Dompet Kosong Habis Liburan! Berikut Beberapa Kiat Untuk Mengelola Keuangan Setelah Liburan

Tak terasa libur panjang telah usai, kini saatnya kembali kepada realita kehidupan sehari-hari yang penuh tantangan dan kerja keras haha. Liburan kemaren tentu saja menjadi moment-moment yang sangat menyenangkan, terutama saat moment lebaran, moment yang paling ditunggu-tunggu dan saat yang tepat untuk berkumpul dengan sanak family dan menyambung kembali tali silaturahmi, liburan bersama keluarga, berbagi ampao dan belanja sesuka hati.

Eeitss namun tunggu dulu, kadang malah permasalahan itu datang kembali setelah moment-moment liburan itu lho.. Senengnya pas cuma liburan aja, setelah liburan pusing pun melanda, haha terutama bagi anda yang tidak tahu cara mengelola keuangan dengan bijak, hehe setelah semua aktivitas liburan anda usai dan memeriksa kembali isi dompet anda, Ehhh dompet udah kosong aja! Kalau sudah begitu anda pasti bingung bukan? Dan hal tersebut akan berdampak kepada permasalahan berikutnya yang mungkin muncul lagi, yaitu masalah hutang, kalau dompet sudah minta diisi ulang cara tercepatnya ya adalah dengan hutang, hehe namun untuk hutang saja kadang-kadang masih susah, apalagi dijaman sekarang ini.
 
Dompet Kosong Habis Liburan! Berikut Beberapa Kiat Untuk Mengelola Keuangan Setelah Liburan

Nah untuk menghindari timbulnya permasalahan seperti diatas, berikut ini adalah cara mengelola keuangan setelah selesai liburan dilansir dari Perencana Keuangan Kami Finansialku.com yang bisa anda coba.

1. Catat Segala Pengeluaran Anda
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat catatan pengeluaranmu setiap bulannya, kemudian catat semua pengeluaran saat liburan. Bandingkan dengan anggaran (budget) yang sudah kamu buat sebelum liburan. Jika memang berlebih, maka mau gak mau harus menggunakan anggaran dari pos lain (alias kamu harus menghemat pengeluaran lainnya). Jika memang ada sisa dari anggaran, belanjakan untuk kebutuhan-kebutuhan yang lebih produktif (menabung dan berinvestasi). Dengan cara ini kamu akan tetap memiliki kontrol atas keuanganmu.

2. Segera Lunasi Tagihan Kartu Kredit Anda
Apakah kamu menggunakan kartu kredit selama liburan? Jika iya segera lunasi tagihannya. Cek lagi tagihan kartu kredit dan segera lunasi daripada berabe, Misal kamu menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan bonus airmiles, atau diskon di tempat makan. Segera bayar tagihan kartu kredit kemarin. Karena kebanyakan orang-orang menunda pembayaran tagihan kartu kredit untuk bulan depan (alias nunggu nanti setelah ada tagihan baru). Kenyataannya bulan depan akan ada pengeluaran lainnya, yang harus kamu keluarkan. Maka akan lebih baik jika anda menyelesaikan tanpa menundanya agar tidak semakin menumpuk dan terkesan tagihan over limit.

3. Segera Tutup Utang Setelah Liburan
Apakah anda termasuk orang yang menggunakan hutang untuk liburan? Waah gak ada keren-kerennya dah kalo begitu, namun jika terpaksa liburan dan harus berhutang entah itu dari kolega maupun koperasi sebaiknya segera anda selesaikan, karena sangat tidak efesien dan malah bikin repot bukan? Setelah bersenang-senang liburan, hmm masih harus bayar cicilan hutang.

4. Pemanfaatan Dana Darurat
Ingat dana darurat untuk yang sudah berkeluarga adalah 9 sampai 12 kali pengeluaran bulanan. Jangan sampai kosong loh! Bisa berabe nanti. Mengggunakan dana darurat untuk keperluan liburan sebenarnya gak salah kok. Tapi, pastikan kamu menggantinya. Persiapan dana darurat ini hukumnya wajib.

5. Liburan Itu Harus Kreatif Dan Jeli
Apakah anda termasuk orang yang memiliki tingkat kreativitas tinggi? Tidak hanya bersenang-senang atau sekedar liburan, namun liburan yang juga menghasilkan pundi-pundi uang. Apalagi di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini, banyak transaksi yang dilakukan secara Online, nah jika anda orang yang jeli dalam memanfaatkan kesempatan tersebut maka pundi rupiah pun bisa anda dapatkan, seperti menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai secara online dengan memanfaatkan media sosial dan marketplace, jika anda suka membuat video saat anda liburan dan berbagi invormasi lewat Vlog pribadi anda, maka hal tersebut juga bisa menghasilkan juga lho.. Jadi gak hanya refreshing dan mendapatkan hal-hal baru yang menyenangkan, namun juga anda juga harus kreatif untuk mendapatkan ide bisnis yang baru juga.

No comments