Indahnya Ramadhan Di Jember

Untuk puasa yang sebentar lagi tiba, apa yang akan anda lakukan untuk mengisi waktu-waktu luang selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan tahun ini? Biasanya kegiatan-kegiatan yang menarik untuk di lakukan pada bulan puasa meliputi wisata religi, jalan-jalan sore, belanjan untuk keperluan lebaran, dan destinasi spot kuliner. Mungkin tidak ada salahnya anda menikmati bulan puasa dengan mengunjungi kota kecil di wilayah jawatimur, yaitu Kabupaten jember, di Jember anda dapat menemukan berbagai macam hal yang menarik untuk mengisi bulan puasa yang penuh berkah ini, Kabupaten jember sudah menyiapkan beberapa event yang menarik meski sifatnya bukan event resmi dari pemerintah daerah. Berikut akan kami bagikan beberapa informasi yang patut anda kunjungi di Kabupaten jember yang cocok untuk katakanlah Wisata Ramadhan.

Indahnya Ramadhan Di Jember

1. JALAN-JALAN SORE (Ngabuburit) DI ALUN-ALUN
Jika anda berkunjung ke Jember, beberapa tempat yang cocok untuk anda datangi sembari menunggu bedug maghrib adalah Alun-alun kota. Di sana abalah tempat yang sangat strategis dan menarik untuk hibura sore ketika musim puasa, karna selain desain alun-alun yang sangat bagus, tempat tersebut juda bersebelahan dengan masjid jami' Baitul Amien. Di masjid tersebut biasanya ketika bulan puasa tiba, panitia masjid mengadakan kegiatan bagi-bagi takjil, sipapaun yang melintas atau berada di kawasan tersebut boleh menikmati takjil secara cuma-cuma, syaratnya jika sudah pada waktunya berbuka. Kemudian jika anda masih ingin melanjutkan kegiatan, pada malam harinya di tempat yang sama anda bisa sekalian beribadah sholat tarawih dan mengikuti kegiatan tadarus serta pengajian umum di masjid Baitul amien.

2. PASAR RAMADHAN
Bagi yang hobi berbelanja, ini mungkin menjadi tujuan yang cocok untuk anda. Di beberapa tempat di Jember selalu mengadakan kegiatan di malam bulan Rhamadan selama sebulan penuh. satu contoh di Alun-alun Kecamatan tanggul. Tepat di alun-alun setiap malam ada pasar Rhamadan yang menyediakan berbagai macam barang untuk keperluan anda selama puasa dan menjelang lebaran, barang-barang yang di jual di pasar tersebut berharga sangat variatif, kebanyakan barang yang tersedia harganya terjangkau, di jamin sesuai dengan kantong anda. Barang yang tersedia meliputi Pakaian, Perlengkapan dapur, kue kering, dab macam-macam aksesoris dan pernak pernik. di sana juga tersedia Souvenir khas Jember. Selain di Tanggul , di beberapa tempat seperti di kecamatan Balung, Ambulu, Puger dan Kencong juga mempunyai acara serupa.

3. GREBEG SAHUR
Grebek sahur maksudnya adalah membagi-bagikan makanan pada waktu menjelang sahur untuk para kaum dhuafa dan warga sekitar yang membutuhkan. Biasanya kegiatan ini di lakukan oleh sejumlah Ormas dan kelompok remaja masjid yang berkordinasi dengan aparat keamanan dan perangkat wilayah setempat dan di bawah pengawasan anggota kepolisian.

4. WISATA RELIGI
Beberapa tempat di jember dapat anda jadikan sebagai destinasi wisasata religius, kegiatan wisata rohani kelihatannya sangat sesuai untuk menambah jadwal kegiatan anda di bulan Ramadhan, seperti di beberapa tempat berikut:
Makam KH. Muh. Shidiq (  Jl Gajahmada Condro Jember )
Masjid Muhammad Cheng Ho ( Jalan Hayam Wuruk atau bisa juga melalui Jalan Majapahit di belakang Carrefour )
Makam Habieb Sholeh ( Komplek Pemakaman Selatan PJKA, Tanggul, Jember )
Makam Gus Yus (Jl M Yamin, Desa Tegalbesar, Kecamatan Kaliwates, Jember Jawa Timur )

5. MALAM TAKBIR  DAN PESTA PETASAN
Di penghujung bulan Ramadan warga jember yang sebagian besar adalah warga lokal yang tentunya tetap ada di  jember dan tidak ikut melaksanakan mudik mempunyai kebiasaan merayakan malam takbir dengan berkonvoi sambil menggemakan takbir di ruas jalan-jalan protokol menggunakan kendaraan bermotor dan ada yang berkirap dengan membawa obor dan juga bertakbir mengelilingi rute jalan-jalan di kota jember seperti layaknya festifal obor, yang pasti ini akan menjadi tontonan menarik, di tambah lagi pesta kembang api di alun-alun kota yang menambah semarak malam menjelang hari kemenangan yaitu hari raya Idhul Fitri.

Mungkin kami kurang bisa menggambarkan kesemarakan serangkaian kegiatan bulan puasa di Jember, tapi tidak ada salahnya anda mengunjungu langsung, bagi anda yang tinggal di luar kabupaten jember, kami jamin apa yang akan di selenggarakan nanti akan jauh lebih menarik dari yang anda bayangkan.

No comments