indonesia yang mana terkadang kasus tersebut membuat miris hati kita. Sekali lagi, pendidikan karakter benar–benar dibutuhkan untuk membentuk generasi penerus bangsa yang berkualitas. Memang tidak mudah mengajarkan pendidikan karakter pada anak. Bagi anda yang memiliki sedikit waktu untuk anak, usahakan tetap berkomunikasi dengan anak. Karena mereka bukan hanya butuh materi, mereka butuh kasih sayang, perhatian dan nasehat dari anda sebagai orang tua. Banyak sekolah usia dini atau taman pengjian yang telah mengajarkan pendidikan karakter pada mereka. Meskipun kelihatan sepele, pendidikan karakter inilah yang akan membentuk kepribadian seorang anak hingga dewasa nanti. Cara bersapa, berterima kasih dan minta tolong adalaha sedikit contoh pendidikan karakter yang bisa anda mulai di lingkungan rumah ada sendiri. Kenalkan hak dan kewajiban pada anak anda sebagai dasar membentuk pribadi yang bertanggung jawab. Bila anda mendidik dengan penuh kasih sayang, maka anak anda akan belajar kasih sayang dari anda sebagai orang tua.

No comments