Sungai Terpanjang Di Indonesia

Setelah beberapa waktu lalu kami membahas tentang sungai terpanjang didunia kali ini saya akan membahas sungai–sungai terpanjang yang ada di Negara kita Indonesia karena indonmesia termasuk Negara kepulauan maka tak heran Indonesia sendiri memiliki banyak sekali sungai–sungai yang tak terhitung jung jumlahnya untuk itu mari kita bahas satu persatu.

Sungai Terpanjang Di Indonesia

1. Sungai Kapuas
Sungai terpanjang yang pertama yang dimiliki oleh Indonesia adalah sungai Kapuas yang berletak di pulau Kalimantan yang memiliki panjang kurang lebih 1.143 km sungai ini merupakan jalan vital bagi penduduk sekitar untuk beraktifitas sejak lama untuk berpindah tempat untuk itu peranan sungai Kapuas bagi penduduk sekitar sangat vital sekali.

Sungai Terpanjang Di Indonesia

2. Sungai Mahakam
Sungai Mahakam meliki panjang kurang lebih 909 km sungai Mahakam juga berletak di Kalimantan tak heran bukan bila kalimnatan disebut dengan pulau seribu sungai sangking banyak nya sungai–sungai yang menghiasi kepulauan kalinatan ini.

Sungai Terpanjang Di Indonesia

3. Sungai Barito
Sungai barito juga berletak di kalimntan dengan panjang 909 km sungai ini melewati 2 provinsi di Kalimantan yaitu provinsi Kalimantan selatan dan provinsi kalimatan tengah sungai ini lebih sering dibuat untuk berjualan menggunakan perahu kecil oleh penduduk sekitar karena bisa berpindah pindah dengan mudahnya bila ingin berjualan tidak seperti di dataran yang hanya bisa berjualan di satu tempat.

Sungai Terpanjang Di Indonesia

4. Sungai Seruyan 
Sungai seruyan dengan panjang 350 km yang dimiliki oleh Kalimantan tengah sungai ini terkenal akan keindahannya karena di sekitar sungai terdapat banyak sekali pepohonan yang bisa membuat sejuk dan memanjakan mata anda bila sedang melewati sungai indah satu ini.

Sungai Terpanjang Di Indonesia

5. Sungai Bengawan Solo
Sungai yang satu ini berletak di pulau jawa ini merupakan pulau terpanjang di pulau jawa yang melewati dua provinsi yaitu jawa timur dan jawa tengah pusat mata air ini dari gunung lawu dan kemudian mengalir hingga ke laut jawa sangking terkenalnya sungai ini di jadikan lagu oleh seorang musisi yang mendunia hingga kini.

Itulah sedikit ulasan dari sungai-sungai terpanjang yang ada di Indonesia sebenarnya masih banyak lagi sungai – sungai panjang yang ada di Indonesia namun dengan keterbatasan waktu saya tidak bisa menuliskan sungai-sungai yang ada di Indonesia seluruhnya untuk itu rawatlah sungai di sekitar anda dengan baik jangan sampai mencemari sungai anda karena akan membuat ekosistem di sungai anda kan musnah dan sungai anda menjadiu tidak elok.

No comments