Tujuan Wisata Indonesia yang Tak Banyak Diketahui

Ada beragam tujuan wisata di Indonesia, namun banyak pula yang tak banyak diketahui. Ini bukan berarti tujuan wisata itu tak layak dikunjungi. Bisa dikatakan tempat itu adalah hidden paradise di Indonesia. Berikut beberapa tujuan wisata Indonesia yang mungkin bisa menjadi referensi bagi Anda untuk berwisata.

1. Teluk Kiluan

Tujuan Wisata Indonesia yang Tak Banyak Diketahui

Teluk Kiluan bukan tujuan wisata baru bagi para pencinta traveling. Lokasinya yang ada di Lampung Selatan masih terpencil dan sepi, keindahan alamnya belum tersentuh industri, suasananya begitu tenang dan asri. Oleh karena itu teluk Kiluan menjadi spot favorit pemancing. Bahkan tiap tahunnya diadakan lomba memancing di tempat ini. Pantainya yang indah tak dapat dipisahkan dari laut yang jernih, pasir putih, ombak yang kencang, dan adanya lumba-lumba dengan dua jenis berbeda yaitu lumba-lumba paruh panjang dan lumba-lumba hidung botol. Bila beruntung Anda juga dapat menyaksikan penyu hijau.

2. Danau Kaco

Tujuan Wisata Indonesia yang Tak Banyak Diketahui

Kaco mempunyai arti kaca. Sebab air di danau Kaco mempunyai warna biru bening yang dapat memantulkan cahaya layaknya kaca, sehingga warga sekitar menyebut danau ini dengan sebutan danau Kaca. Pemandangan yang ada kontras dengan pemandangan di sekitarnya yang didominasi coklat dan hijau. Danau ini juga dipadati ribuan ikan semah Kerinci. Mengenai kedalaman sendiri belum diketahui, namun menurut warga sangat dalam walau danaunya tak terlalu luas hanya sekitar 30 x 30 meter. Danau Kaco pun nampak bercahaya ketika gelap, khususnya ketika bulan purnama. Belum diketahui kenapa danau yang ada di Jambi ini bercahaya saat gelap.

3. Desa Candirejo

Tujuan Wisata Indonesia yang Tak Banyak Diketahui

Konon nama Candirejo berasal dari kata Candighra. Candi mempunyai arti batu, sedangkan rejo mempunyai arti subur. Desa Candirejo berarti desa yang mempunyai banyak batuan namun tetap subur. Candirejo berlokasi dekat Borobudur dengan jarak sekitar 3 km. Desa ini mempunyai pemandangan alam yang indah, eksotis, dan belum banyak terdampak pembangunan seperti kota. Warganya ramah dan masih mempertahankan tradisi. Desa ini merupakan simbol untuk mempelajari sejarah Jawa. Anda juga dapat menikmati beragam kuliner tradisional, seperti pecel dan gudeg. Anda juga dapat membeli beragam souvenir kerajinan di desa ini.

4. Pantai Rambak

Tujuan Wisata Indonesia yang Tak Banyak Diketahui

Pantai ini berlokasi tak jauh dari kota Sungailiat yang berjarak 34 km dari kota Pangkalpinang. Di tempat tujuan wisata ini Anda dapat menyaksikan keindahan pasir putih yang menghampar luas. Dipadu dengan bebatuan raksasa yang menjulang tinggi dan cocok menjadi spot untuk berfoto pada pagi hari. Sunrise di pantai ini tampak sangat mempesona bila dilihat dari tepian. Merupakan suatu perpaduan keindahan yang sangat lengkap dari pantai, lautnya yang berwarna biru kehijauan, langit biru, dan bebatuan. Pada tepian pantai dapat ditemukan rerumputan berwarna hijau dan ditumbuhi pohon ketapang yang rindang, serta banyak shelter untuk berteduh dan menikmati deburan ombak.

5. Mentawai

Tujuan Wisata Indonesia yang Tak Banyak Diketahui

Mentawai yang ada pada jarak 150 km lepas pantai Sumatra memang dapat membuat Anda berdecak kagum. Kepulauan yang masuk dalam deretan pulau non vulkanik ini mempunyai 157 titik ombak dan juga 400 titik surfing. Pantai cantik yang ada di kepulauan ini diantaranya Mapadeggat, Tuapejat, Katiet, Makakang, dan Bosua. Untuk pulau-pulau yang memukau diantaranya Pagai Utara, Pagai Selatan, Sipore, dan Siberut. Selancar merupakan ikon tempat wisata ini. Mentawai telah dikenal sebagai lokasi favorit para peselancar. Bahkan kompetisi selancar tingkat Internasional kerap diadakan di tempat wisata ini karena ketinggian gulungan ombaknya yang mencapai 3 meter.

No comments