Kiat Menjadi Blogger yang Produktif

Produktivitas menjadi suatu keharusan yang dimiliki oleh seorang blogger professional. Produktivitas disini mempunyai arti tingkat keaktifan dan ketekunan Anda dalam melakukan aktifitas blogging atau nge-blog, khususnya dalam pembuatan konten. Pada pengertian ini dapat diambil kesimpulan semakin banyak konten yang Anda buat, maka semakin tinggi pula produktivitas yang Anda punya, dan berlaku sebaliknya. Pada beberapa kasus cukup banyak blogger yang sulit untuk produktif. Jangankan untuk membuat satu postingan, menemukan ide pun mereka tak bersemangat. 

Oleh sebab itu, untuk menjadi seorang blogger professional yang produktif, maka Anda harus menghadapi diri Anda sendiri. Menghadapi dan mengalahkan diri sendiri memang suatu hal yang sulit untuk dilakukan secara konsisten. Oleh karena itu untuk bisa menjadi seseorang yang produktif dalam blogging, Anda harus menemukan beberapa kiat yang dapat membuat Anda menjadi tekun blogging secara otomatis. Berikut ini beberapa kiat untuk menjadi seorang blogger produktif yang mungkin bisa Anda lakukan.


1. Menemukan ide untuk tulisan tak lebih dari 10 menit
Kiat yang pertama adalah mencoba untuk menemukan ide tulisan secepat yang Anda bisa. Usahakan tak melebihi 10 menit, agar semangat Anda dalam menulis tak cepat hilang. Sebenarnya ide menulis memungkinkan untuk muncul dengan cepat. Cara yang dapat Anda manfaatkan dengan mengandalkan catatan yang memuat beragam ide tulisan yang Anda dapatkan sebelum Anda mempunyai niat menulis konten pada blog. Ide menulis bisa Anda dapatkan melalui banyak hal seperti membaca, mengamati perkembangan berita dan trending topic, jalan-jalan keluar, atau blogwalking.

2. Menulis selama 60 – 90 menit
Setelah menemukan ide, segera tulis ide Anda agar tak menguap hilang. Walau ada pada catatan kecil, tetap harus Anda tuliskan. Bila tak segera ditulis ada banyak contoh ide yang tak segera ditulis menjadi ide yang kadaluwarsa hingga menjadikan Anda enggan ketika menulisnya. Oleh sebab itu segera tuliskan ide-ide Anda.
Tahap menulis ini menjadi tahap yang cukup banyak menghabiskan waktu yaitu selama 60 hingga 90 menit tergantung pengalaman dalam menulis, tingkat kelancaran dalam mengetik, jumlah kata dari konten yang ingin Anda tuliskan. Untuk bisa menulis secara cepat dan efektif Anda harus memisahkan antara menulis dan mengedit, menyingkirkan gangguan yang mungkin ada ketika menulis, serta mencari waktu dan tempat yang nyaman untuk Anda menulis.


3. Mengedit tulisan selama kurang lebih 30 – 60 menit
Bila memisahkan antara menulis dan mengedit tak hanya mempercepat proses menulis, namun terdapat unsur penuangan ide secara utuh. Bila melakukan proses menulis dan mengedit bersama-sama maka yang kerap terjadi adalah beberapa tema dari ide yang terpikirkan menjadi hilang karena tak segera dituliskan.

Anda harus dapat melakukan proses mengedit tulisan lebih cepat dibandingkan dengan menulis. Sebab Anda hanya perlu mengecek tulisan yang mungkin salah ketik, membuat kalimat menjadi efektif, dan menyesuaikan kata-kata dengan EYD sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Agar lebih efektif, proses mengedit tulisan ini sendiri dapat Anda lakukan selama kurang lebih 30 – 60 menit. Bila Anda bisa lebih cepat maka lebih baik lagi.

4. Mempublikasikan selama 15 – 20 menit
Kiat yang terakhir untuk menjadi seorang blogger yang produktif adalah mempublikasikan tulisan Anda. Untuk kiat yang satu ini, Anda pun harus dapat melakukannya lebih cepat dari proses menulis serta mengedit. Usahakan agar proses publikasi ini selesai dalam waktu kurang dari 20 menit. Proses ini harus lebih cepat sebab Anda hanya perlu melengkapi tulisan yang sudah diedit dengan beberapa hal seperti link, gambar, ataupun video.

No comments