Cara Membuat Taman Terrarium Yang Mungil dan Cantik

Bagi sebagian orang yang tinggal disebuah rumah dengan lahan kecil seperti Rusun maupun Apartemen dengan kurangnya ketersediaan lahan terbuka hijau yang dapat anda buat untuk kebun maupun taman, kini anda dapat membuat sebuah taman mungil nan cantik yang akan membuat rumah atau ruangan yang anda miliki menjadi sebuah ekosistem bak taman bahkan sebuah hutan yang unik.

Cara Membuat Taman Terrarium Yang Mungil dan Cantik

Jika biasanya anda menanam beberapa tumbuhan dalam sebuah pot yang biasanya anda letakkan ai atas meja atau teras rumah, kini anda dapat menggantinya dengan Terrarium yang memiliki anggaran jauh lebih murah.

Cara Membuat Taman Terrarium Yang Mungil dan Cantik

Sebelum kita mengetahui cara membuat taman Terrarium yang mungil dan cantik, kita ulas terlebih dahulu apa itu Terrarium. Terrarium adalah sebuah kumpulan tanaman hias hidup yang ditanam dan tumbuh dalam sebuah wadah transparan. Selain anda akan memiliki sebuah taman bahkan hutan yang begitu cantik, anda juga dapat melihat bagaimana sebuah ekosistem tersebut tumbuh dan berkembang, mulai dari fotosintesis, respirasi sampai jalannya sebuah air. Karena semua tanaman Terrarium tersebut merupakan tanaman hidup, maka jangan lupa untuk menyiram tanaman-tanaman tersebut dengan baik dan teratur. Bagaimana, anda tertarik untuk membuatnya...??? Yuk, kita lihat bahan serta cara membuat Terrarium di bawah ini.

ALAT YANG PERLU ANDA PERSIAPKAN :
  • Wadah atau tempat dari kaca seperti gelas, toples maupun bohlam yang memiliki tutup.
  • Batu atau kerikil kecil (warna sesuai dengan keinginan anda).
  • Arang Kayu.
  • Tanah biasa atau tanah berhumus.
  • Tanah berlumut atau Moss.
  • Tanaman (jenis tanaman sesuai dengan keinginan anda).
  • Miniatur (miniatur sesuai dengan keinginan anda, bisa berbentuk hewan, manusia, alat transportasi dan lain sebagainya).

CARA MEMBUATNYA :
  • Untuk lapisan pertama anda letakkan batu atau kerikil kecil yang sudah anda sediakan tersebut. Untuk jumlah volume dari batu atau kerikil kecil tersebut disesuaikan dengan besar atau kecilnya wadah yang anda gunakan.
  • Selanjutnya yang kedua, anda letakkan arang kayu di atas batu atau kerikil kecil tersebut. Fungsi dari arang ini adalah untuk menghindari tumbuhnya lumut maupun bakteri serta menjaga air agar tetap segar.
  • Ketiga, masukkan tanah sesuai dengan kreasi anda, bisa berbentuk datar atau terdapat gundukan seperti bukit. Namun yang perlu anda ketahui adalah ketinggian dari tanah yang anda masukkan tersebut, kurang lebih memiliki tinggi sekitar 3 inci.
  • Keempat, masukkan atau letakkan tanaman yang anda inginkan, baik itu kaktus, begonia atau moss.
  • Kelima, letakkan miniatur sesuai selera anda di dalamnya dan aturlah agar tampilannya tampak cantik dan menarik.

Setelah bahan-bahan serta cara membuat sebuah taman Terrarium yang mungil dan menarik untuk menghiasi meja, teras rumah maupun balkon tempat tinggal anda tersebut, selanjutnya kita lihat juga cara pemeliharaannya dari taman Terrarium tersebut.

Cara Membuat Taman Terrarium Yang Mungil dan Cantik

CARA PEMELIHARAANYA :
  • Terrarium ini layaknya sebuah hutan lebat yang hanya membutuhkan sedikit cahaya matahari, agar tidak kering, maka letakkan terrarium yang anda miliki tersebut di tempat yang terkena sinar matahari langsung.
  • Sesekali buka tutp dari wadah terrarium tersebut, agar proses pengembunannya dapat berjalan dengan baik. Biarlah terbuka selama kurang lebih 1 jam lamanya, tapi jangan lupa untuk menutup kembali, agar tidak kering.
  • Untuk menyiram tanaman tersebut, anda dapat menggunakan sendok atau alat tetes air, karena terrarium ini hanya membutuhkan sedikit air dan anda dapat menyiramnya sebulan sekali.

No comments